Bagaimana seorang Mark Zuckerberg, Bos Facebook mengurus uangnya secara hemat? Apa yang dia lakukan? Simak artikel berikut ini agar Anda dapat mengetahui cara hemat mengurus uang Anda!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Inilah yang Dilakukan Bos Facebook

Siapa yang tidak kenal dengan sosok seorang Mark Zuckerberg, pendiri Facebook yang menjadi salah satu miliarder dunia yang mana kekayaannya didapatkan dari situs jaringan sosial tersebut. Mark Zuckerberg adalah pendiri situs media sosial Facebook dengan total kekayaan di tahun 2017 yang diperkirakan sebesar US$53,6 miliar setara dengan Rp700 triliun dan menjadikannya sebagai orang terkaya kelima di dunia. Tidak heran jika sebagian orang menganggap bahwa ia menjalani kehidupan yang bergelimang harta.

Mark Zuckerberg Menjadi Orang Terkaya ke 6 Sejagad - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Mark Zuckerberg Pendiri Facebook]

 

Tetapi pada kenyataannya kekayaannya tidak tercermin dari penampilannya, Mark dengan istrinya Priscilla Chan adalah salah satu miliarder yang mempunyai kehidupan yang sangat sederhana. Anda tidak akan melihat kesan kemewahan dari keseharian Mark. Sifat ini seharusnya ditiru oleh Anda dalam mengurus keuangan. Berikut adalah cara hemat pendiri Facebook satu ini yang harus ditiru.

 

Cara 1: Memakai baju sederhana dan nyaman

Dari beberapa kesempatan Mark mengisi acara, sering terlihat bahwa Mark mengenakan setelan yang sama. Penobatan ia sebagai orang terkaya di dunia bahkan pada usia dia yang masih tergolong muda, 30-an tahun, tidak dijadikan alasan untuk dia membeli pakaian atau setelan busana termahal sekalipun.

Cara ini harus Anda tiru pada keseharian Anda. Dengan memakai busana yang sederhana, Anda dapat menghemat pengeluaran Anda dari berbagai cara. Pertama, Anda tidak perlu mengeluarkan uang yang lebih banyak untuk membeli baju yang terlalu mahal. Kedua, biaya perawatan baju yang sederhana pun akan lebih murah dibandingkan baju mewah.

5 Manfaat jika Anda & Pasangan Kompak Mengurus Keuangan Keluarga - Finansialku

[Baca Juga: 5 Manfaat jika Anda & Pasangan Kompak Mengurus Keuangan Keluarga]

 

Karena baju merupakan kebutuhan pokok dan Anda pakai sehari-hari, bayangkan jika Anda melakukan penghematan pada pakaian Anda, maka Anda dapat menyisihkan cukup banyak dana dan memaksimalkan alokasi tabungan mulai dari hal yang terkecil sekalipun.

 

Cara 2: Memiliki tempat tinggal yang sederhana

Lain halnya dengan para miliarder yang tinggal di rumah mewah dengan lahan yang luas, Mark hanya tinggal di sebuah rumah sewaan yang sederhana. Menurut Mark, yang terpenting adalah keamanan lingkungan dan kenyamanan. Mark bersama istrinya Priscilla Chan dan anaknya lebih memilih rumah sederhana dan tinggal dengan tenang.

Dengan tinggal di rumah yang sederhana, Mark tidak memamerkan harta kekayaannya yang berlimpah dan tetap rendah hati. Selain itu, Mark pun dapat melakukan penghematan pada biaya pemilikan rumah dan pada biaya perawatan rumah. Bagi sebagian orang yang mempunyai sikap skeptis akan pencurian atau kriminalitas lainnya, tinggal di rumah sederhana dapat membantu mengurangi risiko tersebut.

Infografis 5 Langkah Perencanaan Keuangan di Tahun 2017 01 - Finansialku

[Baca Juga: Infografis 5 Langkah Perencanaan Keuangan di Tahun 2017]

 

Cara 3: Memiliki kendaraan sederhana

Tidak hanya soal pakaian dan tempat tinggal, bahkan kendaraan yang dipilih oleh Mark pun diprioritaskan kenyamanannya bukan harganya. Tentunya Mark mampu membeli helikopter atau pesawat jet pribadi sekalipun, tetapi ia memilih untuk tetap sederhana menggunakan kendaraan kecil.

Mungkin miliarder lainnya memilih kendaraan setara dengan kelas BMW, Ferrari atau Lamborghini, tetapi lain halnya dengan Mark yang memilih untuk mengendarai mobil manual Volkswagen setiap hari ke tempat kerjanya.

Tentunya memiliki kendaraan mewah memerlukan budget yang tinggi. Biaya maintenance onderdil mobil, biaya bahan bakar biaya perawatan, serta pembayaran pajak pemilikan mobil mewah yang cukup tinggi. Dengan mengendarai kendaraan sederhana, Mark dapat menghemat biaya perawatan dan tidak terlihat mencolok. Ini berarti, walaupun ia sudah kaya, ia akan menjadi semakin kaya.

Wow!, Ternyata Beyonce Punya Cara Unik Mengelola Keuangan 2 - Finansialku

[Baca Juga: Wow!, Ternyata Beyonce Punya Cara Unik Mengelola Keuangan]

 

Anda pun dapat meniru kesederhanaan ini dengan memilih kendaraan dengan prioritas fungsional dibandingkan penampilan atau harganya. Dengan membeli kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan, Anda akan lebih memaksimalkan pemakaian uang Anda dan kendaraan Anda akan lebih berguna.

 

Cara 4: Tidak berfoya-foya

Mark mempunyai prinsip bahwa untuk hidup hemat bukan berarti harus hidup serba kurang, tetapi bagaimana ia mewujudkan apa yang diinginkannya. Salah satu contohnya adalah menggelar pernikahan hanya di halaman belakang rumahnya. Tentunya ia sanggup menggelar prosesi pernikahan yang jauh lebih mewah di mana pun atau bagaimana pun yang dia inginkan, tetapi dia ingin mewujudkan mimpinya menggelar pernikahan di halaman rumahnya.

Setelah menikah, Mark dengan istrinya pun berbulan madu ke tempat yang sering dijadikan destinasi bulan madu untuk orang-orang sekitarnya. Salah satu hal yang dilakukan pada saat mereka berbulan madu adalah makan bersama di McDonald Italia. Ini menunjukkan bahkan untuk proses pernikahannya, Mark dan istri sangat mementingkan prinsip hidup sederhana.

5-perubahan-kecil-untuk-masa-depan-keuangan-yang-lebih-baik-finansialku

[Baca Juga: 5 Perubahan Kecil untuk Masa Depan Keuangan yang Lebih Baik]

 

Sifat tidak berfoya-foya ini harus Anda terapkan pada beragam aspek kehidupan Anda sehari-hari. Misalnya Anda lebih memilih tempat makan yang menawarkan makanan yang bersih dibandingkan restoran mahal hanya karena gengsi. Hal lain contohnya misalnya Anda selalu berusaha untuk menghemat pengeluaran Anda dengan berbelanja seperlunya.

 

Cara 5: Sering berbagi

Sisi filantropis seorang Mark harus ditiru, walaupun ia bergelimang harta dan hidup sederhana, ia tidak ragu untuk memberi pada yang membutuhkan. Mark dan istrinya juga membangun suatu organisasi kemanusiaan yang memfokuskan pendidikan dan kesehatan dunia. Walaupun Anda tidak bergelimang harta layaknya Mark, Anda tetap dapat menyumbangkan sedikit kekayaan Anda agar Anda dapat lebih berbahagia dari sisi mental.

Kisah Sukses Jack Ma Pendiri Alibaba 2 - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Kekayaan Jack Ma, pendiri Alibaba Mencapai US$ 26,5 Miliyar]

 

Kaya bukan berarti boros

Kehidupan Mark Zuckerberg mengajarkan bahwa kaya raya tidak berarti Anda menghamburkan uang. Semakin Anda kaya, semakin penting Anda untuk menjaga kesederhanaan dan tidak boros. Selain itu, Mark juga menunjukkan bahwa hidup sederhana bukan berarti Anda miskin atau tidak memiliki uang. Kesederhanaan berarti Anda memilih untuk tidak menghabiskan uang yang Anda dapatkan susah payah dengan percuma. Jika Anda mampu mengikuti gaya hidup Mark, Anda akan lebih puas dan memiliki lebih banyak tabungan dan simpanan.

 

Menurut Anda, kesulitan apa yang biasanya ditemui saat mempraktekkan hidup secara sederhana? Anda dapat memberikan jawaban dan pandangan Anda akan pentingnya hidup sederhana. Silakan isi kolom komentar di bawah ini. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda dan keluarga.

 

Sumber Referensi:

  • Aprillia Ika. 8 Oktober 2016. Yuk Ikuti Cara Hemat Mark Zuckerberg Ini. https://goo.gl/Ri5U5U

 

Sumber Gambar:

  • Mark Zuckerberg – https://goo.gl/aGbicH

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang