Sosok Jack Ma memang sangat fenomenal, hingga majalah TIME menjulukinya sebagai Crazy Jack. Apa yang membuatnya menjadi orang yang sukses? Melakukan hal-hal yang sama dengan cara yang berbeda akan menghasilkan yang luar biasa.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Success Story

 

Jack Ma, Bos Alibaba yang Sukses karena Melakukan Hal yang Sama dengan Cara yang Berbeda

Dikisahkan ada seekor lalat yang hendak hinggap untuk mencari makanan disebuah rumah. Setelah kenyang si lalat hendak ingin keluar dan terbang menuju pintu kaca rumah, namun ternyata pintu itu sudah tertutup rapat. Si lalat berusaha untuk keluar dari pintu kaca dengan terbang disekitar kaca karena si lalat melihat kawan mengajak si lalat untuk keluar rumah. Dengan tak kenal menyerah, si lalat mencoba keluar dari rumah, mengelilingi kaca, bolak-balik demikian terus menerus dan terus berulang-ulang.

Hari makin petang, nampaknya si lalat kelelahan dan kelaparan karena terus mencari jalan keluar rumah. Esok paginya, lalat mulai lemas dan terkapar di lantai. Ada segerombolan semut yang beriringan keluar dari sarangnya untuk mencari makanan. Kawanan semut itu pun beramai-ramai mengangkut si lalat yang sudah mati untuk disajikan sebagai makanan kawanan semut.

Untitled-1

[Baca Juga: Banyak Orang Tidak Menyadari Cara Kerja Mereka Sudah Ketinggalan Zaman]

 

Dari kisah diatas, si lalat mati dengan sia-sia, padahal si lalat telah berusaha dan sungguh-sungguh telah berjuang keras untuk menemukan jalan keluar. Namun pada akhirnya, si lalat frustasi dan kelelahan hingga jatuh sekarat. Lalat itu adalah seorang yang tak kenal menyerah dan telah mencoba berulang kali, hanya saja dia melakukannya dengan cara-cara yang sama.

Ingatlah, jika kamu melakukan sesuatu dengan cara yang sama namun mengharapkan hasil yang berbeda, maka nasib kamu akan seperti lalat ini. Para pemenang melakukan hal-hal yang sama, mereka hanya melakukannya dengan cara yang berbeda.

 

Jack Ma, pendiri perusahaan Alibaba

Alibaba adalah perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok saat ini. Tahun lalu, pendirinya, Jack Ma, dinyatakan sebagai orang terkaya di Tiongkok. Dia merupakan warga China Dataran pertama yang pernah muncul di majalah Forbes dan terdaftar sebagai biliuner dunia.

Jack Ma lahir pada tahun 1964 dan berasal dari Hangzhou. Kota Hangzhou adalah sebuah kota dekat Shanghai yang dikenal karena pemandangannya yang indah dan tanah pertaniannya yang subur.

Jack Ma memulai segalanya dari nol. Jack Ma bukan orang yang paling pintar di sekolahnya. Dia tidak pernah unggul dalam pelajaran matematika. Dia bahkan pernah gagal dua kali masuk ke perguruan tinggi di China. Namun setelah persiapan yang ketat, ia mencoba tes yang ketiga kalinya dan akhirnya lulus dari Hangzhou Teachers Institute tahun 1988.

kisah-sukses-nathanael-faibis-pendiri-alokdokter-com-2-finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Nathanael Faibis Pendiri Alokdokter.com]

 

Jack Ma kesulitan mendapatkan pekerjaan pertamanya. Saat KFC pertama kali membuka cabang di Tiongkok, ia melamar sebagai pelayan di KFC Hangzhou. Dari 24 orang yang melamar untuk pekerjaan itu, hanya Jack Ma-lah satu-satunya kandidat yang ditolak. Dari creativeaction.id , disebutkan bahwa Jack Ma berhasil mencapai posisinya saat ini karena ia begitu ulet dan pantang menyerah.

Dilansir dari Liputan6.com, saham Alibaba melonjak 38% dari harga US$68 menjadi US$92,7 di New York Stock Exchange (NYSE). Perusahaan Alibaba kini bernilai lebih dari US$231 miliar. Ini menjadikan Alibaba sebagai perusahaan teknologi paling berharga keempat di dunia, setelah Apple, Google, dan Microsoft. Menurut Indeks Bloomberg Billionaires, Jack Ma memiliki kekayaan bersih sebesar US$26,5 miliar pada usia 50 tahun.

 

Prinsip hidup Jack Ma

1. Pantang menyerah

Hari ini kejam. Besok lebih kejam lagi. Tapi esok lusa, hari akan indah. Kebanyakan orang mati saat ‘besok petang’, dan tak mendapat kesempatan melihat matahari terbit. Jika kamu tidak menyerah, kamu masih punya kesempatan. Dan, jika kamu kecil, kamu harus sangat fokus dan mengandalkan otakmu, bukan kekuatanmu.

2. Kerja tim

Jika kita adalah satu tim yang baik dan tahu apa yang ingin kita lakukan, satu orang saja dari kita bisa mengalahkan sepuluh kompetitor kita.

7-manfaat-emas-dan-logam-mulia-selain-untuk-berinvestasi-3-finansialku

[Baca Juga: Kerja Keras dan Kerja Cerdas]

 

3. Mempunyai misi yang lebih besar

Tidak masalah jika saya gagal. Setidaknya saya mewariskan konsepnya kepada orang lain. Bahkan jika saya tidak sukses, seseorang akan menjadi sukses.

4. Ketekunan

Kita akan berhasil karena kita masih muda dan kita tidak akan pernah menyerah.

5. Bekerja keras

Jika kita pergi bekerja pukul 8.00 dan pulang pukul 17.00, kita bukan perusahaan teknologi, dan Alibaba tidak akan pernah sukses. Jika kita hanya memiliki semangat 8-5 itu, kita sebaiknya melakukan hal yang lain.

6. Kompetisi

Kamu wajib belajar dari kompetitormu, tapi jangan pernah menjiplak. Jika kamu menjiplak, kamu akan ‘mati’.

7. Memulai bisnis

Jika kamu ingin tumbuh, temukanlah kesempatan yang baik. Saat ini, jika kamu ingin menjadi perusahaan yang baik, pikirkanlah permasalahan sosial yang bisa kamu beri solusi.

Wow!, Ternyata Beyonce Punya Cara Unik Mengelola Keuangan 1 - Finansialku

[Baca juga: Wow!, Ternyata Beyonce Punya Cara Unik Mengelola Keuangan]

 

8. Pertumbuhan

Dalam membangun bisnis e-commerce, hal yang paling penting adalah untuk terus melakukan apa yang kamu lakukan sekarang dengan passion (bersemangat), untuk menumbuhkannya.

9. Memotivasi orang lain

Jika kamu ingin menang di abad ke-21 ini, kamu harus memberi wewenang kepada orang lain, memastikan orang lain lebih baik dari kamu. Maka kamu akan sukses.

10. Mengubah dunia

Jika kita ingin mengubah dunia, ubahlah diri kita dulu. Mengubah dunia mungkin tugasnya Barack Obama.

11. Berubah

Berubahlah selagi kamu dalam kondisi terbaikmu, sebelum muncul hal-hal buruk. Akan terlalu lambat untuk membetulkan atap saat musim hujan terlanjur datang. Pinjamlah payung selagi matahari masih bersinar.

12. Menjaga semangat

Saat orang-orang menolakmu, belajarlah untuk menghangatkan tangan kananmu dengan tangan kirimu.

Saatnya Kembali Bekerja 10 Cara Tingkatkan Semangat Kerja - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Saatnya Kembali Bekerja: 10 Cara Tingkatkan Semangat Kerja]

 

13. Motivasi

Kenapa saya bisa jadi CEO yang lebih baik dari kebanyakan CEO di luar sana? Karena saya tidak bekerja untuk uang. Mendapatkan laba tak pernah menjadi tujuan utama saya.

14. Gaya hidup

Saya benar-benar berharap tak melihat para pegawai saya bertingkah seperti orang kaya baru. Dengan mentalitas seperti itu, kekayaan mereka tidak akan awet.

15. Keluar dari zona nyaman

Sekali dalam hidupmu, cobalah bekerja keras dalam sesuatu hal. Cobalah berubah. Tak ada hal buruk yang bisa terjadi

16. Fokus

Jika ada sembilan kelinci di tanah, dan kamu ingin menangkap satu, fokus pada satu saja.

 

yuk-tiru-kunci-sukses-di-usia-muda-yang-dapat-diteladani-dari-jepang-3-finansialku

[Baca Juga: Yuk Tiru Kunci Sukses di Usia Muda yang Dapat Diteladani dari Jepang]

 

Melakukan Hal yang Sama dengan Cara yang Beda

Sosok Jack Ma memang sangat fenomenal, hingga majalah TIME menjulukinya sebagai Crazy Jack. Apa yang membuatnya menjadi orang yang sukses? Jack Ma melakukan hal-hal yang sama, namun dia melakukan dengan cara yang berbeda. Perusahaan Alibaba ini menjual produk-produk untuk di ekspor dan di impor, ke dalam dan ke luar negeri. Banyak perusahaan sejenis yang melakukan hal yang sama. Namun, mereka dapat memandang dengan cara yang berbeda yaitu penggunaan teknologi digital, di bidang BtB (business to business) online, portal web, toko online (Taobao), pembayaran online (Alipay), layanan internet dan IT lainnya. Itulah yang membuat Alibaba menjadi perusahaan raksasa di bawah pimpinan Jack Ma.

 

Silakan share pendapat dan opini Anda tentang cerita sukses dari Jack Ma, pendiri Alibaba, yang disebut sebagai Crazy Jack!

 

Sumber:

  • Creative Action Indonesia. Inhouse and Public Seminar. Creativeaction.id – https://goo.gl/pmZk1D
  • Creative Action Indonesia. 20 Des 2016. Semut dan Lalat. Creativeaction.id – https://goo.gl/SuGgiI
  • Dewi Widya Ningrum. 25 Jun 2015. Kisah Pendiri Alibaba, Dari Guru Miskin Kini Miliarder. https://goo.gl/gDOvz9

 

Sumber Gambar:

  •  Semut dan Lalat – https://goo.gl/6IkQRs
  • Jack Ma – https://goo.gl/2Hq9hw

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang