Infografis 5 Langkah Perencanaan Keuangan di Tahun 2017

Apa saja yang harus dilakukan dalam perencanaan keuangan di tahun 2017? Cek dan download infografis di bawah ini tentang 5 perencanaan keuangan di tahun 2017.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

5 Langkah Perencanaan Keuangan di Tahun 2017

Banyak hal yang harus dilakukan dalam mengurus keuangan Anda, mulai dari merencanakan keuangan sampai dengan mengurus waris. Baca dan download infografis berikut ini, sebagai panduan Anda dalam mengurus keuangan di tahun 2017.

Infografis 5 Langkah Perencanaan Keuangan di Tahun 2017 02 - Finansialku

 

Mari kita bahas satu persatu mengenai infografis di atas:

 

#1 Mulailah dengan merencanakan keuangan (financial planning)

Cek kondisi kesehatan keuangan Anda hari ini (tes di sini atau download Aplikasi Finansialku via Google Play). Setelah itu buat rencana keuangan (financial planning), agar keuangan keluarga Anda lebih tertata di tahun 2017. Silakan gunakan Aplikasi Finansialku untuk membantu merencanakan keuangan Anda.

Aplikasi Finansialku Iklan 1 - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Di tahun 2017 ini, mulailah dengan mengubah gaya pengelolaan keuangan. Jika dulu Anda masih menyisihkan (atau bahkan belum menyisihkan) penghasilan untuk ditabung, maka di tahun 2017 Anda harus memprioritaskan tabungan dan investasi. Cek cara mengelola keuangan berikut ini:

Cara Mengelola Keuangan Keluarga Versi 2.0 - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Cara Mengelola Keuangan Keluarga yang Baik]

 

Kurangi juga utang-utang konsumtif dan/atau cicilan yang seharusnya dapat Anda tunda. Jangan pernah memaksakan lifestyle, hanya karena masalah gengsi. Setiap manusia memang memiliki kebutuhan untuk diakui oleh sesama, tetapi memaksakan lifestyle adalah cara tercepat untuk menuju kehancuran keuangan. Kami yakin, Anda tentu tidak mau masuk ke dalam jurang kehancuran keuangan, bukan?

 

#2 Mulai Manajemen Risiko

Memasuki tahun 2017, ini pastikan Anda untuk:

  1. Mulai me-review asuransi jiwa. Pastikan uang pertanggungan (UP) Anda sudah memenuhi kebutuhan Anda.
  2. Cek juga kebutuhan asuransi kesehatan Anda. Jika Anda sudah memiliki asuransi kesehatan dari kantor, pertimbangkan juga BPJS Kesehatan dan asuransi kesehatan pribadi.
  3. Jangan lupa perpanjang asuransi rumah dan asuransi kendaraan.

 

#3 Perencanaan Investasi

Beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai investasi, adalah: berinvestasilah dengan rencana investasi dan/atau rencana keuangan. Setiap produk investasi pasti memiliki potensi risiko, namun jangan sampai Anda jadi seorang investor yang berisiko (atau bahkan menjadi penjudi).

Mahasiswa, Jangan Alasan Umur. Lagi Yuk Kita Mulai Belajar Investasi Sekarang 2 - Finansialku

[Baca Juga: Yang Harus Anda Lakukan adalah Berinvestasi Bukan Berjudi]

 

#4 Jangan Lupa Bayar dan Lapor Pajak Tepat Waktu

Satu hal yang tidak boleh Anda lupakan adalah mengurus pajak penghasilan individu. Lapor dan bayar pajak sesuai dengan aturan berlaku. Plus pada Maret 2017 ini, adalah waktu terakhir untuk mengurus amnesti pajak. Manfaatkan kesempatan langkah ini, untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan dalam adminsitrasi pajak.

 

#5 Segera Urus Waris, Jangan Nanti-Nanti

Untuk Anda yang telah berusia 30 an dan memiliki keluarga, segera urus waris. Bukannya mendoakan yang jelek, tetapi sedia payung sebelum hujan. Perhatikan juga mengenai utang-utang yang Anda miliki, jangan sampai Anda mewariskan utang kepada ahli waris. Ada strategi-strategi khusus yang dapat Anda lakukan agar Anda tidak perlu mewariskan utang kepada anak-anak atau ahli waris.

Perhitungan Waris untuk Pernikahan Pisah Harta - Perencanaan Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Perencanaan Waris dan Distribusi Kekayaan dalam Keluarga]

 

Lakukan yang Terbaik untuk Keuangan Anda di Tahun 2017

Segera lakukan perubahan-perubahan, agar keuangan Anda di tahun 2017 menjadi lebih baik dan lebih stabil. Selain itu semua, mulailah tingkatkan pengetahuan mengenai keuangan, dengan membaca informasi-informasi terbaru Finansialku. Silakan download Aplikasi Finansialku melalui Google Play Store.

 

Download Aplikasi Finansialku

 

Apakah Anda mengalami kesulitan dalam merencanakan keuangan atau mengelola keuangan? Silakan kirim pertanyaan Anda pada kolom komentar di bawah ini, karena perencana keuangan kami akan membantu menjawabnya.

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

About the Author:

Melvin Mumpuni CFP
Melvin Mumpuni ST., MBA., CFP., QWP adalah seorang perencana keuangan independen dan technopreneur.Memiliki background pendidikan S1 di Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Katolik Parahyangan Bandung dan mengambil pendidikan pasca sarjana di Sekolah Bisnis dan Management Institut Teknologi Bandung (MBA - ITB). Memiliki pengalaman di bidang personal finance, corporate finance, internet marketing dan technopreneurship.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download