Apa saja manfaat jika Anda dan pasangna kompak mengurus keuangan keluarga? Banyak hal yang dapat diraih dan diwujudkan jika Anda kompak.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

5 Manfaat Jika Anda dan Pasngan Kompak Mengurus Keuangan Keluarga

Merencanakan dan mengelola keuangan keluarga adalah pekerjaan yang gampang-gampang susah. Tidak banyak lho pasangan-pasangan yang bisa terbuka mengenai keuangan, misal pemasukan, pengeluaran, utang dan aset. Anda dapat memanfaatkan Aplikasi Finansialku untuk membantu merencanakan dan mengelola keuangan keluarga.

5 Manfaat jika Anda & Pasangan Kompak Mengurus Keuangan Keluarga - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Anda Jujur dan Terbuka mengenai Keuangan dengan Pasangan?]

 

Tahukah Anda, dengan keterbukaan, kekompakan dalam mengurus keuangan akan menghasilkan banyak keuntungan antara lain:

 

#1 Tidak ada Miss Komunikasi, Semua Memiliki Persepsi yang Sama

Salah satu hal yang paling penting adalah Anda dan pasangan tidak terjadi miss komunikasi. Anda dan pasangan bisa memiliki persepsi yang sama dengan kondisi keuangan. Tahu berapa pemasukan, berapa pengeluaran, berapa aset dan berapa utang cicilan. Jadi kekompakkan dalam mengurus keuangan keluarga dapat menghilangkan kecurigaan antar pasangan.

Aplikasi Finansialku Iklan 1 - Perencana Keuangan Independen Finansialku

Banyak loh, suami yang tidak terbuka mengenai penghasilan tambahan, pengeluaran terkait dengan hobi (beli motor baru, beli sepatu baru, beli kamera baru). Ketika pasangan mengetahui ada pengeluaran yang disembunyikan, maka ujung-ujungnya rebut dan berpikir negatif. Daripada berujung pada keributan, akan jauh lebih baik jika saling terbuka dan jujur.

 

#2 Meningkatkan Pemasukan dan Aset

Anda dan pasangan dapat juga menggabungkan pemasukan untuk memperbesar aset. Mulai dengan membeli rumah, kendaraan dan aset-aset yang produktif.

 

#3 Mempercepat Pelunasan Utang

Banyak keluarga muda yang memiliki utang atau cicilan, khususnya kredit rumah. Jika Anda dan pasangan kompak, kredit rumah dapat segera terlunasi. Plus Anda memegang kontrol penuh atas keuangan keluarga.

Kenapa Penting Memiliki Kontrol Keuangan - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Kenapa Penting Memiliki Kontrol Keuangan?]

 

#4 Tujuan Keuangan Anda dan Pasangan dapat Segera Terwujud

Setiap pasangan pasti memiliki impian dan tujuan keuangan yang ingin dicapai, misal mulai membeli kendaraan, menyekolahkan anak, menyiapkan dana hari tua dan lain sebagainya. Ketika pasangan dapat kompak, maka pasangan tersebut dapat lebih mudah mewujudkan tujuan-tujuan keuangan.

Capai Kebebasan Keuangan dengan Kerja Sama Anggota Keluarga 2 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Menabung yang Efektif untuk Pasangan Muda yang Baru  Menikah]

 

#5 Memperbesar Potensi untuk Bebas Keuangan

Banyak orang di dunia ini yang ingin bebas keuangan, merdeka dari masalah keuangan. Jika Anda berdua dan anak-anak kompak, maka kemungkinan besar Anda dapat mencapai kebebasan keuangan. Di Amerika ada sebuah keluarga yang kompak dalam meningkatkan literasi keuangan dan kompak memperbesar penghasilan pasifnya. Anda dapat belajar dari kisah sukses mereka.

Capai Kebebasan Keuangan dengan Kerja Sama Anggota Keluarga - Finansialku

[Baca Juga: Capai Kebebasan Keuangan dengan Kerja Sama dan Kekompakkan Anggota Keluarga]

 

Banyak Keuntungan Jika Keuangan Keluarg Dikelola Bersama

Pada umumnya, banyak pasangan yang menggunakan cara-cara lama dalam mengelola keuangannya. Suami mendapatkan gaji, kemudian menyerahkan uang tersebut kepada istri. Istri kemudian mengelola seluruh keuangan, mulai dari membayar pengeluaran bulanan rumah tangga, bayar utang dan lain-lain.

Fakta membuktikan bahwa mengelola keuangan keluarga di zaman modern jauh lebih kompleks dan rumit. Anda dan pasangan perlu meningkatkan pengetahuan tentang keuangan. Anda perlu kekompakan dan kerja sama dalam mengelola keuangan agar memegang kontrol penuh serta dapat mewujudkan tujuan-tujuan keuangan.

Anda dapat memulai bersama-sama meningkatkan pengetahuan tentang uang (meningkatkan literasi keuangan), mulai membuat anggaran bersama dan mencatat keuangan serta merencanakan keuangan. Anda dapat menggunakan Aplikasi Finansialku untuk mempermudah merencanakan dan mengelola keuangan keluarga.

 

Apakah Anda sudah kompak dalam mengelola keuangan keluarga? Apa tantangan utama yang Anda hadapi dalam mengelola keuangan keluarga?

 

Sumber gambar:

  • Family – http://goo.gl/rwHmWs

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang