Bagaimana caranya menghemat dompet Anda agar masa depan Anda terjamin dan sejahtera? Perencana Keuangan Independen Finansialku akan membahas hal ini, mari kita simak.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Bekerja dan memiliki sejumlah pendapatan yang lumayan besar, tidak serta merta menjamin masa depan dan kesejahteraan Anda di usia senja nanti. Ada banyak hal yang membuat Anda begitu bersemangat untuk selalu berinvestasi dan juga bekerja lebih keras untuk mendapatkan penghasilan yang besar. Namun, hal ini saja tidak cukup, terutama jika kemampuan Anda dalam mengelola keuangan terbilang cukup buruk. Sebagian besar orang mungkin akan menggunakan jasa konsultan keuangan profesional, mengingat keuangan adalah hal yang sangat penting dan berpengaruh pada kehidupan kita secara keseluruhan. Lalu, bagaimana dengan Anda, apakah Anda telah menemukan cara yang tepat ketika mengelola keuangan Anda?

Cara Hemat Mengurus Uang Ala Mark Zuckerberg Bos Facebook - Finansialku

[Baca Juga: Cara Hemat Mengurus Uang Ala Mark Zuckerberg Bos Facebook]

 

Mulai dari Dompet Anda

Pada dasarnya, jumlah pengeluaran Anda tentu akan tergantung pada gaya hidup dan pola pikir Anda terkait dengan keuangan. Jika ternyata Anda menerapkan sejumlah peraturan yang ketat ketika akan mengeluarkan uang, maka Anda mungkin akan memiliki lebih banyak pertimbangan saat akan mengeluarkan dompet Anda untuk berbagai transaksi keuangan tersebut. Ini bukan hanya saat berbelanja saja, namun berbagai aktivitas lainnya seringkali membuat keuangan tidak berjalan dengan efektif. Anda bahkan mungkin tidak mengerti, berapa sebenarnya jumlah yang bisa Anda hemat di dalam keuangan Anda setiap bulannya. Sementara di lain sisi, hal ini akan jauh lebih menguntungkan bagi keuangan Anda.

Tidak sulit, namun disiplin dan penghematan didalam keuangan juga bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan oleh semua orang. Padahal ini akan sangat mempengaruhi kesejahteraan Anda di masa yang akan datang. Mulailah mengakali dompet Anda, agar keuangan lebih terkendali dan Anda bisa sejahtera di dalam keuangan.

8 Cara Menghemat Uang Belanja Bulanan (Ga Pake Ribet) - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: 8 Cara Menghemat Uang Belanja Bulanan (Ga Pake Ribet)]

 

Simak beberapa cara dalam mengakali dompet Anda berikut ini, sehingga penghematan bisa dilakukan di dalam keuangan Anda:

 

#1 Tanyakan tagihan baru dalam jumlah yang besar

Anda mungkin tidak menyadari, betapa mudahnya Anda membayarkan sejumlah tagihan yang nominalnya terbilang kecil, misalnya: Rp40 ribu, Rp50 ribu, Rp65 ribu. Sementara jika dijumlahkan dalam sebulan, jumlah tagihan seperti ini bisa saja menggerogoti isi dompet Anda. Tidak sedikit, bahkan totalnya kadang bisa membuat Anda menyesal, namun Anda tak kunjung menjumlahkannya secara rutin. Sementara untuk berbagai tagihan yang lumayan besar, Anda akan lebih perhitungan dan bisa menahan keinginan Anda untuk mengeluarkan uang, misalnya: Rp250 ribu, Rp400 ribu.

Pada dasarnya, tagihan dalam jumlah kecil ini akan selalu membuat Anda mudah mengeluarkan dompet Anda, meskipun ini adalah pengeluaran yang tidak begitu penting. Anda merasa aman dan tidak khawatir akan jumlahnya. Hentikan untuk selalu berhadapan dengan tagihan kecil seperti ini, dan lihatlah tagihan Anda dalam jumlah besar, sehingga Anda berpikir untuk segera menghindarinya di dalam keuangan Anda.

 

#2 Hemat penggunaan data ponsel Anda

Jumlah data internet yang Anda gunakan setiap bulannya, akan menyedot sekian ratus ribu setiap bulannya. Namun, apakah Anda memang harus mengeluarkan uang sebesar itu untuk internet saja?

Manfaatkan sejumlah aplikasi gratis yang dapat membuat penggunaan data ponsel Anda menjadi lebih hemat. Bukan hanya itu saja, aplikasi ini juga bisa membantu Anda untuk melihat berapa banyak data yang terpakai untuk semua aktivitas Anda di dunia maya, sehingga Anda bisa mengaturnya dengan lebih baik lagi di masa yang akan datang.

Apakah Anda Termasuk Tipe Orang Hemat atau Pelit [Quiz] - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Apakah Anda Termasuk Tipe Orang Hemat atau Pelit? [Quiz]]

 

#3 Hapus riwayat browsing Anda setelah Anda mencari tiket pesawat

Saat Anda mengunjungi situs travel atau maskapai penerbangan tertentu untuk mencari tiket, maka pastikan Anda selalu menghapus riwayat browsing Anda, terutama jika Anda belum membeli tiket saat itu juga. Pihak maskapai penerbangan atau situs travel, pada umumnya akan menaikkan harga tiket yang Anda cari tersebut ketika Anda tidak menghapus cache dan mereka melihat aktivitas Anda di sana. Jumlah kenaikan harga ini bisa saja besar, bahkan mencapai ratusan ribu rupiah.

 

#4 Dapatkan voucher diskon dan gunakan sendiri

Membeli voucher diskon adalah langkah tepat yang bisa Anda lakukan untuk menghemat pengeluaran Anda. Anda bisa mendatangi situs belanja yang menyediakan voucher diskon ini dan membeli yang paling sesuai dengan kebutuhan belanja Anda. Biasanya ini berasal dari mereka yang mendapatkan hadiah voucher dan tidak ingin menggunakannya sendiri, sehingga mereka menjualnya. Ini bisa menghemat pengeluaran Anda, sebab voucher ini dijual dengan harga yang murah, bahkan beberapa dijual hanya dengan setengah harga saja.

 

#5 Beli polis asuransi dengan perlindungan yang tepat dan maksimal

Asuransi apa yang Anda gunakan dan berapa jumlah premi yang harus Anda bayarkan untuk hal tersebut? Anda bisa mencari informasi akurat terkait dengan produk asuransi yang Anda gunakan, termasuk dengan manfaat yang Anda dapatkan atas penggunaan tersebut. Jangan sampai Anda membeli asuransi yang tidak tepat dan berujung pada pemborosan.

Asuransi juga kini memiliki banyak penawaran yang menguntungkan dan bisa Anda pertimbangkan sebagai pilihan, misalnya: premi hemat untuk 2 pertanggungan sekaligus (pasangan), perlindungan tambahan (perluasan) untuk asuransi properti, dan yang lainnya.

Mau Hemat Malah Jadi Boros, Karena Kesalahan-Kesalahan Ini - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Mau Hemat Malah Jadi Boros, Karena Kesalahan-Kesalahan Ini]

 

#6 Gunakan waktu belanja yang tepat

Ada masa di mana barang-barang tertentu akan dijual lebih murah dari harga biasanya, misalnya ketika musim panen. Anda bisa memanfaatkan hal ini dengan baik, dimana Anda membeli barang tersebut dalam jumlah besar dan menyimpannya sebagai stok untuk masa yang akan datang. Pilih waktu yang tepat untuk berbelanja, termasuk ketika membeli berbagai barang kebutuhan lainnya.

 

#7 Hitung biaya sewa tempat tinggal Anda

Jika Anda masih tinggal di sebuah tempat sewaan (apartemen/rumah) maka mulailah menghitung berbagai biaya yang Anda keluarkan setiap bulannya. Keamanan, kebersihan, laundry, listrik, dan bahkan biaya air bersih juga akan selalu meningkat setiap bulannya. Jika Anda mau sedikit lebih berusaha, maka sejumlah biaya ini mungkin bisa saja dihemat. Misalnya: mencuci pakaian sendiri dan memangkas biaya laundry.

 

#8 Manfaatkan ponsel Anda dengan maksimal

Tidak hanya untuk telepon atau berselancar di dunia maya, ponsel Anda juga bisa Anda gunakan untuk mendatangkan uang. Anda bisa menemukan pekerjaan melalui informasi yang disajikan oleh aplikasi tertentu, dimana Anda bertemu dengan klien dan bekerja untuk mereka. Jumlah bayarannya juga lumayan besar, tergantung pada jenis pekerjaan yang Anda ambil.

Cara Pecinta Kuliner dapat Berhemat dan Tetap Senang-Senang - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Cara Pecinta Kuliner dapat Berhemat dan Tetap Makan Enak]

 

#9 Manfaatkan ponsel Anda untuk menjual barang bekas Anda

Jika Anda memiliki sejumlah barang bekas yang masih dalam kondisi baik dan layak pakai, maka tidak ada salahnya Anda mencoba untuk menjualnya di pasar barang bekas. Ini bahkan bisa dilakukan dengan mudah secara online dengan menggunakan ponsel yang Anda miliki.

 

#10 Hindari biaya listrik “siluman”

Ada banyak pemborosan yang Anda lakukan ketika Anda meninggalkan berbagai perangkat listrik Anda tanpa mematikannya, misalnya: AC, dispenser dan alat lainnya. Hindari pembengkakan biaya siluman ini dengan kontrol yang benar. Jika Anda mendownload aplikasinya pada ponsel Anda, maka Anda bisa mengontrol penggunaan berbagai perangkat tersebut dari jarak jauh, sehingga Anda bisa berhemat dalam jumlah besar setiap bulannya.

 

Selain, hal-hal yang sudah disebutkan pada artikel ini, bagaimana cara lain yang dapat kita lakukan agar dompet tetap sejahtera? Silakan beri jawaban pada kolom yang sudah disediakan di bawah ini. Jangan lupa untuk selalu share informasi yang Anda dapatkan kepada orang terdekat Anda, karena mereka pun akan bahagia dan tersenyum dengan informasi ini, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Maggie McGrath. 21 Oktober 2013. 11 Life Hacks – For Your Wallet. https://goo.gl/B9xtrc

 

Sumber Gambar:

  • Berhemat – https://goo.gl/h9i0hW

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang