Panduan Wisata Pulau Tidung: Liburan Murah dan Menyenangkan!

Para traveller pasti ingin pergi liburan murah kan? Tidak perlu khawatir karena di Kepulauan Seribu terdapat keindahan alam wisata Pulau Tidung yang murah dan menyenangkan!

Kali ini, Finansialku akan menyajikan informasi seputar Pulau Tidung untuk jadi referensi bagi Anda para backpacker dan fasilitas Aplikasi Finansialku yang siap membantu perencanaannya.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Keindahan Pulau Tidung: Salah Satu Bagian Kepulauan Seribu

Pulau Tidung adalah nama salah satu objek wisata di Kepulauan Seribu. Ada tiga alternatif yang bisa dipilih untuk menuju Pulau Tidung.

Yang pertama Anda bisa menggunakan speed boat dari Dermaga Marina yang terdapat di Pantai Ancol dengan lama perjalanan sekitar 1 jam.

Selanjutnya Anda juga bisa menumpang kapal ferry di sana. Kapasitas kapal tersebut untuk memuat penumpang tentu cukup banyak dan sudah tersedia beberapa armada di Dermaga Muara Angke Penjaringan.

Jika ingin mencoba cara lain, Anda juga bisa mulai berangkat dari Tangerang, dengan rute menuju Pelabuhan Rawa Saban dengan menumpang kapal tradisional.

Untuk perjalanan dari Muara Angke dan dari Pelabuhan Rawa Saban dengan menggunakan kapal ferry membutuhkan waktu sekitar 2 sampai dengan 3 jam.

Panduan Wisata Pulau Tidung 02 Pulau Tidung 2 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Keliling Dunia atau Kerja Di Luar Negeri? Buat Paspor Dulu Dong!]

 

Begitu sampai Anda akan diturunkan di Pulau Tidung Besar. Di sana tersedia berbagai macam wahana keluarga seperti permainan air dan water sport yang dapat Anda nikmati.

Bukan hanya di Pulau Tidung Besar ternyata disana juga terdapat Pulau Tidung Kecil yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran pembudidayaan hutan mangrove.

Pembudidayaan hutan mangrove berfungsi untuk menangkal pengikisan area pantai dari angin laut yang kencang dan besarnya ombak yang melewati kawasan pesisir.

Tidak berhenti disitu, masih terdapat beberapa tempat wisata yang wajib untuk dikunjungi. Contohnya Pantai Cemara Kasih, Pantai Saung Perawan dan Jembatan Cinta.

Tempat-tempat ini menyediakan tempat yang siap untuk dinikmati dengan nuansa yang romantis dan pemandangan yang menakjubkan.

Iklan Banner Perencanaan Dana Liburan - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Panduan Wisata Pulau Tidung: Low Budget, High Pleasure

Wisata Pulau Tidung adalah wisata yang sudah lama dikembangkan dan dikelola. Tidak perlu diragukan lagi soal fasilitas dan terpenuhinya kebutuhan wisatawan jika berkunjung di Pulau ini.

Berikut ini adalah beberapa objek wisata yang wajib dikunjungi atau tidak dilewatkan saat berlibur ke Pulau Tidung. Liburan ke Pulau Tidung, liburan berkualitas dengan budget murah.

 

#1 Pulau Tidung Besar

Tempat pertama yang disarankan untuk kalian kunjungi adalah Pulau Tidung Besar. Bagi semua orang yang berkunjung kesana akan disambut oleh pesona akan keindahan alam Pulau Tidung yang sangat menawan.

Pasir Putih yang terlihat sangat lembut dan air laut yang terkesan kebiru-biruan dengan ombak yang terlihat tenang serta udara bersih dan sejuk akan menyambut kedatangan Anda di Pulau Tidung tersebut.

Suasana yang telah diberikan ini pasti tidak akan membuat kalian lupa tentang panorama alam yang indah ternyata memang ada tidak hanya untuk dinikmati namun juga dirawat dan disyukuri.

Soal biaya, yang perlu Anda persiapkan adalah budget untuk perjalanan maksimal Rp100.000 per orang. Jika ingin menginap maka dana yang dibutuhkan yaitu Rp200.000-Rp500.000 per kamar hotel standar.

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

#2 Pulau Tidung Kecil

Setelah Pulau Tidung Besar, Anda akan ditujukan pada destinasi selanjutnya yaitu Pulau Tidung Kecil yang tak kalah menarik. Bedanya Pulau Tidung Kecil ini tidak hanya untuk dinikmati oleh wisatawan namun juga media pembelajaran.

Pulau Tidung Kecil digunakan sebagai tempat pembudidayaan mangrove yang berfungsi untuk membantu mencegah pengikisan area pesisir pantai yang berguna untuk keberlangsungan hidup hewan laut.

Disini Anda bisa ikut berpartisipasi atau sekedar belajar dengan cara ikut menanam pohon mangrove disana. Soal biaya, jangan khawatir karena Anda hanya perlu menyewa sepeda yang harganya Rp20.000 saja. Sangat terjangkau bukan?

Panduan Wisata Pulau Tidung 03 Pulau Tidung 3 - Finansialku

[Baca Juga: Gaji Rp5 Juta Sebulan, Mau Liburan Keliling Eropa? Ini Caranya]

 

#3 Jembatan Cinta

Tempat berikutnya yang wajib untuk dikunjungi adalah Jembatan Cinta di Pulau Tidung. Mengapa demikian? Sebab jembatan ini adalah jembatan yang menarik untuk Anda nikmati.

Jembatan ini menghubungkan antara Pulau Tidung Besar dengan Pulau Tidung Kecil, untuk itu tidak heran lagi jika jembatan ini dinamai dengan Jembatan Cinta.

Jembatan Cinta di Pulau Tidung mempunyai ketinggian sekitar sampai 2 meter dan panjangnya sekitar 800 meter.

 

Jembatan tersebut menjadi destinasi yang banyak dikunjungi oleh wisatawan, pasalnya lokasi ini menjadi salah satu spot foto yang wajib untuk Anda abadikan.

Di bawah Jembatan Cinta terdapat pemandangan bawah laut yang akan memanjakan mata Anda. Tentunya untuk ke jembatan ini Anda tidak membutuhkan biaya apapun.  

Uniknya, Anda juga bisa langsung melompat ke laut untuk merasakan sensasi segar dan dan tentunya sangat menyenangkan ditambah lagi dengan menikmati keindahan alamnya yang masih asri.

Panduan Wisata Pulau Tidung 04 Pulau Tidung 4 - Finansialku

[Baca Juga: Perhitungan Dana Liburan ke Jogja Budget Minim (Bonus: Daftar 100+ Tempat Wisata Jogja)]

 

#4 Snorkeling dan Diving

Dua aktivitas menyenangkan ini tidak boleh lagi Anda lewatkan pada saat berada di Pulau Tidung. Aktivitas snorkeling dan diving adalah aktivitas wajib yang menantang ketika berwisata ke pantai.

Dengan melakukan snorkeling dan diving Anda bisa melihat adanya beragam terumbu karang dan ikan-ikan kecil yang cantik dan menggemaskan.

Anda bisa menyewa peralatan snorkeling tersebut seharga Rp35.000 di perairan sekitar Jembatan Cinta. Jika Anda belum mempunyai pengalaman atau masih merasa takut Anda bisa ditemani pemandu dengan membayar Rp100.000.

 

Tidak hanya itu, Anda juga dapat berfoto selfie di dalam air dengan ikan kecil dan terumbu karang yang akan menghasilkan foto yang sangat bagus.

Selain snorkeling dan diving Anda juga bisa menikmati serunya menggunakan wahana permainan seperti Sofa Boat, Cano, Banana Boat, dan Donat Boat dengan tantangan dan keseruan yang berbeda-beda.

Tidak perlu khawatir akan tenggelam, pastikan saja Anda sudah mengenakan pelampung dan berpegangan dengan kuat agar tidak terpental.

Panduan Wisata Pulau Tidung 05 Pulau Tidung 5 - Finansialku

[Baca Juga: Ingin Liburan Ke Korea Selatan? Yuk Cek Dulu Dana Perjalanan (Plus Info Liburan Murah dan Wisata Gratis)]

 

#5 Pantai Saung Perawan

Berikutnya adalah Pantai Saung Perawan. Di sana Anda akan merasakan suasana yang sangat sejuk dan rindang. Banyak pepohonan yang sengaja ditanam untuk menciptakan suasana menyenangkan, serta melindungi para traveller dari terik matahari agar tetap sejuk.

Pantai Saung Perawan cocok sekali jika dimanfaatkan untuk beristirahat sejenak dengan menikmati keindahan alam di Pulau Tidung.

Tak hanya itu, di tempat ini banyak penjual makanan dan minuman sehingga Anda bisa membelinya untuk mengisi perut setelah lelah mengitari berbagai destinasi wisata.

Panduan Wisata Pulau Tidung 06 Pulau Tidung 6 - Finansialku

[Baca Juga: Apa Bisa Liburan Murah ke Malaysia Dibawah Rp2 Jutaan? Siapkan Dana Perjalanan Anda!]

 

#6 Kuburan Sakral

Jangan lupa untuk menyempatkan waktu untuk berziarah di makam tokoh pahlawan di Pulau Tidung yang berlokasi di Pulau Tidung Kecil.

Selain berziarah Anda juga bisa mengenang jasa pahlawan dengan melihat-lihat peninggalan yang diabadikan pada masa lampau.

Panduan Wisata Pulau Tidung 07 Pulau Tidung 7 - Finansialku

[Baca Juga: Manusia yang Membuat Sejarah, Bukan Sebaliknya

 

#7 Penangkaran Hiu dan Penyu Bersisik

Di Pulau Tidung Anda bisa berenang dengan puluhan ikan hiu. Hal ini pasti akan membuat Anda tertantang untuk menantang adrenalin. Penangkaran hiu ini bisa Anda kunjungi di Pulau Pramuka yang tempatnya tidak jauh atau berdekatan dengan Pulau Tidung.

 

Tempat penangkaran ikan hiu ini bertujuan untuk melindungi hewan mamalia dari terjadinya kepunahan akibat perbuatan manusia yang tidak bertanggung jawab.  

Selain penangkaran ikan hiu yang sangat menarik, disana Anda juga akan menemui penangkaran penyu bersisik. Disana Anda bisa melihat secara langsung perkembangan penyu hingga penyu siap pada waktunya untuk dilepaskan ke pinggir pantai.

Panduan Wisata Pulau Tidung 08 Pulau Tidung 8 - Finansialku

[Baca Juga: Rencanakan Dana Liburan untuk Melihat Keindahan Pulau Komodo (Hemat dan Murah)]

 

Merencanakan Perjalanan dengan Aplikasi Finansialku

Jika Anda ingin lebih maksimal dalam merencanakan perjalanan menggunakan cara yang tepat, maka manfaatkan Aplikasi Finansialku.

Cara pertama yaitu dengan mengunduh aplikasi ini di Google Play Store atau langsung ke website-nya. Lalu, klik menu Anggaran seperti tampilan di bawah ini.

Panduan Wisata Pulau Tidung 09 Aplikasi 1 - Finansialku

Tampilan Aplikasi Finansialku

 

Untuk hobi, travelling dan lainnya maka Anda dapat memasukkan ke kolom hobi. Jumlahnya bisa disesuaikan dengan budget yang direncanakan.

Panduan Wisata Pulau Tidung 10 Aplikasi 2 - Finansialku

Tampilan Aplikasi Finansialku

 

Dengan demikian, semua catatan anggaran Anda akan tersimpan rapi lengkap dengan penghitungannya. Sangat mudah bukan?

 

Ingin Low Budget Trip? Pulau Tidung Jawabannya

Jika dilihat dari daftar spot serta harga akomodasi serta biaya lainnya di atas, dapat disimpulkan bahwa Pulau Tidung merupakan destinasi wisata yang sangat terjangkau.

Bahkan Anda bisa melewatkan liburan menyenangkan dengan biaya kurang dari Rp1.000.000. Hal ini akan sangat menyenangkan, sehingga untuk liburan berikutnya lokasi ini bisa dijadikan bagian dari list destinasi wisata low budget Anda.  

 

Tentu setelah membaca artikel ini Anda tidak akan sabar lagi untuk segera berkunjung ke Pulau Tidung yang telah menyediakan berbagai kebutuhan wisatawan.

Jangan lupa ajak teman atau orang terdekat untuk membaca informasi penting di atas dan menjelajahi pulau di bagian selatan Kepulauan Seribu ini, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Nanda. 15 Tempat Wisata Pulau Tidung dan Sekitarnya yang Wajib Dikunjungi. Tempatwisataseru.com – https://goo.gl/w8rkii
  • Agus K. 20 Agustus 2018. Inilah 10 Spot Foto Menarik di Pulau Tidung. Jejakpiknik.com- https://goo.gl/3Kj7Rm
  • Andi. Tempat Wisata Pulau Tidung yang Memanjakan Mata dan Bikin Bahagia. Travelingyuk.com – https://goo.gl/p3u3ww

 

Sumber Gambar:

  • Pulau Tidung 1 – https://goo.gl/uz6seJ
  • Pulau Tidung 2 – https://goo.gl/jmBep5
  • Pulau Tidung 3 – https://goo.gl/cG5Yb2
  • Pulau Tidung 4 – https://goo.gl/vg9zBD

About the Author:

Shara Nurrahmi, S.Pd
Shara Nurrahmi, S.Pd adalah seorang guru SLB di SMALB Putra Jaya Malang yang aktif membuat konten untuk berbagai website. Harapannya adalah membagikan informasi yang bermanfaat bagi banyak orang, terutama para penyandang disabilitas untuk mengukir masa depan yang lebih baik.

Leave A Comment