Bagaimana cara untuk menjadi seorang wirausahawan yang kaya? Tony Robbins seorang ahli strategi bisnis memberikan 10 tips untuk menjadi kaya. Tips ini dapat digunakan oleh para wirausahawan untuk mengelola keuangannya.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up

 

Menjadi Wirausahawan Sukses

Siapa yang tidak ingin menjadi seorang wirausahawan sukses? Tentu itu adalah keinginan semua orang. Tidak perlu bekerja di bawah perintah orang lain, bekerja dengan waktu yang fleksibel, serta memegang kendali penuh atas segala kegiatan usaha. Tetapi nyatanya tidak semua orang mampu menjadi seorang wirausahawan yang sukses. Tony Robbins, seorang ahli strategi bisnis memberikan 10 tips untuk menjadi kaya yang dapat dipraktekkan oleh para wirausahawan.

 10-tips-tony-robbins-untuk-menjadi-wirausahawan-sukses-1-finansialku

[Baca Juga : Belajar dari Kesalahan adalah Kunci Sukses Menjadi Entrepreneur]

 

Mari kita bahas 10 tips untuk menjadi sukses dari Tony Robbins yang akan berguna bagi kalangan wirausahawan :

 

#1 Mempunyai Misi

Setiap wirausahawan harus memiliki misi. Tanpa misi Anda tidak tahu kemana usaha akan diarahkan. Misi berperan seperti magnet yang akan menarik energi Anda. Akan lebih mudah untuk berhasil mencapai sesuatu ketika Anda ditarik daripada jika Anda hanya mendorong. Berusaha tanpa misi sama halnya seperti mendorong suatu barang dengan susah payah tanpa tahu kemana Anda akan mengarahkannya. Tetapi jika Anda ditarik oleh sesuatu untuk mengarah ke suatu tempat, tentu akan lebih cepat sampai ke tempat tersebut. Energi akan muncul ketika Anda memiliki sebuah misi.

Mau Jadi Entrepreneur Sukses, Cek 3 Rahasianya - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 [Baca Juga : 3 Rahasia Sukses Berbisnis yang Harus Diketahui oleh Entrepreneur]

 

Mengutip dari Time.com, Tony berpegang pada mindset ini setiap hari dalam hidupnya. Menurutnya cara terbaik untuk mempraktekkannya adalah dengan terus memikirkan hal-hal yang menjadi passion Anda, baik itu hal yang kecil atau besar. Semakin Anda tertarik dan berhasrat untuk meraih misi tersebut, semakin besar kekuatan yang akan Anda miliki.

 

#2 Berhenti Menukar Waktu dengan Uang

Sadarkah Anda bahwa bekerja adalah menukar waktu Anda dengan uang? Anda akan mendapatkan uang jika memiliki usaha dan datang ke kantor setiap hari Senin sampai hari Jumat pukul 9 pagi sampai pukul 5 sore. Tetapi jika Anda tidak datang maka semua proses bisnis tidak berjalan sehingga tidak ada keuntungan. Bukankah ini sama saja Anda menukar waktu dengan uang?

Kenapa Entrepreneur Perlu Melakukan Kesalahan - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 [Baca Juga : Mau Jadi Entrepreneur Sukses, Cek 3 Rahasianya!]

 

Berhentilah menukar waktu dengan uang. Anda bisa terus mencari uang tambahan, tetapi Anda tidak akan pernah mendapatkan waktu tambahan. Apakah Anda ingin menyia-nyiakan waktu yang terbatas tersebut? Seharusnya Anda mengatur sedemikian rupa agar usaha Anda dapat berjalan sendiri tanpa harus terus diawasi. Salah satu kelebihan memiliki usaha sendiri adalah memiliki waktu yang fleksibel.  Jika Anda diharuskan terus mengawasi usaha, maka sama saja Anda bekerja di perusahaan milik orang lain.

 

#3 Belajar Bersyukur

Bersyukur adalah satu kata yang sering dilupakan apalagi jika sedang dalam keadaan yang tidak menguntungkan. Padahal perasaan bersyukur dapat memberikan pengaruh positif pada kehidupan Anda. Dilansir dari Time.com, Tony mengutip sebuah pernyataan dari buku John Templeton yang berisi :

“Jika Anda tidak memiliki apa-apa, tetapi mengalami euforia untuk bersyukur atas apapun yang Anda miliki, Anda adalah orang terkaya yang pernah Anda ketahui”

 

Tony melakukan kebiasaan bersyukur ini setiap pagi sebagai rutinitasnya. Cobalah lakukan hal yang sama, pikirkan setiap hal yang dapat Anda syukuri setiap harinya. Lama-kelamaan hal ini akan menjadi kebiasaan yang membuat pemikiran Anda terus positif. Setiap praktek wirausaha akan selalu mengalami kenaikan dan penurunan. Pada setiap kondisi terburuk dalam berwirausaha, belajarlah untuk bersyukur. Pikiran positif sangat penting untuk terus memupuk semangat Anda agar bangkit dari keterpurukan. Jangan sampai Anda menyerah begitu menghadapi satu masalah dalam berwirausaha.

 

#4 Menjadi Investor yang Disiplin

Anda mungkin seorang wirausahawan, tetapi untuk mencapai financial freedom Anda tetap perlu berinvestasi. Umumnya seorang investor akan mencari risiko besar untuk mendapatkan keuntungan yang besar. Tony mengatakan hal yang sebaliknya, Anda perlu mengubah mindset tersebut menjadi ‘mencari risiko rendah untuk mendapatkan keuntungan yang besar’. Kemudian disiplinkan diri Anda untuk menjalankan konsep tersebut.

Belajar dari Kesalahan adalah Kunci Sukses Menjadi Entrepreneur - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga : Belajar dari Kesalahan adalah Kunci Sukses Menjadi Entrepreneur]

 

Sebaiknya Anda selalu mengetahui risiko dari sebuah investasi dan kemudian mencari cara untuk melindungi diri dari risiko tersebut. Langkah proteksi ini akan mengurangi risiko investasi. Dengan melakukan langkah ini, Anda akan terbiasa untuk berhati-hati dalam mengambil setiap keputusan investasi.

 

#5 Jangan Takut Gagal

Ketika harus menghadapi kegagalan, banyak wirausahawan yang langsung menghakimi dirinya sendiri dan merasa kehilangan arah. Kenyataannya setiap orang sudah diprogram untuk merasa takut pada kegagalan karena kegagalan dianggap sebagai kesedihan yang patut diratapi. Padahal menurut Tony, kegagalan adalah sebuah jalan untuk menuju sukses. Mengapa? Karena kegagalan adalah salah satu proses pembelajaran. Ketika gagal dalam suatu kejadian, Anda akan belajar untuk memperbaiki kesalahan tersebut. Dengan begitu Anda tidak akan mengulangi kesalahan yang sama pada kesempatan berikutnya.

7 Cara Menghadapi Kegagalan Ala Bos Starbuck, Howard Schultz - Finansialku

[Baca Juga : 7 Cara Menghadapi Kegagalan Ala Bos Starbuck, Howard Schultz]

 

Tidak ada seorang pun di dunia yang tidak pernah mengalami kegagalan. Karena itu, terimalah kegagalan dalam setiap proses kehidupan, termasuk dalam praktek berwirausaha. Jadikan sebuah kegagalan sebagai proses pembelajaran, bukan untuk diratapi.

 

Transformasi Mindset Wirausahawan Sejati

Berwirausaha adalah sebuah pilihan yang tidak mudah. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan dengan berwirausaha. Tetapi pada prakteknya sangatlah tidak mudah. Mindset seorang wirausahawan yang sukses berbeda dengan banyak orang pada umumnya. Tidak mudah untuk memiliki mindset tersebut, karena itulah tidak semua orang mampu menjadi wirausahawan yang sukses. Ubah mindset Anda untuk menjadi seorang wirausahawan sejati yang memiliki peluang besar untuk sukses. 5 tips selanjutnya dari Tony Robbins akan kami bahas pada artikel selanjutnya.

 

Apakah Anda pernah mengalami kesulitan atau tantangan saat menjadi entrepreneur? Silakan kirimkan komentar dan pendapat Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi :

  • Cat Alford. 12 Maret 2016. Tony Robbins’ 10 Tips for Living Rich. Time.com – https://goo.gl/s1uIrN

 

Sumber Gambar : 

  • Tonny Robbins – https://goo.gl/0TUPos

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang