Apakah Anda setiap entrepreneur memiliki rahasia sukses berbisnis yang berbeda – beda? Jika kita amati lebih dalam, ternyata yang berbeda adalah pelaksanaanya. Strategi besarnya mereka memiliki kesamaan. Berikut ini 3 rahasia utamanya.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up

 

3 Rahasia Sukses Berbisnis yang Harus Diketahui oleh Entrepreneur

Beberapa perusahaan memiliki kinerja yang lebih baik dibandingkan perusahaan lainnya. Bisa jadi lebih baik dalam hal inovasi, nama baik, market share atau kondisi lainnya sehingga perusahaan tersebut tetap terdengar namanya. Menurut Anda apa yang membuat sebuah perusahaan bisa menjadi perusahaan yang baik?

 

3-rahasia-sukses-berbisnis-yang-harus-diketahui-oleh-entrepreneur-finansialku

[Baca Juga: Apa Alasan Utama Calon Entrepreneur Menunda Memulai Bisnis?]

 

Berikut ini tiga rahasis sukses berbisnis yang perlu Anda ketahui:

  1. Memiliki competitive advantage
  2. Memiliki manajemen yang berada di atas rata-rata (above average management)
  3. Memimpin pasar atau industry (market leadership)

 

#1 Memiliki Competitive Advantage

Competitive advantage dalam hal manajemen dapat diartikan sebagai daya saing dan keunggulan yang dimiliki perusahaan dan membuat perusahaan lebih unggul dibanding pesaing. Seorang ahli yang menjadi pioneer konsep competitive advantage bernama Michael Porter.

Ternyata ada 2 bentuk dari competitive advantage yaitu diferensiasi (differentiation advantage) dan biaya (cost advantage). Diferensiasi bisa diartikan juga berbeda dan unik. Jadi perusahaan Anda harus memiliki keunikan atau perbedaan dibandingkan dengan pesaing, misal pelayanan yang ramah, pelayanan yang cepat (fast response), produk tidak ada cacat, pengiriman tepat waktu dan lain sebagainya.

2 Jurus Membesarkan Bisnis dan Menjadi Miliarder - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: 2 Jurus untuk Membesarkan Bisnis dan Menjadi Miliarder]

 

Cost advantage (keunggulan biaya) adalah strategi perusahaan untuk menawarkan produk atau layanan dengan harga lebih murah. Mungkin saja karena teknologi yang canggih, sebuah perusahaan dapat menawarkan harga lebih murah. Biaya-biaya pengadaan tersebut dalam istilah manajemen dikenal dengan istilah economic rents. Sayangnya strategi ini bisa jadi tidak bertahan lama karena competitor bisa membuat barang yang sama murahnya dengan Anda.

Idealnya sebagai entrepreneur, Anda perlu mencari tahu kekuatan sekaligus pembeda pada perusahaan Anda. Jadi ada alasan customer harus memilih layanan Anda dibanding layanan competitor. Strategi diferensiasi menjadi pilihan yang tepat untuk Anda pertimbangkan. Jika Anda ingin menggunakan strategi diferensiasi, coba pertimbangkan hal-hal berikut ini:

 

Faktor Penghalang untuk Kompetitor (Barriers to Entry)

Perusahaan yang baik selalu menjaga status dan membuat barrier to entry. Hal ini bertujuan agar competitor tidak mudah meniru atau menduplikasi layanan Anda. Contoh perusahaan Anda mampu bekerja dengan efisiensi tinggi, menggunakan teknologi terkini, selalu berinovasi dan lain sebagainya.

 

Nama yang Sudah Dikenal (Name Recognition)

Faktor kedua ini banyak terkait dengan brand atau merk. Customer termasuk saya dan Anda seringkali membeli barang-barang yang sudah kita kenal dan percaya mutunya. Misal sama-sama menabung di bank, pastinya Anda akan memilih menabung di bank A dibandingkan dengan bank B.

 

Juara dalam Harga (Price Leadership)

Saat ini banyak masyarakat yang suka berbelanja online, mulai dari beli tiket pesawat, tiket kereta api, voucher hotel, beli baju sampai dengan transportasi online. Hal ini bukan hal aneh, karena transaksi online tersebut menawarkan biaya yang lebih murah.

 

#2 Memiliki Manajemen Berkemampuan di Atas Rata-Rata

Kualitas manajemen dan orang-orang yang mengelola perusahaan adalah faktor penting yang menentukan kesuksesan bisnis. Anda dan rekan-rekan bisnis perlu bekerja sebagai sebuah tim. Manajemen yang berpengalaman tentunya tidak hanya mengikuti teknologi yang berkembang saat ini, namun mereka memiliki visi dan inovasi yang jauh kedepan. Intinya mereka tidak berhenti belajar, mau mencoba dan berani gagal.

7 Cara Menghadapi Kegagalan Ala Bos Starbuck, Howard Schultz - Finansialku

[Baca Juga : 7 Cara Menghadapi Kegagalan ala Bos Starbuck, Howard Schultz]

 

Sebagai entrepreneur dan pemilik bisnis, Anda perlu berkomunikasi yang efektif dengan seluruh anggota tim. Mampu mempertahankan orang-orang yang memiliki potensi dan mampu mengeluarkan orang-orang yang menjadi beban dalam manajemen. Di Finansialku.com kami mengikuti prinisip dari almarhum Steve Jobs yang mengatakan stay foolish, stay hungry. Jadilah orang yang selalu bodoh dan lapar, sehingga Anda tetap mau belajar, mencoba dan berinovasi.

 

#3 Memimpin Pasar

Menjadi pemimpin dalam pasar adalah keuntungan yang tidak dimiliki oleh setiap perusahaan. Salah satu rahasia sukses berbisnis adalah memimpin pasar, contoh perusahaan Anda dikenal paling bagus layanannya dibandingkan dengan kompetitor, perusahaan Anda paling cepat layanannya, perusahaan Anda paling murah dan lain sebagainya. Di Indonesia ada beberapa perusahaan yang menjadi standard industry (industry standard).

Apakah Karyawan Bisa Memiliki Pendapatan Pasif dengan Bisnis Online - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Apakah Karyawan Bisa Sukses dengan Mulai Berbisnis Online?]

 

Contoh saat ini masyarakat Indonesia kalau ingin membeli tiket hotel dan tiket pesawat terbang akan mengecek website Traveloka. Begitu juga jika ingin membeli barang-barang melalui Tokopedia atau BukaLapak.

 

Rahasia Sukses Berbisnis yang Perlu Kita Buat

Sebagai entrepreneur, Anda perlu melakukan penilaian apakah bisnis Anda sudah memiliki rahasia sukses berbisnis : competitive advantage, management above average dan market leadership. Jika belum sudah saatnya Anda mulai menata perusahaan Anda, mulai dari meningkatkan kualitas manajemen, memperbaiki strategi perusahaan dan pelaksanannya.

Memiliki competitive advantage dan menjadi market leadership bukanlah hal yang mudah dan juga bukan pekerjaan yang bisa dikerjakan dalam waktu 1 malam. Dibutuhkan kerja keras tim, ketelatenan, konsistensi dan kegigihan untuk mendapatkannya. Semoga perusahaan Anda segera dapat memiliki 3 rahasia sukses berbisnis.

 

Apakah Anda sudah mengenali 3 rahasis sukses berbisnis pada usaha Anda? Apa yang akan Anda lakukan untuk meningkatkan competitive advantage, memiliki management above average dan menjadi market leadership?

 

Referensi

  • Michael Schmidt. 10 Oktober 2016. 3 Secrets of Successful Companies. Investopedia.com – https://goo.gl/7JjKwV

 

Sumber Gambar

  • success company – https://goo.gl/NkOHFN

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang