Sebenarnya apa alasan utama yang menyebabkan seseorang tidak segera memulai bisnis? Bisa jadi beberapa alasan di bawah ini menjadi sumber permasalahan Anda (terlebih alasan terkahir).

 

Rubrik Finansialku:

Rubrik Finansialku Start It Up

 

Beberapa Alasan yang Membuat Anda Tidak Segera Memulai Bisnis

Mengacu pada hasil penelitian yang dilakukan oleh Elite Business,

  1. Tidak memiliki role model dalam menjalankan bisnis.
  2. Merasa belum siap untuk memulai bisnis.
  3. Kurang rasa percaya diri
  4. Merasa tidak memiliki kemampuan-kemampuan yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis.
  5. Tidak memiliki dana untuk memulai bisnis dan tidak memiliki akses pendanaan.
  6. atau Anda memiliki alasan lainnya? Silahkan tinggalkan komentar Anda di bagian bawah artikel ini. Tim Finansialku akan segera menjawab komentar Anda. Terima kasih.

 

Disadari atau tidak permasalahan-permasalahan di atas, terjadi karena kita seringkali melihat dunia dalam sebuah kelangkaan (scarcity). Coba kita berusaha melihat hal yang sama dengan sudut pandang yang berbeda, dunia akan menjadi tempat yang berlimpah. Mari kita bahas satu persatu permasalahan di atas.

 

#1 Tidak Memiliki Role Model

Memiliki contoh atau seorang role model adalah hal yang baik, karena Anda dapat memiliki panduan. Namun role model bukanlah hal utama yang Anda perlukan saat memulai bisnis.

Permasalahan yang sebenarnya Anda hadapi adalah ketakutan, karena Anda tidak memiliki pengetahuan dan kepercayaan di dalam diri untuk berhasil.

Saran dari kami: Anda dapat mencoba mengikuti seminar atau pelatihan dari pebisnis yang sudah sukses sebelumnya. Pelajari cara-cara untuk memenangkan persaingan bisnis. Kami merekomendasikan Anda untuk membeli dan mempelajari online seminar yang dibawakan oleh Guy Kawasaki dalam The Essential Guide to Entrepreneurship by Guy Kawasaki.

 

#2 Merasa Belum Siap untuk Memulai Bisnis

Jika ditanya siap atau tidak, banyak pebisnis sukses yang memulai bisnisnya dalam kondisi yang sebenarnya juga belum siap 100%. Kapan Anda siap memulai bisnis? Kapan Anda siap menikah? Kapan Anda siap mandiri? Jawabannya tidak tahu, kita hanya menjalankan saja (just do it).

 

Permasalahan yang sebenarnya Anda hadapi adalah Anda tidak siap untuk menanggung kegagalan.

 

Saran dari kami: Banyak sekali pebisnis di dunia ini yang pernah mengalami kegagalan. Salah satu perbedaan seseorang belajar bisnis di sekolah dan di dunia nyata adalah:

  1. Jika Anda belajar bisnis di sekolah, Anda dapat jawabannya (teori) baru Anda diuji.
  2. Jika Anda belajar bisnis di dunia nyata, Anda dapat ujiannya baru Anda mendapat jawabannya.

 

Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui bahwa, kegagalan ada bukan untuk dihindari.

Apa Alasan Utama Anda Tidak Segera Memulai Bisnis Anda - Finansialku

[Baca Juga: 90+ Cara Milliarder Bangkit dari Kegagalan yang Harus Anda Ikuti]

 

#3 Kurang Percaya Diri

Kurang rasa percaya diri sebenarnya adalah bentuk asli dari rasa ketakutan. Anda kurang percaya diri karena Anda takut gagal. Padahal menurut Mahatma Gandhi, apa yang Anda percayai bisa mempengaruhi takdir Anda.

 

Your beliefs become your thoughts, Your thoughts become your words, Your words become your actions, Your actions become your habits, Your habits become your values, Your values become your destiny.

Mahatma Gandhi

 

Jika kita mempercayai bahwa kita tidak percaya diri, maka takdir kita juga akan menjadi orang yang tidak percaya diri. Jika Kita mempercayai sebuah kegagalan adalah hal yang buruk (padahal bisa jadi kegagalan bukan hal yang buruk), maka Kita tidak akan berani mengambil risiko tersebut.

Kenapa Entrepreneur Perlu Melakukan Kesalahan - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Mengapa Entrepreneur Perlu Melakukan Kesalahan?]

 

#4 Tidak Mampu / Tidak Memiliki Skill untuk Menjalankan Bisnis

Kemampuan atau skill menjalankan bisnis seharusnya tidak didapatkan hanya dengan membaca buku atau lulus kuliah. Membaca buku dan lulus kuliah memang membangun wadah atau context. Namun terkait dengan isi atau konten, setiap calon pebisnis harus berani mencoba, berani melakukan kesalahan dan mau belajar dari kesalahan-kesalahan yang dibuat.

 

#5 Tidak Memiliki Pendanaan

Banyak orang menunda memulai bisnis karena masalah modal atau tidak memiliki akses. Mungkin saja itu alasan yang tepat untuk orang-orang zaman dahulu, namun tidak untung orang-orang zaman sekarang. Sebenarnya banyak orang-orang yang memiliki uang di luar sana, yang bisa mendanai bisnis Anda. Pertanyaannya apakah Anda yakin dengan bisnis Anda dan berani untuk meminta pendanaan?

 

Permasalahan yang sebenarnya Anda hadapi adalah Anda takut gagal dan menghilangkan uang orang lain. Jika Anda berpikir seperti itu, maka Anda tidak akan pernah bisa berhasil menjalankan bisnis.

Kisah Sukses Aaron Patzer pendiri Mint dan Serial Entrepreneur - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Aaron Patzer pendiri Mint.com]

 

Saran dari kami: Setiap investor selalu memahami risiko yang dihadapinya dalam menjalankan bisnis. Mereka juga tahu banyak bisnis yang mengalami kegagalan, dibandingkan bisnis yang berhasil. Jika mereka merasa ide Anda terlalu berisiko, mereka (investor) juga tidak akan mau berinvestasi ke Anda.

 

Mengubah Mindset dan Melakukan Hal yang Benar

Dari penjelasan di atas, pada dasarnya alasan utama yang menyebabkan seseorang sulit memulai bisnis karena mindset mereka yang salah. Mereka masih mengalami takut gagal, takut kehilangan uang dan takut menghilangkan uang orang lain. Ubah cara pikir itu, berpikirlah nothing to lose dan bekerja maksimal. Itulah hal yang benar. Selamat mencoba.

 

Apakah Anda menunda menjalankan bisnis memang karena takut gagal dan takut kehilangan uang (uang Anda dan uang investor)?

 

Referensi:

  • Kim Kiyosaki. 23 Juni 2016. The Real Reason You Haven’t Started Your Business. Richdad.com – http://goo.gl/9uQcdf

 

Sumber gambar:

  • People Afraid – http://goo.gl/i1qRsa

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang