Mengapa seorang entrepreneur perlu melakukan kesalahan? Seberapa penting seorang entrepreneur perlu melakukan kesalahan? Apakah entrepreneur perlu menyesal, karena melakukan kesalahan?

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up

 

5 Alasan, Mengapa Entrepreneur Perlu Melakukan Kesalahan

Ketika Anda memulai bisnis, tentu Anda dipenuhi dengan harapan dan semangat untuk menjadi sukses. Seiring berjalannya waktu, tentu saja entrepreneur mulai melakukan kesalahan-kesalahan. Kesalahan dalam hal operasional, pemasaran, penangan klien dan lain sebagainya. Kesalahan-kesalah tersebut terkadang membuat Anda menjadi kecewa dan kurang bersemangat.

Kenapa Entrepreneur Perlu Melakukan Kesalahan - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Belajar dari Kesalahan adalah Kunci Sukses Menjadi Entrepreneur]

 

Dalam dunia kewirausahaan (entrepreneurship), perlu diingat bahwa kegagalan dan kesalahan adalah hal yang wajar dan tidak dapat dipungkiri. Daripada merasa bersalah dan kecewa karena gagal, sebaiknya Anda belajar dari kegagalan tersebut dan mulai melakukan perubahan. Tentu saja perubahaan agar kedepannya jauh lebih sukses. Berikut ini lima alasan, mengapa seorang entrepreneur perlu melakukan kesalahan:

 

#1 Artinya Anda sudah Mencoba

Apakah Anda salah dalam melakukan perencanaan, persiapan, eksekusi atau lainnya berarti Anda sudah pernah mencoba hal baru. Tidak semua orang berkesempatan untuk mencoba hal-hal baru. Anda perlu bersyukur dengan kesempatan yang telah diberikan kepada Anda.

 [Baca Juga: Kisah Sukses Mark Zuckerberg pendiri Facebook]

 

Banyak anak-anak muda Indonesia yang sudah berhasil membuat sebuah bisnis besar, seperti William Tanuwijaya pendiri Tokopedia, Nadiem Makarim pendidi GoJek, Achmad Zaki pendidi BukaLapak.com, Kevin Unardi pendiri Tokopedia dan lain sebagainya. Tidak ada garansi mereka akan sukses, saat memulai bisnisnya.

Kesalahan atau kegagalan yang paling parah dan tidak boleh Anda lakukan adalah tidak pernah melakukan kesalahan. Tidak pernah melakukan kesalahan berarti Anda tidak mencoba hal-hal baru. Sebagai pebisnis, Anda perlu mencoba teknik-teknik baru, proses yang baru dan berpikir kreatif (think outside the box). Seorang pemimpin berani mengambil risiko yang terukur dan ketika Anda sudah mencoba sesuatu yang baru (apapun hasilnya), Anda sudah berinovasi.

 

#2 Kesempatan untuk Belajar dan Meningkatkan Pengalaman

Dalam kehidupan, pelajaran yang terbaik adalah belajar dari kesalahan. Baik kesalahan yang kita lakukan sendiri maupun kesalahan yang dilakukan oleh orang lain. Waktu-waktu setelah melakukan kesalahan bukanlah waktu untuk merenungi kesalahan, melainkan waktu untuk mengambil kesempatan. Cari tahu apa yang salah dan lakukan langkah-langkah perbaikan.

 

Ada seorang pebisnis sukses yang pernah mengatakan:

Lakukan kesalahan terlebih dahulu dibandingkan dengan kompetitor Anda.

Anonim

 

Hal itu berarti, Anda sudah selangkah lebih maju dibandingkan dengan competitor Anda. Jadi jangan menganggap kesalahan atau kegagalan adalah musuh.

 

#3 Membuat Entrepreneur Lebih Rendah Hati

Tidak semua entrepreneur dapat mengakui kesalahan dan kelemahannya. Anda patut bersyukur jika Anda termasuk orang yang mampu mengakui kesalahan, karena Anda adalah orang yang siap untuk berubah menjadi lebih baik. Orang yang mau mengakui segala kesalahan dan kelemahan, adalah orang yang siap belajar untuk menjadi orang yang lebih baik.

 [Baca Juga: 8 Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Memulai Bisnis Online]

 

#4 Kesalahan dan Kegagalan dapat Menginspirasi Anda

Kesalahan atau kegagalan juga dapat menjadi salah satu motivasi untuk Anda dan tim untuk melakukan hal-hal yang lebih baik. Kesalahan pertama atau kedua akan membuat Anda berpikir lebih keras dan bekerja lebih keras untuk dapat melakukan perbaikan.

 

#5 Sukses akan Lebih Manis

Orang yang pernah melakukan kesalahan, dapat merasakan indahnya kesuksesan. Sebuah kesuksesan adalah hadiah atau reward atas kesalahan-kesalahan yang pernah kita lakukan. Pada saat kita akan memulai bisnis berikutnya kita sudah memiliki pengalaman lebih dalam merencanakan, mempersiapkan eksekusi, melakuan eksekusi dan mengelola bisnis.

 

Ternyata Kesalahan atau Kegagalan ada Manfaatnya

Banyak juga manfaat yang kita dapat, jika kita melakuakn kesalahan. Nah jika Anda seorang entrepreneur, mulailah untuk mensyukuri kesalahan dan kegagalan yang sudah dilakukan. Lakukan langkah-langkah perbaikan dan jadilah lebih baik. 

 

Apakah Anda pernah merasa bersyukur karena pernah melakukan suatu kesalahan?

 

Sumber Artikel:

  • Ryan Bowman. 28 Oktober 2015. 5 Reasons to Embrace Failure. PDRA, Paint Decorating Retailers Associations – http://goo.gl/p20F1d

 

Sumber Gambar:

  • Hiking – http://goo.gl/FT752J

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang