Kisah Sukses Achmad Zaky pendiri BukaLapak.com

Tahukah Anda salah satu startup sukses yang dilahirkan putra bangsa? Inilah, Kisah Sukses Achmad Zaky pendiri Bukalapak.com. Finansialku.com tertarik untuk berbagi kisah mengenai gimana cara Achmad Zaky pendiri Bukalapak.com mengawali bisnisnya.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Success Story

 

Biografi Singkat Achmad Zaky

Achmad Zaky lahir pada 24 Agustus 1986 di kota Sragen, Indonesia. Beliau adalah lulusan teknik informatika dari Institut Teknologi Bandung pada tahun 2004. Saat ini Achmad Zaky berprofesi sebagai pimpinan Bukalapak.com. 

Achmad Zaky mulai mengenal dunia teknologi sejak usia bangku sekolah dasar. Berawal pada tahun 1997, Achmad Zaky mendapat sebuah komputer dan buku-buku pemrograman computer dari salah seorang pamannya. Tak disangka Achmad Zaky memiliki minta atau passion dengan komputer dan pemrograman komputer.

 

Kisah Sukses Achmad Zaky pendiri BukaLapak.com - Perencana Keuangan Independen Finansialku [Baca Juga: Bekerja Menurut Passion]

 

Ketertarikannya dengan dunia informatika, ternyata berlanjut hingga pendidikan bangku SMA.  Achmad Zaky berkesempatan menjadi wakil SMA Negeri 1 Solo, memenangkan ajang olimpiade sains nasional (OSN) bidang komputer. Kemudian tahun 2004 Zaky melanjutkan studinya di jurusan Teknik Informatika, Institut Teknologi Bandung. 

Selama berkuliah, Achmad Zaky sering menjuarai kompetisi-kompetisi teknologi informatika tingkat nasional. Achmad Zaky pernah menjadi juara II kejuaraan Indosat Wireless Innovation Contest tahun 2007. Ia membuat software (perangkat lunak) MobiSurveyor yang digunakan untuk perhitungan cepat survei pemilihan umum. Achmad  Zaky juga pernah mendapatkan Merit Award pada kompetisi INAICTA (Indonesia ICT Awards) pada tahun 2008. 

Prestasinya yang gemilang di bidang pendidikan, mengantarkan Achmad Zaky meraih beasiswa studi ke Oregon State University dari pemerintah Amerika Serikat. Pendidikan tersebut dilangsungkan selama dua bulan pada tahun 2008

 

Berdirinya Bukalapak.com

Setelah lulus dari ITB, Achmad Zaky mendirikan perusahaan jasa konsultasi teknologi bernama Suitmedia. Zaky membuat sebuah website yang menjadi proyek internal perusahaan. Proyek tersebutlah yang menjadi asal kesuksesan Achmad Zaky pendiri bukalapak.com. Tepatnya bukalapak.com dimulai pada tahun 2010.

 

 

Bukalapak.com memiliki visi untuk mengubah hidup banyak orang dengan memajukan UMKM lewat internet. Fase pengembangan Bukalapak.com dapat diselesaikan dalam waktu dua bulan. Setelah selesai tahap pengembangan, Achmad Zaky mengajak para pedagang di mall untuk bergabung di Bukalapak.com. Sayangnya respon yang diberikan para pedagang di mall sangat rendah. Respon positif justru datang dari pedagang kecil. Sejak itu, Achmad Zaky dan tim Bukalapak.com fokus mengajak para pelaku UMKM. Di tahun 2011, Bukalapak.com telah memiliki 10.000 pedagang yang bergabung dan jumlah tersebut terus bertambah.

 

 

[Baca Juga: Pendanaan untuk Bisnis Online]

 

Bukalapak.com pada awalnya lahir dari kantong pribadi para pendirinya. Seiring dengan pertumbuhan yang sangat pesat, pendanaan berasal dari beberapa investor. Beberapa investor yang tertarik mendanai bukalapak.com adalah 500 Startups, Batavia Incubator, IMJ Investment, dan juga Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTEK Group).

 

Pelajaran dari Kisah Sukses Achmad Zaky pendiri Bukalapak.com

Banyak hal yang dapat kita pelajari dari kisah sukses Achmad Zaky pendiri Bukalapak.com, antara lain:

  1. Jangan minder dan ragu, putra-putri Indonesia juga mampu membuat bisnis startup digital yang sukses.

  2. Buat bisnis yang membantu menyelesaikan permasalahan orang banyak. Tahukah Anda apa permasalahan kebanyakan bisnis UMKM? Mereka memiliki produk atau layanan yang bagus, tetapi kurang dalam pemasaran. Yang dibutuhkan adalah bantuan untuk memasarkan produknya.

  3. Pelajaran berikutnya dari Achmad Zaky adalah berani memulai.

  4. Bekerja sesuai dengan minat atau passion. Jadi kerjakan apa yang Anda senangi (do what you love) dan senangilah apa yang Anda kerjakan (love what you do).

 

Menurut Anda apakah kunci sukses dari Bukalapak.com?

 

Sumber:

  • Wikipedia Achmad Zaky –  https://goo.gl/vPVNjH
  • Wikipedia Bukalapak.com – https://goo.gl/2qA6qT

 

Image Credit:

  • Achmad Zaky pendiri Bukalapak.com – http://goo.gl/WRTRP3

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang

 

 

By | 2017-11-14T11:19:29+00:00 November 30th, 2015|Categories: #IndonesianDreams, Tokoh|Tags: , , , |6 Comments

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

6 Comments

  1. ardityo 20 May 2016 at 08:52 - Reply

    Saya tertarik tentang artikel Anda pada keuangan.
    Saya juga memiliki artikel yang sama tentang keuangan yang dapat Anda kunjungi di http://ps-keusyariah.gunadarma.ac.id

    • Finansialku
      Finansialku 4 June 2016 at 18:10 - Reply

      Hi Pak Ardityo, terima kasih sudah berkunjung ke Finansialku.com
      Kami juga akan mengunjungi website Bapak. terima kasih

  2. Widodo Groho Triatmojo 15 September 2016 at 17:40 - Reply

    Salut dengan kesuksesan bapak Achmad Zaky dalam merintis dan membesarkan BukaLapak dot com

    • Finansialku
      Finansialku 17 September 2016 at 10:04 - Reply

      Hi Pak Widodo, terima kasih sudah mengunjungi Finansialku.com
      Semoga kita dapat belajar dari kisah sukses Pak Achmad Zaky.

  3. Diwan 8 November 2017 at 16:53 - Reply

    Bukalapak itu praktek penipuan berkedok pihak ketiga, itu berapa ratus juta milyar uang orang yang tidak kembali di tilap oleh bukalapak. Ini orang harusnya di polisikan saja. Mana tanggung jawabnya atas kehilangan uang ratusan orang yg hilang tidak dikembalikan oleh bukalapak. Penipuan penipu saya adalah salah satu korban dari sekian ribuan korban yng lain. Udah saatnya hentikan praktek bukalapak kita akan laporkan ke polisi

    • Finansialku
      Finansialku 10 November 2017 at 11:11 - Reply

      Hi Pak Diwan
      Terima kasih atas sharringnya, sangat bermanfaat.
      Semoga sharing Bapak, dapat menginspirasi pembaca lainnya.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download