Pendanaan Bisnis Buat Yang Memulai Bisnis Startup

Banyak pebisnis kebingungan mencari sumber pendanaan bisnis khususnya untuk pebisnis pemula (startup). Finansialku.com akan membahas berbagai jenis alternatif pendanaan bisnis.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

2 Tipe Pendanaan Bisnis

Teman-teman pembaca, coba sebutkan jenis pendanaan bisnis yang kamu ketahui! Silahkan tuliskan komentar Anda di bagian bawah artikel ini. Mungkin sebagian ada yang bilang tabungan pribadi, pinjaman bank dan lain sebagainya. Agar lebih mudah, kali ini Finansialku.com akan membuat sebuah pemetaan:

Jenis Pendanaan Bisnis Buat Yang Memulai Bisnis Startup - Perencana Keuangan Independen Finansialku

Sejatinya ada dua jenis pendanaan bisnis yaitu: pendanaan dari uang sendiri dan uang orang lain (other people money). Mari kita bahas satu per satu jenis-jenisnya.

 

Pendanaan Bisnis dengan Uang Sendiri

Pendanaan bisnis yang pertama adalah dengan menggunakan uang sendiri. Artinya Anda harus mengeluarkan uang dari kantong (tabungan, deposito, uang kontan) Anda sendiri. Misal Anda dan satu orang kawan, masing-masing harus mengeluarkan modal awal sebesar Rp 50.000.000 untuk memulai bisnis, maka jenis pendanaan bisnis tersebut adalah tipe satu yaitu pendanaan bisnis uang sendiri.

 Bagaimana Cara Bagi Hasil Keuntungan Usaha - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Cara Bagi Hasil Bisnis Patungan]

 

Dalam industri bisnis online digital, dikenal istilah bootstrapping yang berarti pendanaan awal oleh pendiri bisnis, hingga mencapai satu titik tertentu. Kami akan menjelaskan lebih jelas mengenai tahapan-tahapan dalam pendanaan bisnis pada artikel selanjutnya.

 

Pendanaan Bisnis Uang Orang Lain

Jenis pendanaan yang kedua adalah dengan menggunakan uang orang lain. Jenis pendanaan dengan uang orang lain (other people money) mengharuskan Anda melepas sebagian saham atau membayar bunga utang.

 

Pendanaan Bisnis dengan Melepaskan Ekuitas (Saham)

Pendanaan bisnis dengan melepaskan ekuitas dapat terjadi jika bisnis Anda sudah atau akan menjadi perseroan terbatas (PT). Jika nantinya bisnis Anda berbadan hukum perusahaan perseorangan atau CV tidak ada istilah melepaskan saham.

Cara Bagi Hasil Keuntungan Usaha untuk Investor - Partner - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Cara Bagi Hasil Keuntungan dengan Investor]

 

Pendanaan dengan melepaskan saham, umum terjadi terlebih untuk perusahaan-perusahaan yang akan berkembang pesat. Misal melepaskan 20% saham untuk investor baru. Biasanya dalam industri bisnis online, saham baru dibeli oleh Angel Investor atau perusahaan Venture Capital. Kalau Anda ingin tahu lebih jelas, Anda dapat melihat sumber pendanaan perusahaan sekelas Facebook.

Mark Zuckerberg Facebook - Drop Out dan Jadi Kaya - Bagiamana Orang Kaya Menciptakan Uang - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Mark Zuckerberg pendiri Facebook]

 

Pendanaan Bisnis dengan Utang

Kalau berbicara mengenai pendanaan bisnis melalui utang, Anda pasti tahu kan? Namanya utang pasti ada bunga. Nah bunganya ini ternyata ada yang murah dan mahal. Mari kita bahas yang mahal dulu.

Cara Bagi Hasil Keuntungan Usaha untuk Kreditur - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Cara Bagi Hasil Keuntungan dengan Kreditur]

 

Salah satu pendanaan bisnis dengan utang yang mahal adalah utang pada bank (biasanya kredit usaha berada di interval10% – 15% per tahun) dan pada perusahaan-perusahaan pembiayaan.

Jenis utang yang murah adalah utang kepada supplier atau pemasok. Terkadang ada orang yang juga menggunakan istilah pembayaran di muka. Contoh sebuah rumah makan, paginya berutang sayuran dan daging pada pedagang. Besoknya pemilik rumah makan tersebut, baru membayarkan daging dan sayuran yang kemarin dibelinya. Itu jelas utang, tetapi tidak menggunakan bunga.

 

Contoh kedua, Beli tiket hari ini dengan harga sangat murah, dan terbangnya tahun depan. Nah itu juga jenis pendanaan dari pembeli dengan tipe pembayaran di muka.

 

Kesimpulan

Jadi kali ini teman-teman sudah mengenal jenis-jenis pendanaan bisnis. Bagaimana memilih jenis pendanaan bisnis yang tepat? Finansialku.com akan membahasnya pada artikel berikutnya.

 

Apa saja jenis pendanaan bisnis yang pernah Anda gunakan?

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang

 

By | 2016-12-09T11:13:21+00:00 October 15th, 2015|Categories: #IndonesianDreams, Bisnis|Tags: , , , |0 Comments

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download