Apakah Anda tahu jenis-jenis investasi emas? Sebagian orang pasti sudah tahu investasi logam mulia ANTAM, emas perhiasan, bagaimana dengan investasi di perdagangan emas berjangka? Kali ini Finansialku.com akan bahas lengkap jenis-jenis investasi emas.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Ternyata Investasi Emas ada yang Jenis Real Asset dan Paper Asset 

Sekarang ini banyak sekali pilihan dalam berinvestasi, mulai dari investasi jangka panjang ataupun jangka pendek. Serta dari yang bermodal besar ataupun kecil, bergantung pada rencana keuangan dan kemampuan dari investor.

 

12-jenis-investasi-emas-dari-logam-mulia-perhiasan-emas-hingga-perdagangan-emas-berjangka-2-finansialku

[Baca Juga : 7 Alasan Anda Harus Berinvestasi Emas dan Menabung Emas]

 

Namun di setiap investasi pasti memiliki keuntungan dan kerugian masing-masing. Investasi yang sekarang ini sedang digandrungi oleh sebagian besar orang adalah salah satunya investasi emas. Investasi emas memiliki banyak jenis yang memiliki karakteristik tersendiri. Berikut jenis investasi emas .

 

Investasi Emas dalam Bentuk Real Asset

Salah satu investasi emas yang paling digemari oleh masyarakat Indonesia adalah investasi emas dalam bentu real asset.

#1 Emas Batangan  

Emas batangan adalah emas yang berbentuk batangan atau logam, seperti logam mulia ANTAM. Emas batangan ini merupakan investasi emas yang paling populer dan aman, karena emas batangan dapat dijual dengan mudah dan cepat serta tidak dikenai pajak ataupun biaya lainnya. Sehingga sangat patut sekali untuk dijadikan pilihan dalam berinvestasi.

apakah-benar-ada-pajak-penjualan-emas-sebesar-pph-final-045-01-finansialku

[Baca Juga : Apakah Benar Ada Pajak Penjualan Emas Sebesar PPH Final 0,45% ?]

 

#2 Emas Perhiasan

Saat kita membeli perhiasan emas di toko perhiasan maka kita juga diharuskan untuk membayar lebih banyak dikarenakan adanya ongkos pembuatan emas dan akan dikenai pajak (PPN). Dan saat kita ingin menjual perhiasan emas kembali, biasanya toko perhiasan hanya akan membayar emasnya saja. Jadi ongkos pembuatannya tidak dihitung, sehingga harga jual emas menjadi berkurang. Maka dari itu investasi perhiasan emas sangat tidak disarankan untuk investasi jangka pendek. Investasi emas perhiasan lebih cocok untuk investasi jangka panjang. 

 

#3 Koin Emas

Koin emas sering dijadikan investasi bagi seseorang yang ingin memiliki tabungan untuk mempersiapkan ibadah haji, maka dari itu sering disebut ONH (Ongkos Naik Haji). Investasi ini sebenarnya sama dengan investasi emas lainnya karena memiliki harga yang mengikuti harga mata uang asing (dolar Amerika Serikat) dan aman terhadap inflasi.

7-manfaat-emas-dan-logam-mulia-selain-untuk-berinvestasi-3-finansialku

[Baca Juga : 7 Manfaat Emas dan Logam Mulia, Selain untuk Berinvestasi]

 

#4 Dinar Emas

Dinar emas merupakan sarana investasi yang tahan terhadap inflasi sehingga nilai instrinsiknya tidak menyusut. Di Indonesia, Dinar Emas diproduksi UBPP Logam Mulia PT Aneka Tambang yang telah memiliki kualitas standar internsional dan telah disertifikasi LBMA.

 

#5 Emas Kuno

Emas kuno berbentuk koin yang telah berumur ratusan hingga ribuan tahun. Emas kuno memiliki harga jual tinggi karena memiliki nilai sejarah sehingga sangat baik jika dijadikan koleksi dan sarana investasi.

apakah-investasi-emas-adalah-investasi-yang-cocok-untuk-para-karyawan-3-finansialku

[Baca Juga : Apakah Investasi Emas Cocok untuk Karyawan?]

 

#6 Emas Lokal

Emas lokal (cukim) merupakan emas yang proses pemurniannya dilakukan oleh industri-industri kecil atau industri rumah tangga di suatu daerah. Karena itu, harga emas lokal di masing-masing daerah tidak sama, bergantung pada tingkat kemurniannya.

 

Investasi Emas dalam Bentuk Paper Asset

Selain real asset ada juga investasi emas yang berbentuk paper asset atau non real. Jenisnya juga beragam, ada yang berbentuk sertifikat, perdagangan berjangka dan lain sebagainya. Mari kita bahas satu persatu.

#1 Sertifikat Emas  

Investasi emas tidak hanya dalam bentuk fisik saja tetapi bisa dalam bentuk sertifikat. Sertifikat emas merupakan bukti kepemilikan emas yang tersimpan di bank suatu Negara. Sertifikat emas ini merupakan investasi yang menguntungkan dan aman karena seseorang tidak perlu mengeluarkan biaya penyimpanan emas, berbeda dengan investasi emas dalam bentuk fisik yang membutuhkan biaya penyimpanan di safe deposit box yang ada di bank.

 

#2 Saham Perusahaan Emas

Harga saham perusahaan akan bergerak naik apabila keadaan pasar emas sedang naik. Harga saham perusahaan bergerak naik lebih cepat daripada harga emas fisik. Meskipun menguntungkan, tapi tetaplah berhati-hati karena investasi ini memilki risiko.

NoNama PerusahaanTanggal IPOSaham Syariah 
1.Aneka Tambang (Persero) Tbk. (ANTM)27 November 1997Syariah
2.Merdeka Copper Gold Tbk. (MDKA)19 Juni 2015
3.J Resources Asia Pasific Tbk. (PSAB)1 Desember 2007Syariah

sumber SahamOK.com dan IDX.co.id

 

 

#3Kontrak Emas Berjangka

Dengan perkembangan teknologi yang cepat, maka semakin mudah dalam berinvestasi. Salah satunya emas dapat diperjualbelikan sebagai komoditas di pasar perdagangan berjangka (futures trading). Sehingga seseorang tidak perlu memegang fisik emas, cukup dengan bukti administrasi kepemilikan. Perdagangan emas berjangka termasuk produk trading derivative product, yang memiliki leverage tinggi. 

Kami sarankan sebelum Anda mulai mencoba derivative product trading , pelajari terlebih dahulu skema kerjanya.  

 

Leverage (daya ungkit) yang tinggi dapat membuat Anda untung besar dalam waktu sekejap dan juga sebaliknya.

 

#4 Reksa Dana Emas

Investasi ini tetap memberikan keuntungan pada seseorang tanpa harus menyimpan emas fisik. Reksa Dana Emas ini tidak hanya ditanamkan pada perdagangan emas fisik, namun juga dilibatkan dalam transaksi saham perusahaan pertambangan emas.

Sayangnya di Indonesia belum ada investasi reksa dana emas, (sampai tahun 2017). Jika teman-teman pembaca ada yang mendengar informasi tersebut, silakan share atau beri info melalui kolom komentar di bawah ini, terima kasih.

Sebagai contoh, Finansialku.com mencoba mencari informasi reksa dana emas (equity precious metals) di Amerika. Nama produknya : Fidelity® Select Gold Portfolio 

12 Jenis Investasi Emas Dari Logam Mulia, Perhiasan Emas Hingga Perdagangan Emas Berjangka 3 - Finansialku

Sumber : Fundresearch.Fidelity.com

 

#5 ETF (Exchande Trade Funds) Emas

ETF (exchange trade funds) merupakan jenis reksa dana emas yang sahamnya dapat diperdagangkan di bursa efek (pasar modal). ETF memiliki sedikit perbedaan dengan reksa dana, dimana transaksi jual beli ETF dengan reksa dana berbasis emas melalui lantai bursa.

Di Indonesia belum ada produk investasi ETF emas. Sejauh ini jenis ETF yang ada adalah ETF untuk perdagangan saham. Dalam artikel ini kami coba cari informasi mengenai cotntoh ETF emas.

12 Jenis Investasi Emas Dari Logam Mulia, Perhiasan Emas Hingga Perdagangan Emas Berjangka 4 - Finansialku

Sumber : Bloomberg.com

 

#6 Direct Sales (DS)/Multi Level Marketing (MLM) Emas

Investasi emas dapat ditempuh melalui jaringan perusahaan “penjualan langsung” (direct selling/DS) dan “penjualan berjenjang” (multilevel marketing/MLM). Sayangnya, di Indonesia beberapa oknum perusahaan mempraktikkan teknik pemasaran DM dan MLM untuk modus penipuan dan penggandaan uang. 

 

Mau Investasi Emas dalam Bentuk Fisik (Real Asset) atau Paper Asset, Mulai dari Merencanakan Keuangan

Meskipun investasi emas cenderung aman, Anda juga tetap harus hati-hati dan memantau pergerakan harga emas. Anda dapat mengecek harga emas hari ini melalui website Finansialku. Investor yang bijak dan pintar adalah yang tidak tergiur apapun bahkan yang berkaitan dengan rendahnya risiko dari investasi tersebut. Seorang investor yang professional berinvestasi sesuai dengan rencana keuangan dan rencana investasi yang telah dibuat sebelumnya.

apa-ya-investasi-yang-sesuai-dengan-kepribadian-saya-01-finansialku

[Baca Juga : Investasi Sesuai dengan Rencana Keuangan, agar Tidak Membingungkan]

 

Dengan adanya rencana keuangan dan rencana investasi, Anda tidak akan terpengaruh karena emosi (jual di saat harga turun atau sifat tamak saat harga tinggi), berinvestasi dengan cara yang benar dan memiliki strategi mengelola keuangan saat berinvestasi.

Jangan lupa share dan bagikan Artikel ini kepada teman-teman Anda yang hobi berinvestasi emas, siapa tahu mereka cuma baru tahu investasi logam mulia fisik.

 

Menurut Anda apakah menguntungkan membeli asuransi isi rumah? Silakan share jawaban Anda di bawah ini, terima kasih.

 

Sumber Gambar

  • Future Trading Gold – https://goo.gl/nC7YcY
  • Gold Bullion – https://goo.gl/QhCThD

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang