Apa yang membuat investasi properti begitu menguntungkan? Dari sekian banyak instrumen investasi, properti merupakan salah satu bentuk investasi dengan keuntungan yang menarik. Mari kita bahas beberapa alasan mengapa Anda harus mencoba investasi properti.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

 

Investasi Properti adalah Investasi yang Unik

Anda tentu sudah sering mendengar istilah investasi properti. Properti adalah salah satu bentuk investasi yang skemanya relatif unik. Berbeda dengan investasi reksa dana atau saham, ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan dalam investasi properti. Tetapi jangan salah, Anda perlu tahu bahwa ada banyak juga celah yang dapat dimanfaatkan dalam investasi properti. Jika Anda mampu membuat strategi yang cemerlang, investasi properti dapat memberikan keuntungan yang berlipat ganda dengan cepat.

 3-alasan-mengapa-investasi-properti-sangat-menguntungkan-finansialku

[Baca Juga : Jangan Asal Ikut-Ikutan Investasi Properti]

 

Mari kita bahas beberapa alasan mengapa investasi properti sangat menguntungkan :

 

Keuntungan #1 Cashflow

Investasi properti dapat memberikan keuntungan cashflow atau arus kas yang dapat dinikmati setiap bulan. Pendapatan ini sifatnya pasti, tidak dipengaruhi oleh faktor pasar. Berbeda dengan investasi saham hanya yang menghasilkan capital gain. Pada pendapatan capital gain, ada pengaruh kondisi pasar. Keuntungan yang diperoleh bisa berfluktuasi mengikuti kondisi pasar.

Kata Dolf De Roos Aturan Investasi Properti 100 30 3 1 - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga : Aturan Investasi Properti Ala Dolf De Roos]

 

Salah satu cara yang paling umum untuk mendapatkan keuntungan dari investasi properti adalah dengan menyewakan properti. Penyewaan properti akan memberikan keuntungan cashflow. Keuntungan Anda tidak akan dipengaruhi oleh kondisi pasar. Jika Anda sudah menentukan harga tertentu untuk penyewaan properti per satu periode, maka dalam periode tersebut Anda pasti mendapatkan keuntungan dengan jumlah yang sama. Misalnya :

 

Ricky memiliki sebuah rumah kost yang disewakan secara bulanan. Rumah tersebut memiliki 10 kamar dengan harga sewa Rp 1.000.000 per kamar / bulan. Karena itu setiap bulan Ricky akan mendapatkan keuntungan cashflow sebesar :

10 Kamar x Rp 1.000.000 = Rp 10.000.000 / bulan

 

Keuntungan sebesar Rp 10.000.000 / bulan tersebut tidak mungkin berubah secara tiba-tiba karena pengaruh pasar apapun. Hanya saja Anda harus menyesuaikan harga dengan kondisi properti dan lingkungan sekitarnya. Artinya, risiko investasi akan tetap ada, tetapi risiko tersebut menjadi lebih rendah. Investasi yang menghasilkan keuntungan cashflow seperti ini akan sangat bermanfaat ketika Anda pensiun nanti.

Ketika pensiun Anda tidak akan mendapatkan gaji dari perusahaan lagi, sehingga hanya pendapatan pasif dan pendapatan investasi yang dapat Anda gunakan untuk menutupi kebutuhan bulanan. Tentu Anda menginginkan kepastian bahwa setiap bulan kebutuhan Anda akan tercukupi. Bayangkan jika Anda memanfaatkan keuntungan capital gain untuk kebutuhan bulanan pada masa pensiun. Anda harus was-was apakah pendapatan tersebut dapat menutupi kebutuhan atau tidak.

 

Keuntungan #2 Capital Gain

Selain keuntungan cashflow, investasi properti sekaligus memberikan keuntungan capital gain bagi investornya. Properti adalah aset yang harganya terus meningkat. Apalagi jika Anda memiliki properti di daerah yang strategis. Semakin lama, daerah yang strategis akan semakin penuh sehingga harganya pun semakin mahal. Bagi orang yang tidak mampu membeli properti di daerah strategis akan mencari daerah pinggiran.

Investasi Properti Tidak Sama Dengan Cuma Beli Properti - Beli dengan Bijak - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga : Investasi Properti Tidak Sama Dengan Cuma Beli Properti]

 

Pada akhirnya daerah pinggiran tersebut pun akan penuh dan begitu seterusnya. Karena itulah harga properti cenderung terus meningkat setiap tahunnya. Ketika harga properti sudah meningkat, Anda bisa menjualnya di harga saat ini yang lebih tinggi daripada harga saat Anda membelinya. Disitulah Anda mendapatkan capital gain. Misalnya :

Andi membeli sebuah rumah seharga Rp 1 Milyar pada tahun 2010. Pada tahun 2016 Andi ingin menjual rumah tersebut. Harga rumah tersebut sekarang sudah meningkat menjadi Rp 2 Milyar. Karena itu Andi mendapatkan capital gain sebesar Rp 1 Milyar.

 

Properti memang bukan tipe investasi dengan likuiditas tinggi. Menjual properti bukanlah hal yang mudah karena orde harganya yang tinggi. Tetapi jangan lupa bahwa dengan investasi properti Anda juga bisa mendapatkan keuntungan cashflow. Selama properti tersebut belum terjual, Anda dapat menyewakannya sehingga properti dapat tetap menghasilkan uang.

 

Keuntungan #3 Apresiasi

Keuntungan apresiasi ini memiliki skema yang hampir mirip dengan capital gain. Anda mendapatkan keuntungan dari harga beli properti dengan harga pasarannya saat ini. Perbedaannya, dalam hal apresiasi Anda tidak perlu menjual properti tersebut. Misalnya:

Reni memiliki sebuah ruko yang dibeli pada tahun 2008 seharga Rp 1 Milyar. Saat ini Reni ingin mengambil kredit dengan agunan ke bank Ruko yang dimiliki Reni dapat digunakan sebagai agunan. Bank kemudian akan menilai berapa harga ruko tersebut jika dijual saat ini. Karena harga properti terus meningkat, setelah diperhitungkan bank menghargai ruko tersebut sebesar Rp 2 Milyar. Karena itu Reni dapat meminjam uang sebesar ± Rp 2 Milyar dengan agunan ruko yang dimilikinya. Dengan begitu keuntungan apresiasi yang didapatkan Reni adalah sebesar Rp 1 Milyar. Keuntungan ini didapatkan tanpa harus menjual asetnya.

 

Berbisnis Properti dengan Utang - Bisnis Properti - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[ Baca Juga : Rahasia Pebisnis Properti – Perbanyak Rumah Lewat Utang]

 

Peningkatan nilai aset seperti itulah yang kemudian disebut keuntungan apresiasi. Jika Anda mendapatkan nilai pinjaman yang sangat besar sebagai hasil apresiasi, Anda dapat membeli properti baru lagi. Kemudian gunakan properti tersebut untuk disewakan. Usahakan penghasilan sewa dapat digunakan untuk menutupi cicilan kredit. Dengan begitu properti yang akan bekerja untuk menghasilkan uang bagi Anda. Inilah alasan mengapa investasi properti dapat berlipat ganda dengan cepat.

 

Investasi Properti Memberi Keuntungan Ganda, Bahkan Triple

Investasi properti adalah investasi yang mampu menghasilkan 3 macam keuntungan. Dengan investasi ini, akan sangat mudah menyeimbangkan portofolio investasi Anda. Modal yang dikeluarkan memang tidak kecil, tetapi coba perhitungkan setiap keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Jika mampu mencari celah keuntungan dan membuat strategi cemerlang, investasi Anda dapat berlipat ganda dengan cepat.

 

Apakah Anda pernah memiliki pengalaman unik saat berinvestasi properti? Silakan tinggalkan komentar Anda di bawah ini, terima kasih.

 

Sumber Gambar :

  • Property Investment – https://goo.gl/w6IBUv

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang