Mengapa keluarga Anda harus fokus pada cash flow pada saat mengatur keuangan? Ternyata 3 alasan berikut ini perlu dan penting untuk ketahui, karena salah dalam mengurus cash flow keuangan bisa jadi berantakan.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Fin Quotes

 

3 Alasan Penting Kenapa Keluarga Anda Harus Fokus pada Cash Flow

Mengurus keuangan keluarga memang kelihatan mudah, namun sulit untuk dijalankan. Banyak keluarga (terlebih suami) menyepelekan cash flow atau keuangan keluarga. Sebagai informasi, dalam dunia bisnis cash flow adalah hal yang paling penting untuk memastikan perusahaan tetap hidup. Banyak sekali pebisnis yang meyakini hal tersebut, salah satunya adalah Richard Branson.

 

Bahasa Inggris

Never takes your eyes of the cash flow because it’s a life blood of business.

Richard Branson

 

3 Alasan Penting Kenapa Keluarga Anda Harus Fokus Pada Cash Flow - Finansialku

[Baca Juga : Definisi Arus Kas atau Cash Flow adalah…]

 

Bahasa Indonesia

Jangan lepaskan pengawasan Anda dari cash flow, karena cash flow adalah aliran darah yang menjaga keberlangsungan suatu bisnis.

Richard Branson

 

Berikut ini 3 alasan penting, Anda dan keluarga harus fokus mengurus cash flow keluarga Anda:

 

#1 Cash Flow Minus Berarti Tanda Kehancuran Keuangan

Cash flow dalam keuangan keluarga adalah perbandingan antara pemasukan dengan pengeluaran. Salah satu fenomena dalam mengurus keuangan adalah “fenomena gaji numpang lewat”. Banyak karyawan-karyawan di kota besar sering kali memiliki pola pengeluaran seperti berikut:

  1. Tanggal 25 menerima gaji bulanan (take home pay, setelah dipotong pajak dan iuran-iuran wajib).
  2. Setelah menerima gaji kemudian uang tersebut digunakan untuk bayar utang kartu kredit, cicilan KPR, cicilan mobil dan utang lainnya.
  3. Setelah itu baru dipakai untuk biaya hidup selama beberapa hari kedepan.
  4. Sekitar tanggal 16 atau 17 an, uang di tabungan sudah menipis dan mulai ketergantungan dengan kartu kredit. Pakai kartu kredit untuk biaya hidup.
  5. Siklus berulang kembali dan tidak ada ujungnya, seperti pada gambar di bawah ini:

Ternyata, Jebakan Rat Race yang Membuat Manusia Tidak Bisa Merdeka 2 - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga : Ternyata, Jebakan Rat Race yang Membuat Manusia Tidak Bisa Merdeka]

 

Jika Anda sudah memasuki permasalahan di atas, maka Anda harus segera berubah. Segera keluar dari lingkaran rat-race.

 

#2 Cash Flow yang Buruk Saat Ini, Berdampak ke Masa Depan Keuangan Keluarga (Anak dan Cucu)

Seperti judul di atas, kondisi keuangan Anda di masa depan tergantung pada keputusan yang Anda buat saat ini. Sebelum Anda memutuskan (akan berubah atau tetap menjalani keuangan seperti saat ini), coba bayangkan:

  • Apa yang terjadi jika cash flow keluarga tetap berantakan? Apakah bisa menyekolahkan anak sampai kuliah? Apa kerugian maksimal, jika anak tidak bisa lulus kuliah?
  • Sebaliknya, jika Anda sudah mulai mengubah cash flow dan hidup menjadi lebih baik. Bisa menyiapkan biaya pendidikan anak, bisa memberikan modal untuk anak. Apa saja keuntungan, jika Anda berhasil memperbaiki cash flow dan menyekolahkan anak

 

Hemat Dompet Anda Agar Masa Depan Terjamin dan Sejahtera - Finansialku

[Baca Juga : Tips Mengelola Cash Flow Keluarga Dengan Mudah]

 

Buat pertimbangan dan ajak diskusi pasangan Anda. Ingat pilihan Anda saat ini akan menentukan masa depan keuangan Anda.

 

#3 Cash Flow 0 Positif Belum Tentu Bisa Bebas Secara Keuangan

Cash flow yang 0 dan positif belum tentu Anda bisa bebas dari jebakan rat race. Coba Anda hitung: Berapa lama Anda dapat hidup dengan uang Anda, jika Anda tidak bekerja (menerima penghasilan aktif, gaji, bonus dan tunjangan)?

Cara Mengelola Keuangan Keluarga Versi 2.0 - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga : Cara Mengelola Keuangan Keluarga yang Baik]

 

Jika cash flow sudah nol atau positif, maka tugas berikutnya adalah memastikan uang dan aset Anda bekerja. Perhatikan gambar di atas, perhatikan di poin 4. Apakah Anda sudah memiliki pendapatan dari hasil investasi dan pendapatan pasif?

 

Solusi: Cek Keuangan Anda Saat Ini dan Lakukan Perbaikan

Apakah Anda sudah tahu apakah kondisi keuangan Anda saat ini sudah sehat, sakit ringan atau sakit parah? Silakan cek kondisi keuangan Anda, dengan menggunakan Aplikasi Finansialku.

Iklan Cek Kondisi Kesehatan Keuangan Cek Finansialku 2

 

Setelah Anda mengecek kondisi Anda, mulailah dengan melakukan perbaikan bagian-bagian yang masih buruk. Perbaiki cash flow Anda, dengan cara mengubah cara mengatur keuangan. Ada banyak ahli keuangan yang memberikan petunjuk dalam mengurus keuangan, misalnya:

  • Alexa Von Tobel = 50 : 20 : 30
  • Li Kha Sing = 25:30:20:15:10

 

Kami sendiri di Finansialku.com memiliki pandangan untuk mengubah prioritas pengeluaran. Fokus pada pengeluaran produktif, alih-alih pengeluaran konsumtif. Ikuti pola cara mengelola keuangan keluarga versi 2.0 di atas. Silakan coba Aplikasi Finansialku untuk mulai mengelola dan merencanakan keuangan dengan benar.

Aplikasi Finansialku Iklan 1 - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Jangan lupa bagikan informasi ini kepada teman-teman, saudara dan pasangan Anda, karena mereka juga perlu tahu permasalahan dan solusi keuangan keluarga.

 

Menurut Anda, Apakah mengubah cash flow seperti versi 2.0 di atas sulit? Kesulitan apa saja yang Anda hadapi? Silakan share pendapat Anda, karena perencana keuangan kami akan membantu menjawabnya. Terima kasih.

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang