Bagaimana cara mengelola cash flow keluarga dengan mudah? Lewat artikel kali ini, perencana keuangan independen Finansialku akan berbagi tip untuk mengelola cash flow keluarga dengan mudah.

 

rubrik Finansialku:

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

 

Mengelola Cash Flow Keluarga

Mengelola cash flow keluarga itu mudah, yang susah adalah ketekunan untuk melaksanakannya. Berikut ini 5 tips dari Finansialku untuk Anda:

 

Mengelola Cash Flow Keluarga - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

#1 Buat Anggaran Keuangan Keluarga

Mulailah dengan anggaran untuk memandu pengeluaran di masing-masing posnya. Buat anggaran bersama pasangan agar pasangan dapat mengetahui kondisi keuangan keluarga.

 

#2 Buat Catatan Pengeluaran Harian

Jika dilakukan secara manusia, hal ini memang sedikit memakan waktu, tetapi catatan pengeluaran harian sangat berguna dan membantu. Catatan kecil sangat membantu untuk melakukan perbaikan kondisi keuangan.

Untuk menghemat waktu, Anda bisa memanfaatkan fitur pencatatan keuangan dari Aplikasi Finansialku, yang hanya membutuhkan waktu 5 menit saja.

 

#3 Tingkatkan Pendapatan: Ubah Passion menjadi Pendapatan

Ketika kita berbicara bagaimana caranya agar keuangan keluarga tetap sehat? Sederhana kurangi pengeluaran atau tambah pendapatan.

Jika Anda benar-benar ingin, tentu saja Anda dapat kreatif mengubah passion menjadi sumber pendapatan.

 

#4 Punya Dana Darurat

Sediakan dana darurat untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan yang sifatnya mendadak. Dana darurat idealnya berjumlah 6 – 12 bulan pengeluaran bulanan.

banner -mengupas pentingnya dana darurat

 

#5 Lunasi Utang Konsumtif dan Cicilan

Kalau mau sehat secara keuangan, sebisa mungkin lunasi utang-utang konsumtif dan cicilan, Pastikan Anda tidak melunasi utang yang satu dengan utang kartu kredit yang lain. Itulah sumber masalahnya dan bukan solusinya.

 

Resep Sederhana + Kesungguhan = Kesuksesan

Resep di atas adalah resep yang sangat sederhana, hal terpenting dalam mengelola cash flow keluarga adalah kesungguhan Kita untuk melakukannya. Kesungguhan yang dimaksud artinya kedisiplinan, ketekunan dan kerja keras.

Membuat anggaran dan catatan pengeluaran adalah pekerjaan mudah, tetapi sangat sulit untuk menjadikannya lifestyle kita.

 

Mengubah passion kita menjadi sumber pendapatan baru, terdengar enak. Jika kita jalani belum tentu semuanya berjalan lancar.

Melunasi utang konsumtif, seperti kartu kredit dan cicilan adalah pekerjaan yang cukup berat bagi sebagian orang. Apalagi bagi yang menerapkan strategi gali lubang tutup lubang.

 

Kesimpulan

5 Tips sederhana untuk dapat mengelola cash flow keluarga:

  1. Buat Anggaran Keuangan Keluarga
  2. Buat Catatan Pengeluaran Harian
  3. Tingkatkan Pendapatan: Ubah Passion menjadi Pendapatan
  4. Punya Dana Darurat
  5. Lunasi Utang Konsumtif dan Cicilan

 

Silahkan hubungi perencana keuangan independen Finansialku, untuk mulai merencanakan keuangan keluarga Anda!

 

Hubungi Finansialku