Starter motor maticmu tidak berfungsi sehingga kerepotan saat mesin tiba-tiba mati? Sudah tahu tiga cara memperbaiki starter motor matic ini?

Seringkali starter motor matic tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Sehingga ketika mesin tiba-tiba mati merupakan saat yang sangat menjengkelkan.

Akan tetapi, cara memperbaiki starter motor matic cukup mudah kok! Penasaran seperti apa cara memperbaikinya? Simak terus artikel ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Penyebab Starter Motor Matic Tidak Berfungsi

Motor merupakan salah satu moda transportasi andalan bagi banyak sekali masyarakat.

Mungkin kamu juga termasuk orang yang mengandalkan alat transportasi ini dalam kegiatanmu sehari-hari.

Akan tetapi, semakin tinggi mobilitas yang dilakukan bersama motormu, tentu konsekuensinya adalah akan semakin banyak pula masalah yang muncul.

Sering mogok, karburator yang kotor, injeksi bermasalah, busi yang harus diganti dan sebagainya.

Motor matic, menjadi salah satu jenis motor yang banyak digandrungi. Selain bensin yang relatif irit, penggunaannya pun dirasa simpel dibandingkan dengan motor jenis lainnya.

Tapi di sisi lain ada beberapa kekurangan, terutama dalam segi perawatan yang sedikit lebih kompleks.

Terutama jika motor maticmu mengalami kerusakan atau satu komponennya tidak berfungsi. Nah, satu yang menjengkelkan dari motor matic adalah ketika starter motor tidak berfungsi.

Kredit Kendaraan Motor Terbaik - Finansialku

[Baca Juga: Rekomendasi Helm Motor Terbaik Ini Wajib Kamu Miliki!]

 

Tentu ini sangat merepotkan apalagi kalau motor tiba-tiba mati di jalan. Oleh karena itu, ada baiknya untuk mengetahui beberapa penyebab mengapa starter motor maticmu tidak berfungsi!

Penyebab pertama yakni masalah yang ada pada aki. Komponen ini sangatlah penting sebagai sumber tenaga listrik bagi semua kendaraan, termasuk motor matic.

Jika aki motor bermasalah, maka secara otomatis starter pun juga ikut terganggu.

Kedua, yakni masalah pada rangkaian starter pada motor. Seringkali rangkaian tersebut menjadi penyebab utama starter motor tidak berfungsi.

Penyebab selanjutnya adalah relay starter sebagai saklar elektromagnetik yang tidak berfungsi. Dan penyebab yang terakhir adalah dynamo starter yang sudah tidak berfungsi dengan baik.

 

Cara Mudah Memperbaiki Starter Pada Motor Matic

Penjelasan di atas merupakan beberapa penyebab utama yang sering menyebabkan starter pada motor matic tidak berfungsi.

Kini pertanyaannya adalah bagaimana cara memperbaikinya?

Pada dasarnya cara memperbaiki yang termudah dan efektif adalah mengecek terlebih dahulu komponen-komponen vital yang telah disebutkan sebelumnya.

Motor Mati 3+ Cara Memperbaiki Starter Motor Matic yang Sederhana! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Bingung Ban Bocor Terus? Cek 5+ Tips Memilih Ban Motor Terbaik!]

 

Dengan memeriksanya terlebih dahulu, kamu bisa menentukan langkah selanjutnya apakah bisa diperbaiki atau harus diganti.

Nah, kali ini kami akan memberikan beberapa cara mudah untuk memperbaiki starter motor matic agar dapat berfungsi kembali.

Tanpa berlama-lama berikut adalah beberapa caranya:

 

GRATISSS Download!!! Ebook Panduan Sukses Atur Gaji Ala Karyawan

Mockup Ebook Karyawan

Download Ebook Sekarang

 

#1 Cek Aki

Cara mudah yang pertama adalah kamu harus memeriksa aki terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan aki merupakan sumber energi listrik yang mendukung semua komponen kelistrikan pada kendaraan, termasuk komponen starter.

Kamu bisa menggunakan alat Avometer untuk mengukur ketegangan pada baterai aki.

Dengan cara ini, kamu bisa mengetahui dengan jelas apakah aki memang sudah tidak bekerja dengan baik atau belum. Jika memang sudah jelek, maka kamu harus menggantinya dengan yang baru.

 

#2 Cek Rangkaian Starter

Cara kedua adalah kamu harus mengecek rangkaian starter pada motor.

Mengecek rangkaian motor tidaklah sulit, kamu bisa menggunakan alat multimeter yang bisa mendeteksi adanya rangkaian arus listrik yang putus atau tidak.

Apabila ditemukan kabel yang putus kamu bisa menyambungkannya kembali. Jika tidak memungkinkan kamu harus membeli rangkaian kabel yang baru.

Gaji 3 Juta Beli Motor Sport BISA! Ketahui Cara Keren Ini! 3

[Baca Juga: Mau Beli Motor Bekas? Pertimbangkan Dulu Hal Ini!]

 

Apabila sambungan kabel tidak bermasalah dan hanya disebabkan oleh tombol starter yang kotor, kamu bisa membersihkannya menggunakan ampelas halus. 

 

#3 Cek Komponen Relay Starter

Cara yang ketiga kamu harus mengecek komponen relay starter. Komponen ini sangat penting dan salah satu yang menyebabkan starter tidak berfungsi apabila bermasalah. Cara mengeceknya pun mudah, kamu bisa menyambungkan dua kabel ke aki.

Apabila suara pada relay masih terdengar, maka masih layak untuk digunakan dan coba periksa komponen lain.

Akan tetapi jika tidak, satu-satunya cara memperbaiki adalah menggantinya dengan komponen yang baru.

 

#4 Cek Dynamo Starter

Biasanya pada komponen yang satu ini jarang terjadi kerusakan. Akan tetapi kemungkinan untuk rusak tentu saja ada dan tidak ada salahnya untuk dicek.

Cara memeriksanya pun cukup mudah, kamu hanya perlu menggunakan multimeter. Hubungkan  probe (+) pada dynamo dan probe (-) pada massanya.

Tekan tombol pada starter dan periksa apakah ada arus listrik yang mengalir atau tidak.

Jika ada  arus listrik yang mengalir, maka motor starter pada motormu sudah mati.

 

Selalu Siapkan Ini!

Kerusakan pada motor matic tidak pernah terjadwal. Kita tidak mungkin tahu apa yang terjadi dengan motor kita, bahkan untuk satu detik ke depan.

Kerusakan motor terdiri dari diagnosa yang bermacam-macam. Tidak jarang, kamu harus rela merogoh kocek agak dalam untuk memperbaikinya di bengkel.

Tapi sebenarnya, kamu bisa menghindari itu, lho! Caranya, buatlah anggaran khusus untuk service motor mu setiap bulannya.

Dengan begitu, ketika ada kerusakan pada motor, kamu tidak perlu lagi mengeluarkan uangmu untuk kebutuhan sehari-hari, atau bahkan sampai mengurangi uang tabunganmu.

Lalu, bagaimana caranya membuat anggaran yang benar untuk keuanganmu? Tenang, Finansialku punya jawabannya!

Kamu hanya perlu membaca e-book Finansialku tentang Perencanaan Keuangan di Usia 20-an ini saja!

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Tidak perlu khawatir, karena kamu bisa mendapatkannya secara GRATIS hanya dengan menekan tombol oranye di bawah ini sekarang!

Unduh Gratis di Sini

 

Apabila penjelasan dalam e-book ada yang belum dimengerti, jangan ragu untuk hubungi perencana keuangan di aplikasi Finansialku, ya!

Karena hanya melalui aplikasi Finansialku, kamu bisa melakukan konsultasi secara GRATIS hanya dengan mengubah akunmu menjadi premium.

Hanya Rp 350.000 per tahun, kamu sudah bisa bertanya sesukamu tanpa ada biaya tambahan, lho!

Untuk kamu, kami akan berikan potongan harga Rp 50.000 saat upgrade dengan memasukkan kode CUAN50!

Jadi, tunggu apa lagi? Segera upgrade dan masukkan kodenya untuk dapatkan potongan harga sekarang juga!

 

Nah itu lah beberapa cara mudah untuk memperbaiki starter motor matic agar berfungsi kembali, mudah bukan?

Apakah kamu punya pengalaman dalam memperbaiki starter motor matic? Maukah untuk membagi pengalamanmu pada kami semua di kolom komentar?

Jangan lupa bagikan kepada kerabat atau sahabatmu yang sedang membutuhkan informasi dari artikel ini. Semoga bermanfaat!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 16 Oktober 2017. Cara Mengatasi dan Memperbaiki Starter Motor Matic Dengan Tepat dan Mudah. Caraperbaiki.com- https://bit.ly/3f2C7mo

 

Sumber Gambar:

  • Starter motor matic – https://bit.ly/3f2C7mo
  • Motor Matic – https://bit.ly/2MHY2mE