Punya rencana buat membeli motor bekas? Sebelumnya pertimbangkan terlebih dahulu beberapa hal berikut ini.

Selamat membaca.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Hal Penting yang Harus Dipertimbangkan Saat Hendak Membeli Motor Bekas

Tidak sedikit orang yang tertarik untuk membeli motor bekas, namun di antara mereka juga banyak yang belum mengetahui apa saja yang harus dipertimbangkan dalam memilih motor bekas.

Ketidaktahuan ini akhirnya bisa saja membuat pembeli menjadi kecewa setelah membeli sebuah motor bekas. Untuk itu, sebelum membeli motor bekas, pertimbangkan dahulu hal-hal penting berikut.

 

#1 Pilih Tempat Jual Motor Bekas Terpercaya

Hal pertama yang perlu diperhatikan ialah tempat di mana Anda akan membeli motor bekas, yaitu pastikan penjual benar-benar dapat dipercaya dan setidaknya sudah cukup terkenal dalam menjual motor.

Pasalnya, motor yang Anda beli bukanlah motor yang masih baru, sehingga tidak menutup kemungkinan apabila terdapat penjual yang berbuat nakal atau melakukan penipuan, sehingga Anda dirugikan.

Jika Anda merasa kesusahan dalam menemukan penjual motor terdekat, maka cobalah menanyakan informasi kepada teman atau saudara Anda.

Jika Anda membeli motor bekas langsung pada pemiliknya dan bukan dari showroom jual beli motor bekas, pertimbangkan juga riwayat dari penggunaan motor tersebut.

Mau Beli Motor Bekas Pertimbangkan Dulu Hal Ini! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Begini Prosedur Saat Anda Mengajukan Kredit Motor Resmi]

 

#2 Tentukan Jenis Motor dan Cek Harga Pasarannya

Anda juga perlu menentukan terlebih dahulu jenis motor yang ingin Anda beli. Dengan begitu, Anda akan semakin mudah dalam mencari penjual yang tepat. Sebab terkadang beberapa showroom hanya menjual satu jenis motor saja.

Setelah menentukan jenis motor bekas yang akan Anda beli, Anda bisa langsung mengecek harga motor bekas tersebut di pasaran. Hal ini bertujuan agar Anda mendapat harga yang terbaik.

Perlu Anda ingat, bahwa harga dari sebuah motor bekas juga sangat dipengaruhi dengan kondisi dari motor tersebut. Semakin baik kondisinya, maka harganya juga akan semakin lebih tinggi.

Untuk itu, meski dengan jenis dan tipe yang sama, harga motor tersebut bisa saja berbeda di tempat yang satu dengan tempat yang lainnya.

 

#3 Perhatikan Kelengkapan Surat Kendaraan

Kelengkapan dari surat-surat kendaraan juga merupakan hal yang sangat penting. Sebab tidak sedikit motor yang dijual tanpa dilengkapi surat-surat yang lengkap.

Biasanya motor yang tidak memiliki surat kendaraan merupakan motor hasil pencurian atau bodong, sehingga sering dijual dengan harga sangat murah.

Untuk itu, Anda perlu sangat berhati-hati! Pastikan surat-surat seperti BPKB dan STNK yang ada benar-benar milik motor tersebut, caranya ialah dengan menyamakan nomor yang tertera pada surat-surat dengan yang ada di motor bekas.

Jika tidak sama, maka sebaiknya jangan membelinya sebab Anda bisa saja terlibat masalah dengan kepolisian.

Mau Beli Motor Bekas Pertimbangkan Dulu Hal Ini! 03 - Finansialku

[Baca Juga: Mudah! Cara Klaim Asuransi Motor Hilang Dalam 7 Hari]

 

#4 Cek Kondisi Kendaraan

Sebelum membeli motor tersebut, Anda perlu melakukan pengecekan secara langsung untuk memastikan kondisi kendaraan.

Pengecekan ini bisa mulai dilakukan dengan mengecek fungsi dasar dari motor tersebut, mulai dari fungsi starter, lampu motor, kondisi body motor, hingga suara dari mesin motor tersebut.

Pada dasarnya, motor yang memiliki kondisi yang baik mengeluarkan suara motor yang lebih halus. Sedangkan jika suara motor cenderung kasar, maka terdapat kemungkinan bahwa motor tersebut memiliki gangguan.

Pastikan bahwa Anda membeli motor bekas yang memiliki kondisi bagus, agar nantinya Anda tidak direpotkan dengan berbagai jenis perbaikan-perbaikan lagi. Untuk mengecek kondisi mesin dengan baik, maka Anda bisa membawanya ke ahlinya.

Mau Beli Motor Bekas Pertimbangkan Dulu Hal Ini! 04 - Finansialku

[Baca Juga: Gaji 3 Juta Beli Motor Sport BISA! Ketahui Cara Keren Ini!]

 

#5 Tes Ride

Selain mengecek kondisinya, Anda juga sebaiknya langsung mencoba menggunakan motor bekas tersebut untuk mengetahui kondisi yang sebenarnya, serta untuk melihat apakah Anda nyaman dengan motor tersebut.

Dengan melakukan tes ride Anda akan bisa langsung mendapat penilaian dari kondisi motor tersebut. Misalnya untuk mengecek kondisi rem, kondisi sok dan yang lainnya.

Untuk itu jangan sungkan untuk langsung mencobanya, dan apabila terasa tidak nyaman maka cobalah sampaikan keluhan tersebut kepada penjual motor bekas, dengan demikian Anda akan bisa mengetahui permasalahannya.

 

#6 Tanyakan Riwayat Penggunaan Motor

Anda juga perlu mengetahui riwayat penggunaan motor yang akan Anda beli tersebut, yaitu dengan menanyakannya langsung kepada penjual.

Berkaitan dengan hal ini, sebaiknya Anda menghindari untuk membeli motor yang pernah mengalami kecelakaan berat, sebab hal ini bisa saja masih memiliki dampak yang kurang baik dengan kondisi dari motor bekas tersebut.

Dalam hal ini pun, Anda sebaiknya tidak langsung percaya begitu saja dengan penjual, sebab belum tentu penjual akan menuturkan kebenarannya. Hal ini tentu karena penjual ingin agar barangnya cepat laku.

Dengan demikian, cobalah melakukan pengecekan secara detail atau menanyakannya pada yang ahlinya.

Mau Beli Motor Bekas Pertimbangkan Dulu Hal Ini! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Bayar Pajak Motor Online Semakin Mudah! Ini Caranya!]

 

Jangan Sampai Salah Pilih

Ada begitu banyak motor bekas yang bisa menjadi pilihan Anda dengan harga yang berbeda-beda. Untuk itu, Anda perlu lebih selektif lagi dalam memilih sebuah motor bekas sehingga mendapat motor dengan kondisi terbaik dan harga yang sesuai.

Selain itu, sesuaikan anggaran keuangan Anda untuk membeli motor bekas. Jangan sampai melebihi anggaran yang sudah Anda atur. Oleh karena itu, catat keuangan Anda dengan aplikasi Finansialku yang akan membantu Anda melakukan pencacatan keuangan.

Download aplikasinya di sini.

playstore icon
appstore icon

 

Itulah beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan ketika akan membeli motor bekas. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda.

Jangan lupa sebarkan artikel ini kepada teman Anda yang juga akan membeli motor bekas, ya. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 12 Tips Membeli Motor Bekas yang Penting untuk Diperhatikan. Semisena.com – https://bit.ly/2IwMsZs
  • Deni Kurniawan. 12 Agustus 2019. 7 Tips Membeli Motor Bekas yang Harus Diperhatikan. Moladin.com – https://bit.ly/331OZEH

 

Sumber Gambar:

  • Motor Bekas 1 – http://bit.ly/2TXuqWW
  • Motor Bekas 2 – http://bit.ly/3b2aXda
  • Motor Bekas 3 – http://bit.ly/2ISUbkO
  • Motor Bekas 4 – http://bit.ly/2Wsvt2H