Apakah Anda termasuk orang yang sering gagal menabung? Berikut ini 3 tips cara menabung yang pastinya anti gagal.  

 

Artikel ini dipersembahkan oleh

Halomoney Indonesia Logo

 

3 Tips Cara Menabung yang Anti Gagal

Semenjak usia kanak-kanak, kita seringkali diingatkan dengan sebuah peribahasa, hemat pangkal kaya selain itu juga harus rajin menabung. Sayangnya menabung dan berinvestasi secara rutin dan konsisten sangatlah susah. Terlebih jika motivasi kita kurang. 

4 Cara Menabung yang Pastinya Anti Gagal - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Rahasia Cara Mengatur Keuangan untuk Orang yang Susah Disiplin]

 

Kebanyakan orang mengatakan, alasan sulit menabung karena pengeluaran yang lebih besar daripada pendapatan alias lebih besar pasak daripada tiang. Alasan-alasan klasik seperti gaji kurang, menabung ke bank repot (padahal sudah ada mesin setor tunai), lagi ada diskon dan lain sebagainya.

Managing Director dari situs pembanding produk keuangan paling populer di Indonesia HaloMoney.co.id, Jay Broekman, menyatakan bahwa menabung dengan efektif memerlukan perencanaan yang matang. 

“Ketika seseorang berpikir bahwa uang yang dimiliki saat ini cukup untuk menghidupi hari ini saja, saat itulah orang tersebut menjadi semakin menjauh dari aktivitas menabung. Ada beberapa prinsip menabung yang sebenarnnya mudah dilakukan tanpa berpikir terlalu panjang,” kata Jay.

 

Pada dasarnya, gampang atau susahnya menabung tergantung dengan apa yang dipikirkan dalam otak (mindset). Jika tidak ada motivasi yang kuat, biasanya seseorang akan sulit konsisten menabung. 

[Baca Juga: 90+ Mindset yang Menyebabkan Orang Susah Jadi Kaya]

 

Berikut ini 3 cara menabung yang dipraktekan  sehari-hari tanpa memerlukan kemampuan atau ilmu khusus :

 

Cara Menabung #1 : Prioritaskan 20% Pemasukan di Awal

Agar Anda tidak perlu lupa untuk menabung atau berinvestasi, maka langsung prioritaskan 20% pemasukan. Artinya 20% dari pendapatan Anda langsung dimasukkan unke dalam tabungan atau dibelikan produk-produk investasi. Jika Anda kesulitan dengan 20% di awal, mulailah dengan persentase yang lebih kecil. Setelah itu usahakan agar Anda tidak menggunkaan uang tersebut (jauhkan buku tangbungan dan kartu debit).

 

Mengelola Arus Kas Keluarga - Cash Flow Keluarga - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Cara Mengelola Arus Kas Keluarga]

 

Lihat gambar di atas, jika Anda ingin sukses menabung buatlah prioritas. Jadikan menabung sebagai prioritas utama. Nah setelah Anda menabungkan 20% pendapatan, Anda baru dapat membelanjakan 80% sisanya untuk kebutuhan lainnya, contoh: membeli premi asuransi jiwa, membayar utang dan cicilan serta memenuhi kebutuhan sehari-hari. Perhatikan grafik di atas, jika Anda rajin berinvestasi dan menabung, Anda akan mampu memiliki sumber pendapatan tambahan, yiatu Hasil Investasi. 

 

Cara Menabung #2 : Buat Otomatis Prosesnya

Semua orang tentunya ingin cara menabung yang paling mudah, cepat dan anti gagal. Untuk hal-hal tersebut Anda dapat menggunakan fasilitas auto debet tabungan maupun investasi. Jadi uang Anda akan didebit (ditarik) secara otomatis ke akun tabungan berjangka atau investasi. Anda dapat bertanya dengan bank, biasanya produk-produk tersebut berfungsi untuk tabungan dana pendidikan anak, tabungan dana hari tua (pensiun) dan lain sebagainya. Jadi Anda sudah tidak perlu repot-repot datang ke bank atau menggunkaan mesin setor tunai. 

[Baca Juga: Step by Step Auto Debet Reksa Dana]

 

Cara Menabung #3 : Konsistensi dan Kesabaran

Namanya menabung tentu membutuhkan waktu dan propses. Tidak bisa langsung mendadak kaya dalam satu malam. Tetapi ingat dalam ilmu keuangan dikenal sebuah istilah yang bernama Time Value of Money (TVM) atau Nilai Uang Atas Waktu. Jika Anda dapat konsisten dan sabar menjalani proses menabung, diharapkan uang Anda dapat berkembang. Ingat ada istilah di keuangan yang disebut dengan bunga ber bunga atau compound interest. Coba saja hitung: Jika seseorang menabung atau berinvestasi sebesar Rp 1.000.000 selama 10 tahun dengan hasil investasi 10%, kira-kira berapa jumlah uang orang tersebut di tahun ke 10?

[Baca Juga: Jika Cinta Berinvestasi Selama Masa Penantiannya, Dana Menikah Tentunya Sudah Siap]

 

Yang Penting Prakteknya…

Selamat, Anda sudah mengetahui 3 cara menabung yang paling ampuh. Pertama prioritaskan 20% pemasukan Anda untuk menabung dan berinvestasi. Sebisa mungkin buat prosesnya menjadi otomatis dan terkahir butuh kesabaran. Yuk saatnya Anda coba mempraktekkan ketiga cara menabung di atas.

 

Apakah Anda termasuk orang yang sulit menabungApa permasalahan utama Anda ?

 

Sumber Gambar

  • Loan payoff – goo.gl/NU6qRQ4

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang