Berapa sih uang yang harus kita siapkan untuk hari tua nanti? Kira-kira masuk kategori cukup atau tidak, ya?

Daripada menerka-nerka, simak langkah jitu merencanakan dana hari tua yang akan dibahas di artikel ini.

 

Summary:

  • Banyak orang yang menunda atau sama sekali tidak merencanakan dana hari tua karena godaan gaya hidupnya saat ini.
  • Ada tiga langkah mudah merencanakan dana hari tua supaya aman secara keuangan.
  • Merencanakan dana hari tua dengan matang bisa membuat masa depanmu lebih baik dan terarah.

 

Dana Hari Tua vs Godaan Gaya Hidup

Pernahkah kamu membayangkan, ketika memasuki usia pensiun apakah uang yang dimiliki sudah cukup untuk memenuhi kebutuhanmu?

Mungkin Sobat Finansialku punya jawaban yang beragam.

But anyway, disadari atau tidak godaan gaya hidup saat ini jauh lebih besar dibandingkan tahun-tahun lalu, era 50-an misalnya.

Apalagi kehadiran sosial media yang lekat dengan kehidupan sehari-hari, membuat hidupmu ‘lebih transparan’. Ya, transparan yang dimaksud bahwa semua hal bisa terbuka dan sengaja dibuka ke publik.

Contoh sederhananya, kita bisa tahu apa yang sedang orang lain lakukan. Termasuk kehidupan para public figure, yang dulu rasanya sulit untuk diketahui.

Besarnya godaan gaya hidup itu membuat kita merasa YOLO (You Only Live Once). Secara definisi artinya “nikmatin aja hari ini, masa depan peduli amat”.

Hal ini sering jadi penyebab banyak orang menunda atau tidak sama sekali menyiapkan dana hari tua, karena dirasa lebih sulit dibanding yang seharusnya.

Padahal, masa depan harus direncanakan dari sekarang. Apalagi yang berkaitan dengan keuangan. Kamu bisa ikuti langkah-langkahnya di pembahasan selanjutnya.

[Baca Juga: Ada Apa Denganmu? Masih Muda Kok Ga Punya Rencana Dana Hari Tua?]

 

Langkah Mudah Menyiapkan Dana Hari Tua

Sobat Finansialku, ingin hari tua yang aman secara keuangan, kan? Semua itu bisa terwujud asalkan kamu merencanakannya dengan matang.

Berikut ini beberapa langkah menyiapkan dana hari tua yang mudah dan bisa kamu lakukan:

 

#1 Tentukan Gaya Hidup di Hari Tua

Pertama, menentukan hari tua yang ingin kamu dapatkan bisa dimulai dari gaya hidup. Misalnya, ingin jalan-jalan keliling Indonesia atau bahkan dunia. Ingin hidup sederhana seperti di pedesaan tapi punya aset tanah minimal 1 hektar, atau keinginan lainnya.

Nah, semua pilihan itu kamu yang menentukan. Bukan nanti, tapi pikirkan dari saat ini.

 

#2 Tentukan Usia Pensiun

Selanjutnya, jika kamu telah paham gaya hidup yang diinginkan untuk hari tua kelak. Maka tentukan kapan definisi hari tua tersebut atau usia pensiun sesuai versimu.

Misalnya, ada yang beranggapan usia 50 tahun sudah tua. Tapi ada juga yang berpikir usia pensiun dari pekerjaan bisa dari 40 tahun karena ingin financial freedom.

Kira-kira, kamu akan berhenti bekerja di usia berapa?

Hal ini sangat berpengaruh pada jumlah dana hari tua yang ideal untuk dimiliki dan jangka waktu persiapannya.  

 

#3 Hitung Kebutuhan Dana Hari Tua

Last but not least, langkah yang ketiga waktunya kamu menghitung kebutuhan dana hari tua supaya keuangan yang nantinya dimiliki sudah bisa dikatakan cukup.

Kamu bisa menghitung dengan parameter yang sudah disebutkan di atas menggunakan kalkulator Finansialku.

mockup Dana hari tua

 

Selain itu, kamu bisa memasukkan parameter tambahan. Misalnya dana yang dimiliki saat ini, asumsi inflasi dan asumsi tingkat hasil investasi per tahun yang bisa dicapai.

Jika melihat data historikal maka inflasi yang digunakan sebesar 3-5 %. Sementara investasi, tergantung dari jenis investasinya.

Investasi saham bisa memperoleh diatas 15% per tahun. Tapi angkanya pun bisa berubah, sesuai dengan pemilihan sahamnya.

Sebab ada beberapa hal yang mempengaruhi, seperti pemahaman tentang valuasi saham, produk atau jasa yang dijual oleh perusahaan, dan GCG perusahaan yang sahamnya dibeli.

Selain itu, kamu juga harus memperhatikan pemilihan produk investasi lainnya. Pilih jenis investasi yang tepat dan sesuai kebutuhan, supaya dana hari tua bisa tercapai.

Sebagai referensi dalam merencanakan dana hari tua, kamu bisa tonton video berikut:

 

Mewujudkan Hari Tua Bahagia

Sobat Finansiaku, kamu ingin hari tua yang bahagia, kan?

Hal itu tidak akan jadi angan-angan belaka, salah satunya jika kamu merencanakan dana hari tua.

Jangan sampai kamu menyia-nyiakan waktu begitu saja. Hingga berujung penyesalan karena hari tua tidak seindah yang diharapkan.

Jika kamu masih bingung untuk memulainya, jangan ragu untuk konsultasi dengan perencana keuangan Finansialku yang siap membantu persiapan hari tuamu supaya lebih baik dan terarah.

Kamu juga bisa diskusi apapun seputar keuangan melalui aplikasi atau buat janji langsung melalui whatsapp +62 851 5866 2940.

Banner Konsultasi WA

 

Kamu sudah siap merencanakan dana hari tua? Yuk, lakukan sekarang juga!

Jika ada hal yang ingin ditanyakan, kamu bisa tulis di kolom komentar. Jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman dan kerabat terdekat. Terima kasih.

 

Editor: Ismyuli Tri Retno