Ada Apa Denganmu? Masih Muda Kok Ga Punya Rencana Dana Hari Tua?

Masih muda kok ga punya rencana dana hari tua? Apa yang Anda pikirkan sebagai orang muda di dalam masa muda Anda?

Masa muda merupakan masa dimana kita masih mempunyai banyak hal produktif yang dapat dilakukan. Dan ketika kita masih muda, tentu saja ada banyak impian yang ingin kita raih.

Pertanyaannya, apakah Anda pernah memikirkan tentang hari tua ketika masih muda? Apakah Anda sudah merencanakan dana hari tua Anda sejak Anda masih muda? Apa akibatnya jika Anda tidak memikirkannya selagi Anda muda?

Mari kita simak rubrik berikut.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Ga Punya Rencana Dana Hari Tua?

Memang sangat jarang sekali orang yang memikirkan tentang perencanaan dana hari tua, apalagi jika kita masih muda.

Padahal melakukan perencanaan untuk dana hari tua haruslah dilakukan sedini mungkin, kenapa?

Karena masih ada jangka waktu yang panjang dan lama untuk menyiapkannya, sehingga kita dapat menyiapkannya dengan jumlah yang relatif lebih kecil dan tidak signifikan.

Dana hari tua memegang peranan yang cukup penting ketika kita ingin menikmati hari tua dan menjadi produktif di hari tua.

Dengan memiliki dana hari tua, maka kita dapat mengisi hari tua kita dengan hal yang produktif dan berdampak, daripada hanya memenuhi kebutuhan hidup kita dengan pekerjaan yang belum tentu kita senangi.

Ada Apa Denganmu Masih Muda Kok Ga Punya Rencana Dana Hari Tua 02 - Finansialku

[Baca Juga: Masih Usia 30 an, Apakah Perlu Merencanakan Dana Pensiun?]

 

Selama kita masih muda, kita sudah bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan hidup baik di tempat yang kita sukai atau tidak kita sukai.

Apakah hari tua juga akan berjalan seperti itu? Itu akan tergantung dari bagaimana kita merencanakan hari tua kita.

Biasanya orang baru mulai melakukan perencanaan dana hari tua pada saat berusia 40 an keatas ketika mendekati masa pensiun kerja atau ketika hari tua mereka sudah dekat.

Tetapi ternyata ada banyak kerugian apabila kita menyiapkan dana hari tua kita dalam jangka waktu yang pendek seperti itu.

Orang-orang yang demikian mendadak memiliki kebutuhan untuk mempersiapkan dana hari tua dalam jumlah yang cukup besar untuk menyiapkan dana hari tua mereka.

Tidak sedikit orang yang akhirnya gagal untuk menyiapkan dana hari tua mereka.

 

Akibat Tidak Punya Rencana Dana Hari Tua

Jika kita tidak memiliki perencanaan dana hari tua, maka akan ada beberapa akibat yang mungkin saja dapat terjadi.

Salah satu akibat yang mungkin terjadi adalah tidak adanya dana hari tua. Tidak adanya atau kurangnya perencanaan, membuat kita terlambat menyiapkan dana hari tua, sehingga pada waktu kita ingin menyiapkan atau pada waktu hampir mendekati hari tua, dana tersebut sudah terlalu besar untuk disiapkan.

Pada akhirnya, dana tersebut gagal untuk kita siapkan.

Akibat tidak memiliki dana hari tua, maka ada kemungkinan bahwa Anda harus tetap bekerja di hari tua Anda, atau pada saat masa pensiun Anda, Anda harus mencari pekerjaan lainnya agar dapat memenuhi kebutuhan hidup Anda di hari tua.

Mengenali Kelebihan dan Kekurangan Jika Pensiunan Kembali Bekerja Setelah Pensiun 01 - Finansialku

[Baca Juga: Bisa Berlarian Kesana-Kemari dan Tertawa Disaat Pensiun, Karena Perencanaan Dana Pensiun]

 

Itu berarti kesempatan Anda untuk dapat menikmati hari tua dan melakukan sesuatu yang selama ini Anda sukai di hari tua menjadi tidak memungkinkan. Dan juga agar lebih berdampak di hari tua pun tidak dapat dilakukan apabila Anda belum memiliki rencana dana hari tua.

Apabila Anda tidak memiliki rencana dana hari tua atau Anda terlambat untuk merencanakan dana hari tua Anda, maka akibatnya Anda harus menabung lebih banyak karena jangka waktu untuk menyiapkan dana hari tua tersebut semakin pendek.

Untuk menggambarkan penjelasan tersebut, mari kita lihat gambar di bawah ini.

Ada Apa Denganmu Masih Muda Kok Ga Punya Rencana Dana Hari Tua 03 - Finansialku

[Baca Juga: 8 Rahasia Cara Pensiun Di Usia 30 an Dari Kaum Milenial!]

 

Misalnya, setelah Anda merencanakan dan menghitung kebutuhan dana hari tua Anda, Anda ingin mempunyai dana hari tua sebesar Rp2 miliar seperti gambar diatas.

Jika Anda menabung selagi masih muda (25 tahun), maka jumlah yang harus ditabung jauh lebih kecil dibandingkan Anda mulai menyiapkan dana hari tua Anda pada saat usia 35 tahun atau 45 tahun (dekat dengan masanya).

Oleh karena itu, tidak memiliki rencana dana hari tua sehingga terlambat untuk menyiapkan dana hari tua akan sangat merugikan Anda sendiri.

Jika Anda melakukannya dari sekarang, maka Anda tidak perlu menyiapkan dana yang besar dari penghasilan Anda karena jangka waktu Anda untuk hari tua Anda masih panjang.

Iklan Perencanaaan Hari Tua - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Langkah-Langkah Praktis Merencanakan Dana Hari Tua Untuk Anda Yang Masih Muda

Dibawah ini langkah-langkah praktis merencanakan dana hari tua yang dapat Anda lakukan ketika Anda masih muda.

 

Langkah 1

Anda harus mengetahui total biaya hidup Anda selama satu bulan. Tujuannya adalah agar Anda dapat memperkirakan biaya hidup Anda pada saat hari tua nanti.

 

Langkah 2

Setelah Anda mendapatkan total biaya hidup, Anda harus menghitung nilai masa depan dari biaya hidup Anda dengan menggunakan inflasi yang ada, sehingga Anda nantinya mendapatkan total biaya hidup selama sebulan di hari tua Anda (usia pensiun).

Anda dapat menggunakan rumus nilai masa depan, kalkulator finansial atau aplikasi finansial untuk dapat menghitung nilai masa depan dari biaya hidup Anda.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Contoh aplikasi perhitungan nilai masa depan untuk rencana hari tua dari Finansialku.com.

Ada Apa Denganmu Masih Muda Kok Ga Punya Rencana Dana Hari Tua 04 - Finansialku

[Baca Juga: Nyaris Terlambat, Seorang Karyawan Baru Menyiapkan Dana Pensiun di Usia 40 an. Jangan Khawatir Ini Strategi yang Dapat Anda Lakukan!]

 

Ada Apa Denganmu Masih Muda Kok Ga Punya Rencana Dana Hari Tua 05 - Finansialku

[Baca Juga: Para Karyawan Coba Jawab: Umur Berapa Seharusnya Saya Mulai Menyiapkan Dana Pensiun?]

 

Langkah 3

Setelah Anda mendapatkan hasil perhitungan dana hari tua di masa depan. Maka Anda harus menghitungnya dengan berapa lama Anda akan menyiapkan dana tersebut (jangka waktu menabung).

Jika Anda menggunakan Aplikasi perencanaan keuangan dari Finansialku.com, maka Anda akan langsung mendapatkan hasilnya berapa yang harus Anda persiapkan setiap bulannya mulai dari sekarang.

 

Langkah 4

Setelah Anda mengetahuinya, mulailah berinvestasi atau menabung. Seperti yang sudah saya katakan, semakin cepat Anda menyiapkannya, maka jumlah yang ditabung akan semakin kecil.

Setelah Anda mulai menabung atau berinvestasi, Anda harus mengevaluasi hasil investasi Anda setiap setengan tahun (per semester) atau satu tahun sekali.

 

Rencanakan Dana Hari Tua Sedini Mungkin

Jika Anda masih muda, sekaranglah saatnya untuk Anda merencanakan dana hari tua.

Seperti yang sudah Anda ketahui, semakin Anda menunda untuk merencanakan dana hari tua Anda, maka akan ada akibat yang harus Anda tanggung.

Oleh karena itu, bersiaplah dan rencanakan dana hari tua Anda sedini mungkin.

 

Apakah informasi di dalam artikel ini membuat Anda lebih waspada tentang pentingnya dana hari tua? Apakah artikel ini juga menambah wawasan Anda tentang perencanaan hari tua?

Apakah Anda memiliki teman-teman atau rekan kerja yang membutuhkan informasi tentang rencana dana hari tua? Bagikanlah artikel ini kepada mereka!

 

Sumber Gambar:

  • Rencana Dana Hari Tua – https://goo.gl/82Eqft
  • Perencana Dana Hari Tua – https://goo.gl/ytyjiw
  • Dana Pensiun Rp2 Miliar – https://goo.gl/SD3AYa

 

Free Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

By | 2017-12-03T15:58:58+00:00 November 27th, 2017|Categories: Dana Hari Tua, Tujuan Keuangan|Tags: , , , |0 Comments

About the Author:

Ricky Susanto Joeng CFP®
Ricky Susanto Joeng S.Si. S.Kom. CFP® adalah seorang perencana keuangan independen bersertifikasi (FPSB ID: 1300 0406). Memiliki background pendidikan S1 di jurusan Matematika dan Ilmu Komputer, Universitas Bina Nusantara. Memiliki pengalaman di bidang personal finance dan manajemen risiko, personal cashflow, asuransi unitlink dan investasi.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download