Masih Usia 30 an, Apakah Perlu Merencanakan Dana Pensiun?

Masih usia 30 an, apa perlu merencanakan dana pensiun? Usia 30 an merupakan usia dimana Anda mungkin sudah mengetahui kemana Anda akan pergi, apa tujuan hidup Anda dan di bidang mana Anda akan menjadi seorang profesional.

Banyak sekali peluang dan kesempatan yang akan terbuka bagi Anda di usia 30 an. Dana pensiun pastinya bukan salah satu hal yang terpikirkan di dalam bayangan Anda pada saat Anda berusia 30 an.

Jadi, apakah perlu merencanakan dana pensiun di usia 30 an? Jawabannya akan Anda ketahui di rubrik berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Tantangan Di Usia 30 an

Setelah orang menginjak usia 30 an, biasanya mereka sudah mulai terbuka dengan apa yang ingin mereka lakukan. Mungkin Anda salah satu orangnya.

Anda sudah mulai mengerti apa yang ingin Anda lakukan dan bagaimana masa depan Anda nantinya.

Anda mulai mencari-cari usaha apa atau peluang apa yang dapat Anda lakukan untuk karier yang lebih baik, penghasilan yang lebih baik atau menjadi profesional di salah satu industri.

Ada banyak sekali hal yang dapat Anda lakukan di usia 30 an. Tantangan demi tantangan akan datang untuk meningkatkan kapasitas Anda menjadi seorang master di dalam bidang pekerjaan Anda.

Bukan hanya tantangan, tetapi juga akan banyak sekali tujuan-tujuan yang ingin Anda lakukan.

Usia 30 adalah usia dimana Anda sedang menuju puncak dari masa produktif Anda. Anda akan merasa bersemangat sekali untuk mengejar semua impian Anda.

Masih Usia 30 an, Apakah Perlu Merencanakan Dana Pensiun 02 - Finansialku

[Baca Juga: 8 Rahasia Cara Pensiun Di Usia 30 an Dari Kaum Milenial!]

 

Keinginan untuk berkeluarga, membeli rumah pertama, membuka usaha, mempunyai anak, jalan-jalan keliling dunia dan masih banyak lagi menjadi hal-hal yang mungkin ada di benak Anda ketika Anda sedang produktif di usia 30 an.

Itulah yang mempengaruhi Anda ketika Anda merencanakan keuangan di usia 30 an. Anda akan lebih banyak merencanakan tujuan keuangan yang bersifat membangun aset dan kenyamanan hidup Anda.

Di masa seperti ini, sangat jarang sekali terbersit di dalam benak Anda untuk menyiapkan dana pensiun.

Anda akan berpikir bahwa dana pensiun dapat terbentuk dengan sendirinya nanti jika karier Anda membaik, usaha Anda berkembang dan Anda memiliki aset yang banyak.

 


 

Mungkin ada benarnya ketika Anda berpikir bahwa jika Anda meningkatkan aset-aset, usaha Anda dan kemampuan Anda dalam bekerja, Anda akan memiliki dana pensiun nantinya.

Tetapi, jika Anda tidak memiliki suatu perhitungan dan tujuan yang pasti untuk dana tersebut, Anda tidak akan tahu sudah sampai manakah Anda berjalan.

“Waktu pensiun masih lama, untuk apa memikirkannya di usia 30 an?” Itu yang suka menjadi pemikiran sebagian besar orang.

 

Waktu Pensiun Masih Lama

Memang ketika usia kita 30 an atau bahkan baru menginjak usia 30, pensiun merupakan sesuatu hal yang masih jauh, bahkan dapat menjadi akhir dari perjalanan kita sebelum kita meninggal dunia. Tetapi sebenarnya masa pensiun dapat menjadi sebuah awal jika kita merencanakannya sedini mungkin.

Waktu pensiun yang masih panjang merupakan suatu keuntungan bagi Anda yang sudah mulai mempersiapkan dana pensiun.

Coba perhatikan gambar dibawah ini yang saya temukan.

Masih Usia 30 an, Apakah Perlu Merencanakan Dana Pensiun 03 - Finansialku

[Baca Juga: Jaminan Pensiun Program BPJS Ketenagakerjaan: Apakah Benar Mendapat Gaji Bulanan saat Sudah Pensiun?]

 

Seperti yang diilustrasikan oleh gambar diatas, ternyata dengan jangka waktu yang lebih lama, kita dapat menyiapkan dana pensiun dengan lebih ringan.

Kalau begitu, apakah perlu merencanakan dana pensiun di usia 30 an?

 

Apakah Perlu Merencanakan Dana Pensiun di Usia 30 an?

Dengan ilustrasi diatas, kita mungkin dapat setuju, bahwa dengan merencanakan sedini mungkin untuk suatu tujuan keuangan di masa depan, kita dapat mengumpulkannya dengan lebih mudah dan lebih ringan.

Tetapi, tentu saja ada pemikiran lain bahwa kita dapat menyiapkannya juga ketika kita sudah memiliki aset yang banyak dan usaha yang maju.

Saya tidak menentang dengan pemikiran tersebut, memang ada banyak cara untuk mengumpulkan dana pensiun Anda. Tetapi yang terutama adalah Anda harus memiliki perencanaan untuk bagaimana Anda akan pensiun nantinya.

Cara menabung sedikit demi sedikit untuk mendapatkan dana pensiun adalah cara yang paling mudah dibandingkan cara lainnya.

 

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Ada cara lain untuk mendapatkan dana pensiun, yaitu dengan meningkatkan penghasilan pasif Anda dibandingkan penghasilan aktif Anda.

Cara ini juga membutuhkan perencanaan karena tentu saja meningkatkan penghasilan pasif dibutuhkan banyak aset dan pengelolaan uang yang baik.

 

Pensiun Adalah Sebuah Awal

Jika Anda berhasil merencanakan pensiun Anda dengan baik, maka pensiun dapat menjadi sebuah awal bagi Anda untuk berkarya.

Sebenarnya pensiun bukan berarti kita berhenti bekerja dan berhenti produktif. Saya rasa tidak ada orang di dunia ini yang hanya ingin berdiam diri dan tidak melakukan sesuatu sama sekali.

Pensiun dapat berarti Anda dapat melakukan sesuatu yang lebih produktif dibandingkan pada saat Anda mencari penghasilan dan mengumpulkan aset.

8 Bisnis yang Menguntungkan untuk Pensiunan yang Dapat Menambah Pemasukan 02 - Finansialku

[Baca Juga: Nyaris Terlambat, Seorang Karyawan Baru Menyiapkan Dana Pensiun di Usia 40 an. Jangan Khawatir Ini Strategi yang Dapat Anda Lakukan!]

 

Di masa pensiun, Anda dapat melakukan apa yang Anda sukai dan Anda mahir dalam melakukannya. Anda dapat menjadi lebih berdampak bagi lingkungan Anda atau bahkan negara Anda.

Anda dapat mulai menjadi penasihat atau menjadi pengajar bagi generasi penerus Anda. Anda dapat menjadi pelopor dalam melakukan sesuatu kegiatan yang sudah Anda pikirkan. Ada banyak hal yang produktif yang dapat Anda lakukan.

Oleh karena itu, merencanakan pensiun bukan agar Anda dapat berhenti bekerja, tapi sebaliknya merencanakan pensiun berarti merencanakan bahwa Anda ingin melakukan yang Anda sukai dan bisa lakukan dengan baik tanpa mengkhawatirkan uang lagi.

Pensiun dapat menjadi sebuah akhir dari seluruh perjalanan hidup Anda atau malah menjadi sebuah awal dari perjalanan Anda yang lain.

Anda yang menentukannya sendiri.

 


 

Semua Tujuan Keuangan Butuh Perencanaan

Jadi, apakah perlu Anda merencanakan dana pensiun Anda mulai dari 30 an?

Anda yang dapat menentukannya sendiri, seberapa ingin Anda menikmati pensiun Anda sebagai sebuah awal.

Tetapi satu hal yang pasti, Anda butuh merencanakan segala sesuatu, karena pada saat Anda gagal merencanakan berarti Anda merencanakan untuk gagal.

 

Bagaimana pendapat Anda tentang dana pensiun?

Apakah artikel ini membantu Anda untuk memikirkan lebih dalam tentang pensiun Anda? Apakah informasi ini menambah wawasan Anda tentang perlunya menyiapkan dana pensiun?

Silahkan bagikan artikel ini agar bermanfaat bagi orang lain.

 

Sumber Gambar:

  • Merencanakan Dana Pensiun Usia 30 an – https://goo.gl/4agsLi
  • Merencanakan Dana Pensiun – https://goo.gl/UQ12J5

 

Download Ebook Panduan Berinvestasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

About the Author:

Ricky Susanto Joeng CFP®
Ricky Susanto Joeng S.Si. S.Kom. CFP® adalah seorang perencana keuangan independen bersertifikasi (FPSB ID: 1300 0406). Memiliki background pendidikan S1 di jurusan Matematika dan Ilmu Komputer, Universitas Bina Nusantara. Memiliki pengalaman di bidang personal finance dan manajemen risiko, personal cashflow, asuransi unitlink dan investasi.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download