Para Karyawan Coba Jawab: Umur Berapa Seharusnya Saya Mulai Menyiapkan Dana Pensiun?

Umur berapa Anda seharusnya Anda mulai menyiapkan dana pensiun? Jawaban apa yang ada di benak Anda, ketika Anda mendapat pertanyaan tersebut? Mungkin jawaban Anda akan beragam, mulai dari yang belum memikirkannya sampai dengan harus memikirkannya dari sekarang. Mari kita simak rubrik berikut untuk menemukan jawaban beserta penjelasannya.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Umur Berapa Seharusnya Anda Mulai Menyiapkan Dana Pensiun?

Banyak karyawan yang sedang dalam masa produktifnya seringkali bertanya, “Umur berapa seharusnya saya mulai menyiapkan dana pensiun saya?” Sebenarnya jawabannya adalah kemarin.

 

Anda harus mulai menyiapkan dana pensiun Anda sejak pertama kali Anda menerima penghasilan.

 

Tetapi jika Anda ternyata belum menyiapkan sama sekali dana pensiun Anda, maka waktu yang terbaik untuk mulai menyiapkan dana pensiun Anda adalah hari ini.

Meskipun sebenarnya Anda masih memiliki waktu yang panjang sampai pada masa pensiun Anda, menyiapkan dana pensiun bukanlah tugas yang mudah.

Ada banyak hal yang sebenarnya Anda harus rencanakan untuk masa pensiun Anda, dimana Anda mungkin akan tidak bekerja lagi selama masa pensiun.

Lalu apa yang akan Anda lakukan? Ketika Anda memikirkan hal ini, tentu ini akan berdampak kembali kepada besar dana pensiun yang harus Anda siapkan.

Para Karyawan Coba Jawab Umur Berapa Seharusnya Saya Mulai Menyiapkan Dana Pensiun 02 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Menghemat Uang agar Dana Pensiun Dapat Terwujud?]

 

Anda mungkin akan memulai bisnis, Anda mungkin akan bekerja kembali, melakukan kegiatan sosial, dan lain sebagainya.

Apapun yang Anda lakukan, semakin baik jika Anda mulai memikirkannya dari sekarang, serta menyiapkan dana pensiun Anda dari sekarang.

 

Langkah-Langkah Mempersiapkan Dana Pensiun

Ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mulai menyiapkan dana pensiun Anda.

 

#1 Tentukan Berapa Besar Dana Pensiun Yang Anda Butuhkan

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan besar dana pensiun yang Anda butuhkan. Hal inilah yang nantinya akan menjadi tujuan keuangan Anda.

Untuk dapat menentukan besar dana pensiun yang Anda butuhkan, Anda harus memikirkan terlebih dahulu yang sudah saya katakan diatas, apa yang akan Anda lakukan untuk menjalani masa pensiun Anda.

Karena hal tersebut akan berdampak kepada biaya hidup Anda selama masa pensiun.

Setelah Anda mendapatkan besarnya biaya hidup atau pengeluaran Anda di masa pensiun, Anda dapat menghitungnya dengan menggunakan aplikasi, karena perhitungan tersebut berhubungan dengan inflasi yang terjadi setiap tahunnya.

 

Contoh Aplikasi Finansialku untuk menghitung dana pensiun.

Para Karyawan Coba Jawab Umur Berapa Seharusnya Saya Mulai Menyiapkan Dana Pensiun 03 - Finansialku

 [Baca Juga: Usia Pensiun di Indonesia Bisa Sampai 65 Tahun, Berapa Dana Pensiun yang Dibutuhkan?]

 

#2 Tentukan Berapa Besar Dana Yang Harus Anda Tabung Dari Sekarang?

Setelah Anda menentukan berapa besar dana pensiun yang harus Anda siapkan, maka Anda harus menemukan berapa besar dana yang harus Anda tabung dari sekarang untuk mendapatkan dana pensiun yang Anda butuhkan.

Sebenarnya Aplikasi Finansialku sudah langsung memberikan kesimpulan kepada Anda tentang berapa besar dana yang harus Anda tabung mulai dari sekarang.

Jika Anda memiliki waktu yang masih panjang untuk menyiapkan dana pensiun Anda, maka jumlah yang akan Anda tabung akan lebih sedikit. Mengapa demikian? Karena ketika Anda menabung, ada bunga yang akan Anda dapatkan dan bunga tersebut akan berbunga lagi pada periode berikutnya dan begitu seterusnya.

Oleh karena kekuatan bunga berbunga inilah, semakin lama periode Anda menabung, maka semakin besar hasil yang dapat Anda peroleh atau semakin kecil dana yang harus Anda tabungkan dari awal.

 

Kekuatan Bunga Berbunga

Anda harus memulai menabungkan dana pensiun Anda dari sekarang, karena ada kekuatan bunga berbunga yang dapat membantu melipatgandakan uang yang Anda tabung jika Anda menabungnya sedini mungkin.

Contoh tabel kekuatan bunga berbunga

Para Karyawan Coba Jawab Umur Berapa Seharusnya Saya Mulai Menyiapkan Dana Pensiun 04 - Finansialku

 

Dari tabel tersebut, Anda dapat melihat, jika Anda menabung Rp1,2 juta rupiah secara konsisten selama 10 tahun, dengan tingkat pertumbuhan 10% per tahunnya dan bunga berbunga, maka Anda akan mendapatkan Rp20 juta.

Tetapi jika Anda menabung secara konsisten menabung selama 20 tahun, maka Anda tidak akan mendapatkan Rp40 juta tetapi Rp70 juta.

Lihat bagaimana kekuatan buang berbunga akan dapat membantu Anda untuk menyiapkan dana pensiun Anda dan mencapai tujuan hari tua Anda.

Untuk Dana Pensiun Nanti Pilih Mana Reksa Dana, BPJS Ketenagakerjaan atau DPLK 01 - Finansialku

[Baca Juga: Untuk Dana Pensiun Nanti Pilih Mana: Reksa Dana, BPJS Ketenagakerjaan atau DPLK?]

 

Jika Anda memulai dari sedini mungkin untuk menabung, apalagi mulai dari usia Anda bekerja, berarti Anda mempunyai waktu selama kurang lebih 30 tahun untuk menyiapkan dana pensiun Anda.

Jika Anda menabung secara konsisten, hanya Rp1,2 juta atau Rp100 ribu setiap bulannya selama 30 tahun, dengan tingkat pertumbuhan 10%, maka Anda dapat memperoleh dana pensiun sebesar Rp227 juta.

Bahkan dengan tingkat pertumbuhan 15%, Anda dapat memperoleh Rp700 juta, jika Anda menabung secara konsisten.

 

#3 Evaluasi Tabungan Pensiun Anda Secara Berkala

Setelah Anda memulai menabung untuk menyiapkan dana pensiun Anda, Anda harus mengevaluasi tabungan pensiun Anda secara berkala.

Karena ketika kita merencanakan, ada beberapa hal yang kita asumsikan, seperti hasil investasi dan inflasi serta kondisi keuangan yang selalu stabil.

Ada kalanya Anda akan menghadapi hal diluar perencanaan Anda yang ada diluar kontrol Anda. Oleh karena itu, evaluasi secara berkala adalah hal yang penting, agar Anda dapat menyesuaikan kembali tabungan pensiun Anda untuk mencapai tujuan yang telah Anda rencanakan.

Para Karyawan, Ini 5 Langkah Meningkatkan Keuntungan Dana Pensiun Anda 01 - Finansialku

[Baca Juga: Para Karyawan, Ini 5 Langkah Meningkatkan Keuntungan Dana Pensiun Anda]

 

Mulai Menyiapkan Dana Pensiun Anda Sejak Dini

Saya tidak tahu dimana posisi Anda sekarang. Tetapi seperti yang telah Anda ketahui, akan jauh lebih baik dan menguntungkan bagi Anda jika Anda mulai menyiapkan dana pensiun Anda sejak dini.

Dengan mulai menyiapkan sejak dini, Anda akan semakin yakin ketika Anda memasuki masa pensiun Anda nantinya. Masa pensiun Anda dapat digunakan untuk hal-hal yang lebih produktif dan berguna.

Setelah membaca artikel ini, semoga Anda semakin tergerak untuk mulai menyiapkan dana pensiun Anda sedini mungkin.

 

Apakah informasi ini membantu Anda untuk dapat memulai menyiapkan dana pensiun Anda? Apakah informasi ini dapat berguna juga untuk orang lain? Berikan komentar Anda pada kolom di bawah ini.

Bagikan informasi ini untuk membantu orang lain mulai menyiapkan dana pensiun mereka.

 

Sumber Referensi:

  • Roger Wohlner. 29 September 2015. What Age Should I Start Planning for Retirement? Gobankingrates.com – https://goo.gl/7gkVeF

 

Sumber Gambar:

  • Asian Couple – https://goo.gl/jRDb1X
  • Mulai Menyiapkan Dana Pensiun – https://goo.gl/YzkmL6

 

Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

About the Author:

Ricky Susanto Joeng CFP®
Ricky Susanto Joeng S.Si. S.Kom. CFP® adalah seorang perencana keuangan independen bersertifikasi (FPSB ID: 1300 0406). Memiliki background pendidikan S1 di jurusan Matematika dan Ilmu Komputer, Universitas Bina Nusantara. Memiliki pengalaman di bidang personal finance dan manajemen risiko, personal cashflow, asuransi unitlink dan investasi.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download