Bagaimana Cara Menghemat Uang agar Dana Pensiun Dapat Terwujud?

Bagaimana cara menghemat uang agar dana pensiun dapat terwujud? Kita semua tahu bahwa menabung itu penting, tanpa menghemat kita akan sulit untuk memiliki dana darurat, dana hari tua dan dana-dana lainnya. Tetapi seringkali pendapatan kita lenyap begitu saja tanpa tahu pergi kemana, dan akhirnya menabung terasa mustahil karena kebutuhan hidup yang sangat besar. Apakah Anda merasakan hal yang sama dengan saya? Apakah Anda berpikir, begini terus, kapan Anda bisa menabung? Jika Anda berpikir hal demikian, mari kita simak rubrik berikut.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Pentingnya Menghemat Uang

Hidup dengan segala kebutuhan yang harus dipenuhi tidaklah mudah. Pendapatan yang kita dapatkan setiap bulannya bahkan serasa tidak cukup untuk memenuhi semuanya, sehingga banyak sekali orang yang berutang dengan menggunakan kartu kredit. Boro-boro ingin menabung, bahkan untuk hidup dengan pendapatan yang ada saja biasanya sangat sulit. Apakah hal demikian adalah gambaran hidup Anda?

Jika ya, maka Anda berada pada tempat yang tepat. Dibawah ini ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menghemat uang Anda. Menghemat uang merupakan langkah awal bagi kita yang merasa sangat pas-pas’an bahkan sulit untuk menabung. Karena dengan menghemat, kita dapat menggunakan dana tersebut untuk ditabung atau bahkan diinvestasikan.

Bagaimana Cara Menghemat Uang agar Dana Pensiun Dapat Terwujud 02 - Finansialku

[Baca Juga: Ubah 12 Sifat Boros Ini Dan Kamu Akan Menjadi Lebih Hemat Pengeluaran]

 

Sebelum menjalankan cara-cara dibawah ini, Anda harus memiliki pola pikir cukup, bahwa apa yang ada pada Anda adalah cukup untuk keadaan Anda saat ini. Jika kita tidak memiliki pola pikir cukup, maka pada saat Anda mendapatkan penghasilan lebih, Anda juga tidak akan pernah merasa cukup, bahkan harus berutang untuk mencukupi kebutuhan Anda. Oleh karena itu, cukupkan diri Anda dengan apa yang ada pada Anda dan simak beberapa cara menghemat uang di bawah ini.

 

Cara Menghemat Uang

Berikut ini ada beberapa cara menghemat uang yang dapat Anda lakukan agar Anda memiliki keuangan yang sehat.

 

#1 Prioritaskan Kebutuhan Dasar, Utang dan Menabung

Untuk menghemat uang Anda, pada saat mendapatkan penghasilan atau gaji, Anda harus memprioritaskan kebutuhan-kebutuhan dasar, membayar utang dan menabung, baru setelah itu Anda dapat menghabiskan sisanya untuk pengeluaran bulanan Anda. Kebutuhan dasar yang dimaksud disini adalah untuk membayar listrik, air dan makanan.

Jika Anda sudah berkeluarga, maka Anda harus melakukan anggaran rumah tangga sehingga biaya listrik, air dan makanan Anda tidak melebihi penghasilan Anda, tetapi jika Anda masih single, maka Anda dapat memprioritaskan membayar kos, karena Anda masih dapat menghemat uang makan Anda seorang diri.

Kenali Perbedaan Menabung Dan Investasi yang Perlu Anda Ketahui 02 - Finansialku

[Baca Juga: Kenali Perbedaan Menabung Dan Investasi yang Perlu Anda Ketahui]

 

Setelah Anda memprioritaskan kebutuhan dasar, Anda harus memprioritaskan membayar utang yang ada, baik itu kartu kredit ataupun utang lainnya. Kalau bisa sebesar mungkin Anda membayar utang Anda, sehingga tidak ada atau hampir sedikit sekali bunga utang yang ada. Setelah itu jika masih ada lebihnya, Anda dapat menghabiskan lebihnya tanpa menambah utang yang baru. Jika utang Anda sudah lunas, maka uang yang tadinya untuk membayar utang, Anda dapat gunakan untuk ditabung.

 

#2 Berjalan Kaki Ke Tempat Tujuan

Dengan banyaknya transportasi online sekarang ini, terkadang membuat kita dengan mudah untuk menggunakan transportasi tersebut walaupun bepergian ke tempat yang dekat.

Salah satu cara menghemat, Anda harus mengubah kebiasaan tersebut dengan berjalan kaki. Apalagi jika tempat tujuan Anda cukup dekat, sekitar 5-15 menit waktu perjalanan. Selain Anda dapat menghemat, tentu saja berjalan kaki akan membuat tubuh Anda menjadi lebih sehat.

 

#3 Membawa Makanan Dari Rumah

Salah satu cara menghemat lainnya adalah dengan membawa makanan atau bekal sendiri dari rumah. Atau cara yang lain adalah dengan makan di rumah apabila Anda seorang sales atau memiliki rumah yang dekat dengan kantor Anda. Dengan makan di rumah Anda dapat mengurangi budget atau pengeluaran Anda untuk makan diluar, karena bisa saja Anda memasak satu kali untuk makan pagi, siang dan malam.

6 Tips dan Trik Meningkatkan Kesadaran akan Pentingnya Menabung 01 - Finansialku

[Baca Juga: 6 Tips dan Trik Meningkatkan Kesadaran akan Pentingnya Menabung]

 

#4 Mencuci Baju Sendiri

Seringkali di dalam kesibukan kita, kita sudah sangat lelah untuk mencuci baju sendiri. Lebih sering kita menggunakan jasa laundry atau meminta agar baju kita dicucikan. Tetapi jika kita mempunyai waktu, biasa di hari sabtu atau minggu, kita dapat menghemat dengan cara mencuci baju sendiri. Bahkan tidaklah mustahil, uang hasil penghematan kita, dapat kita gunakan untuk membeli sebuah mesin cuci kecil, sehingga Anda tidak perlu menggunakan jasa laundry lagi, dan dapat menghemat lebih.

 

#5 Membeli Barang Second

Barang second tidak selalu identik dengan kualitas yang tidak baik atau jelek. Terkadang, ada barang second yang memiliki kualitas hampir sama dengan yang baru. Sebelum Anda ingin membeli barang-barang elektronik atau barang guna lainnya, ada baiknya Anda melihat ke toko dimana ada menjual barang second.

Mungkin saja Anda dapat menemukan barang yang Anda inginkan dengan kualitas yang masih bagus atau sama seperti baru, dengan harga yang lebih murah dibandingkan Anda membeli barang baru. Tetapi tentu saja tidak semua barang Anda dapat membeli barang second-nya. Anda harus melakukan survei terlebih dahulu.

 

#6 Mengurangi Membeli Pakaian Bermerek

Menggunakan pakaian yang bagus memang merupakan hal yang membanggakan. Tetapi pakaian yang bagus tidak selalu identik dengan pakaian bermerek. Ada banyak pakaian yang tidak bermerek yang masih akan terlihat bagus pada saat Anda memakainya. Anda dapat menghemat dengan mengganti kebiasaan Anda berbelanja pakaian bermerek, dengan pakaian-pakaian bagus lainnya. Kecantikan tidak berasal dari apa yang Anda pakai saja, tetapi berasal dari dalam diri Anda, bagaimana Anda melihat diri Anda cantik dengan menggunakan apapun.

 

#7 Membeli Sesuai Kebutuhan

Setiap orang tentu senang dengan adanya diskon dan potongan. Tetapi diskon dan potongan dapat membuat Anda membeli sesuatu yang sebenarnya tidak Anda butuhkan dan membuat penghasilan Anda menjadi habis tanpa Anda sadari. Jika Anda ingin menghemat, Anda harus dapat membeli apa yang Anda butuhkan saja pada saat itu, bukan tergantung dari diskon yang ada.

Ketahui Perbedaan Kebutuhan dan Keinginan Dalam Mengatur Keuangan Keluarga 01 - Finansialku

[Baca Juga: Ketahui Perbedaan Kebutuhan dan Keinginan Dalam Mengatur Keuangan Keluarga]

 

Akan jauh lebih baik apabila saat Anda membutuhkan barang tersebut, barang tersebut sedang dalam harga diskon. Tetapi jika tidak, Anda tetap harus membeli sesuai dengan yang Anda butuhkan saja.

 

#8 Hindari Menggunakan Kartu Kredit

Kebiasaan menggunakan kartu kredit akan membuat Anda sangat sulit untuk berhemat. Mengapa demikian? Karena Anda diharuskan melunasi kartu kredit tersebut. Apalagi jika Anda tidak dapat melunasinya, maka penghasilan Anda dipaksa untuk membayar bunga utang kartu kredit Anda, sehingga akan semakin sulit untuk berhemat atau menabung.

Hindari atau hentikan penggunaan kartu kredit Anda untuk membeli barang-barang konsumtif. Hanya gunakan kartu kredit apabila Anda ingin mendapatkan promo atau diskon dari barang tertentu, yang sebenarnya tanpa menggunakan kartu kredit pun, Anda memiliki uang untuk membelinya.

 

#9 Tidak Mengikuti Gaya Hidup Mewah

Gaya hidup merupakan masalah terbesar dimana membuat kita sulit untuk berhemat ataupun menabung. Menonton bersama teman di bioskop, nongkrong di cafe-cafe mewah, makan di restoran, dan lain sebagainya, dapat membuat uang Anda habis tanpa Anda sadari. Jika Anda ingin melakukan hal tersebut, Anda harus melakukannya dengan anggaran, tidak mengikuti gaya hidup yang ada.

Hedonisme dan Gaya Hidup Konsumtif yang Dapat Merusak Keuangan Anda 01 - Finansialku

[Baca Juga: Hedonisme dan Gaya Hidup Konsumtif yang Dapat Merusak Keuangan Anda]

 

Karena dengan mengurangi minum kopi di cafe seharga kurang lebih Rp50.000 dan menggantinya dengan minum kopi di tempat lainnya, dapat membuat Anda menghemat lebih dari setengahnya. Makan di rumah dibandingkan makan di restoran juga dapat membuat Anda menghemat sebagian besar uang Anda. Bukan berarti Anda tidak boleh melakukannya, tetapi Anda harus menganggarkan sesuai dengan kemampuan Anda. Tetap prioritaskan yang utama yaitu menabung dan berhemat, hindari gaya hidup yang berlebihan.

 

Prioritaskan Menabung dan Berhemat Click to Tweet

 

Lakukan Dengan Konsisten dan Disiplin

Cara menghemat uang di atas memang bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Untuk melakukan hal tersebut dibutuhkan konsistensi dan disiplin, sehingga nantinya akan menjadi gaya hidup Anda untuk berhemat dan memprioritaskan menabung. Untuk memotivasi Anda berkomitmen untuk menghemat secara konsisten dan disiplin, Anda dapat menentukan tujuan keuangan Anda terlebih dahulu, misalnya menabung untuk hari tua, menabung untuk dana darurat, atau menabung untuk biaya pernikahan, membeli rumah, dan lain sebagainya. Dengan begitu Anda akan lebih berkomitmen untuk secara konsisten berhemat dan menabung. Selamat mencoba!

 

Apakah Anda pernah melakukan cara-cara diatas? Ataukah Anda memiliki cara lain untuk menghemat uang Anda? Bagikan pengalaman Anda.

 

Sumber Referensi:

  • Megan Faustine. 21 Januari 2017. Ingin Kaya Raya? Tiru 11 Cara Menghemat Uang ala Miliarder. Idntimes.com – https://goo.gl/zQt44g
  • Ratna Wahyuningsih. 22 Agustus 2016. Agar Uang Tidak Makin Habis, Lakukan Penghemat dengan Cara Berikut Ini. Cermati.com – https://goo.gl/hHahjZ
  • Rahmadianti Cynthia. 2014. 10 Cara Supaya Uang Bulananmu Nggak Cepat Habis. Hipwee.com – https://goo.gl/bscaYf

 

Sumber Gambar:

  • Pensiun – https://goo.gl/uxgnzb
  • Keluarga Bahagia – https://goo.gl/XVUUBc

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana

About the Author:

Ricky Susanto Joeng CFP®
Ricky Susanto Joeng S.Si. S.Kom. CFP® adalah seorang perencana keuangan independen bersertifikasi (FPSB ID: 1300 0406). Memiliki background pendidikan S1 di jurusan Matematika dan Ilmu Komputer, Universitas Bina Nusantara. Memiliki pengalaman di bidang personal finance dan manajemen risiko, personal cashflow, asuransi unitlink dan investasi.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download