Agar tujuan finansial Anda lebih cepat tercapai, Anda harus meningkatkan kesadaran untuk menabung. Dengan fokus pada keuntungan Anda dalam menabung serta menyesuaikan cara belanja Anda, maka Anda akan lebih merasakan manfaat dari menabung. Kali ini, tim Finansialku akan memberikan cara-cara yang dapat Anda ikuti untuk membuat Anda lebih sadar akan pentingnya menabung.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Kebiasaan Menabung

Kebiasaan menabung merupakan salah satu kebiasaan yang dapat membawa Anda kepada gaya hidup yang lebih baik dan membantu Anda mencapai kebebasan finansial. Menabung dapat dilakukan melalui berbagai cara, baik dengan menyimpan uang di dalam bank secara konvensional atau dalam bentuk deposito.

Menabung juga dapat berupa investasi pada instrumen saham yang risiko dan keuntungannya beragam, dimana beberapa contoh produk investasi antara lain saham, reksa dana, emas hingga properti. Cara menabung sangat mudah, Anda hanya perlu mengalokasikan sebagian penghasilan yang Anda miliki setiap bulannya dan memberikan alokasi pada jenis tabungan yang Anda pilih.

6 Tips dan Trik Meningkatkan Kesadaran akan Pentingnya Menabung 02 - Finansialku

[Baca Juga: Ayo Menabung Demi Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia]

 

Tentunya, bagian dana tersebut artinya mengurangi dana di pos lainnya. Misalnya jika Anda mempunyai penghasilan sebesar Rp5 juta, dimana biasanya Anda menghabiskan seluruh gaji Anda untuk pemenuhan kebutuhan, sekarang karena menabung, Anda harus menghemat Rp2 juta dan mengalokasikan dana tersebut untuk tabungan.

Walaupun begitu, seperti yang telah disebutkan di atas, menabung membawa keuntungan jauh lebih banyak dibandingkan pengorbanan yang sedikit tersebut. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk meningkatkan kesadaran untuk menabung sedini mungkin.

 

6 Langkah untuk Meningkatkan Kesadaran Menabung

Tahap awal untuk meningkatkan kesadaran menabung adalah menyadari bahwa uang yang akan terkumpul adalah uang Anda sendiri, dan untuk Anda sendiri, keluarga serta masa depan Anda. Dibandingkan Anda fokus pada keinginan yang Anda korbankan hari ini, fokuslah pada keuntungan yang dapat Anda petik nantinya.

Misalnya jika Anda dapat menghemat Rp50 ribu setiap harinya untuk uang makan, maka dalam satu bulan uang tersebut akan terkumpul sebanyak Rp1,5 juta. Walaupun jumlah tersebut terdengar kecil, bayangkan jika Anda rutin dan disiplin dalam menabung, maka dalam 2 tahun, Anda dapat mengumpulkan Rp36 juta hanya dengan Rp50 ribu setiap harinya.

Cara Menabung yang Efektif untuk Pasangan Muda - Finansialku

[Baca Juga: Cara Menabung yang Efektif untuk Pasangan Muda Baru Menikah]

 

Berikut adalah 6 tips yang mudah untuk dilakukan dan cepat yang dapat meningkatkan kesadaran Anda untuk menabung sehingga membuat Anda lebih agresif untuk menabung.

 

#1 Cek Kembali Pengeluaran Anda

Jika Anda ingin mempunyai cukup dana untuk ditabung, berarti Anda harus memangkas beberapa pengeluaran. Hal ini dapat dilakukan dengan melihat kembali pengeluaran yang telah Anda lakukan dan mencari cara untuk melakukan perubahan. Misalnya Anda selalu pergi ke bioskop seminggu sekali, agar tabungan Anda dapat bertambah, kurangi frekuensi tersebut menjadi sebulan sekali. Penghematan lainnya dapat dilakukan dari konsumsi makanan, misalnya dengan membawa bekal ke kantor dan menabung uang makan Anda.

 

#2 Carilah Barang Dengan Harga Yang Sesuai

Banyak dari kita yang membeli barang dengan harga mahal seperti barang bermerek atau barang dengan model yang paling baru hanya karena gengsi atau melakukan aktivitas seperti makan di restoran mewah dan berlibur ke luar negeri hanya karena “ikut-ikutan”. Banyak dari aktivitas tersebut ternyata memakan biaya yang cukup tinggi dan mungkin saja Anda tidak melakukannya hanya sebulan sekali. Pikirkanlah kembali apakah keuangan Anda cukup untuk melakukan akvititas atau membeli barang-barang tersebut?

Jangan Pernah Sisihkan Uang untuk Menabung dan Berinvestasi - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Jangan Pernah Sisihkan Uang untuk Menabung dan Berinvestasi]

 

#3 Kepuasan dan Keinginan vs Kebutuhan

Dari aktivitas dan barang-barang yang disebutkan pada poin #2, dari angka 0 sampai dengan 10, dimana 10 berarti Anda sangat puas atau senang, berapa banyak kesenangan yang Anda dapatkan dari masing-masing aktivitas yang memakan cukup banyak biaya tersebut?

Pastinya hal tersebut hanya berdasarkan kepuasan dan keinginan semata dan bukanlah berdasarkan kebutuhan. Anda harus dapat membedakan yang mana merupakan kebutuhan dan yang mana berdasarkan keinginan. Jika Anda dapat melakukan aktivitas sehari-hari tanpa barang tersebut maka barang tersebut dapat digolongkan sebagai keinginan.

 

#4 Fokus Pada Kebebasan Finansial Anda

Kebebasan finansial untuk masing-masing orang berbeda, ada yang kebebasannya berupa mempunyai cukup uang untuk berlibur atau mempunyai rumah tempat tinggal yang mewah dan sebagainya.

Para Karyawan Harus Tahu 9 Cara Menabung untuk Membeli Rumah 1 - Finansialku

[Baca Juga: Para Karyawan Harus Tahu 9 Cara Menabung untuk Membeli Rumah]

 

Dengan fokus pada kebebasan finansial, Anda akan lebih termotivasi untuk menabung. Pikirkanlah hal yang dapat Anda lakukan jika Anda mencapai kebebasan tersebut dan bandingkan dengan kesenangan yang Anda dapatkan dari aktivitas atau produk pada poin #2.

 

#5 Tentukan Prioritas Anda

Manakah yang menjadi prioritas Anda, keuangan yang stabil atau kesenangan sementara dari hal yang Anda inginkan? Ingatlah bahwa hidup adalah sesuatu yang seimbang. Jika Anda ingin mencapai kebebasan keuangan yang Anda dambakan, harus ada pengeluaran yang Anda kurangi.

Dengan menentukan yang mana yang lebih penting untuk Anda maka Anda akan lebih mudah menyisihkan dana untuk menabung. Pengeluaran yang tidak sesuai dengan prioritas Anda, sebaiknya dihilangkan.

 

#6 Tentukan Target Jumlah Tabungan Anda

Resolusi dan target merupakan hal yang harus Anda tetapkan dalam hal menabung. Misalnya Anda harus menetapkan target untuk menabung minimal 20% dari seluruh jumlah penghasilan Anda. Atau Anda dapat menentukan target tahunan. Dengan cara ini, semakin banyak yang Anda tabung, semakin dekat Anda dengan target Anda dan semakin semangat pula Anda akan untuk menabung.

4 Cara Menabung yang Pastinya Anti Gagal - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: 3 Cara Menabung yang Pastinya Anti Gagal]

 

Menabung Agar Masa Depan Aman

Mulailah untuk mengalokasikan dana yang Anda miliki untuk menabung. Berapapun jumlahnya tidak jadi masalah. Hal yang penting untuk dibentuk adalah memiliki kesadaran akan pentingnya menabung. Manfaat menabung akan dirasakan pada masa depan Anda.

 

Apakah Anda mempunyai tips jitu lainnya yang dapat Anda bagikan? Sudahkah Anda mulai menabung dan menentukan target finansial Anda? Berikan pendapat Anda pada kolom di bawah ini sehingga semakin banyak orang yang sadar akan pentingnya menabung. Bagikan juga setiap artikel dari Finansialku.com kepada rekan-rekan Anda. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Team Tony. Mindful Savings – 6 Easy Steps to Get You Thinking More Aggresively. Tonyrobbins.com – https://goo.gl/iwAQsR

 

Sumber Gambar:

  • Menabung – https://goo.gl/KlgGjU
  • Tabungan – https://goo.gl/3LgWVH

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang