Para Karyawan Harus Tahu 9 Cara Menabung untuk Membeli Rumah

Bagaimana cara menabung untuk membeli rumah bagi seorang karyawan? Tidak ada sesuatu yang sulit. Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda lakukan sesuai dengan penjelasan dari artikel berikut ini yang dipersembahan oleh Finansialku.com untuk Anda. Silakan menyimak pemaparan berikut ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Cara Menabung untuk Membeli Rumah

Salah satu kebiasaan buruk yang selalu menjadi penghambat kesuksesan setiap orang adalah sifat malas dan sering menunda pekerjaan atau suatu kegiatan yang sebetulnya dapat memberi keuntungan di masa depan. Kebiasaan buruk menunda untuk melakukan investasi juga memberikan dampak buruk bagi kondisi keuangan kita, apalagi ditambah dengan pola hidup yang konsumtif, tidak hemat, tidak adanya prioritas belanja seperti membelanjakan barang-barang yang merupakan keinginan belaka diluar kebutuhan primer sehari-hari. Mari benahi pola hidup kita agar terhindar dari berbagai hal yang tidak diinginkan di masa mendatang.

Rumah merupakan suatu kebutuhan pokok setiap manusia dan salah satu bentuk investasi yang sangat menjanjikan dan menguntungkan bagi kehidupan kita di masa mendatang. Namun demikian, sebagian besar orang justru menunda dalam mengusahakan untuk memiliki aset yang sudah memberi kepastian keuntungan seperti properti. Begitu banyak alasan yang diberikan namun apabila kita menundanya terus menerus, sampai kapan kita dapat merealisasikannya?

Para Karyawan Harus Tahu 9 Cara Menabung untuk Membeli Rumah 2 - Finansialku

[Baca Juga: Mengatur Keuangan Rumah Tangga: Mulai dari Tabungan]

 

Lakukan Sekarang Juga

Kesempatan tidak datang untuk kedua kalinya. Demikian kata pepatah walaupun ada pula kesempatan yang kemungkinan akan datang berikutnya, namun entah kapan, kita tidak tahu pastinya. Demikian juga usia muda merupakan masa yang tidak akan bisa kembali lagi. Mumpung kita masih muda, masih sehat, masih kuat, masih bisa bekerja dan menghasilkan uang, kenapa kita tidak memulainya sejak dini untuk memiliki rumah dan mewujudkan impian kita.

Investasi rumah setiap tahunnya semakin mahal harganya oleh karena pertambahan nilai. Ini menjadi salah satu unsur positif yang menjadi salah satu keuntungan yang kita dapatkan apabila kita memilikinya. Namun dapat menjadi unsur negatif apabila kita terus menundanya mengingat harga properti kian mahal seiring berjalannya waktu.

Menabung adalah salah satu alternatif yang dapat dilakukan. Namun demikian, menabung untuk memberli rumah merupakan perkara yang cukup sulit untuk dilakukan disamping perlunya komitmen yang tinggi. Berikut ini beberapa cara menabung yang dapat Anda lakukan demi mewujudkan impian Anda untuk memiliki rumah idaman.

Gaji Besar Kok Tidak Punya Tabungan, Ini Penyebabnya - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Gaji Besar Kok Tidak Punya Tabungan, Ini Penyebabnya]

 

#1 Buatlah Tujuan yang Jelas dan Terarah

Dengan adanya tujuan yang jelas, Anda akan semakin terarah, bersungguh-sungguh dan tetap fokus mengejar impian kita. Oleh sebab itu, tetapkan tujuan kita dengan komitmen dan usaha yang keras demi tercapainya tujuan yang sudah kita tegaskan dari awal. Menabung dengan tujuan yang jelas akan lebih efektif ketimbang menabung tanpa memiliki tujuan dan keinginan yang kuat. Tujuan yang ditetapkan juga harus dapat diukur pencapaiannya. Anda dapat menuliskan tujuan Anda yang terukur itu dan menempelkannya pada tempat yang mudah terlihat, terutama di kamar tidur Anda agar Anda terus termotivasi dalam usaha mewujudkannya.

 

#2 Tentukan Nominal

Penentuan jumlah nominal yang akan Anda tabung untuk membeli rumah haruslah jelas sejak awal dan perhitungkan angka nominal yang proporsional agar tidak mengganggu berbagai pos lainnya dalam keuangan Anda.

 

#3 Target Tabungan yang Tepat 

Buatlah sistem aturan pengelolaan keuangan dengan menerapkan target berkala seperti misalnya target mingguan, harian dan lain sebagainya. Dengan melakukan hal tersebut, Anda dapat mengontrol keuangan Anda dan tentu saja akan lebih mudah dan menyenangkan. Target yang ditetapkan jangan terlalu besar agar Anda jangan menjadi malas untuk menjalankannya di kemudian hari.

Fungsi_Tabungan_Sudah_Bukan_Untuk

[Baca Juga: Fungsi Tabungan Bukan Untuk Kaya]

 

#4 Lunasi Semua Utang

Sangat disarankan untuk melunasi segala utang yang merupakan tanggung jawab yang harus dibayarkan. Utang akan menjadi beban pikiran apabila tidak segera dilunasi disamping akan membuat Anda semakin tertekan. Dengan bebasnya Anda dari segala kewajiban pembayaran utang, maka Anda akan semakin mudah dan menyenangkan dalam menjalani proses menabung.

 

#5 Tabungan dalam Bentuk Emas 

Harga emas cenderung stabil nilainya mengingat investasi dalam bentuk ini tidak terpengaruh oleh kenaikan inflasi. Anda dapat mempertimbangkan untuk menabung dalam bentuk emas disamping lamanya waktu yang dibutuhkan dalam merealisasikan impian untuk membeli rumah. Apabila Anda berminat berinvestasi melalui instrumen yang yang satu ini, Anda perlu mempelajari dan mengetahui dengan jelas segala mekanisme dan prosedurnya secara detail dan menyeluruh agar tidak merasa dirugikan dikemudian hari.

 

#6 Pantau Setiap Pengeluaran dengan Cermat

Dalam melakukan pengeluaran, kita perlu lebih cermat dan perhitungan, namun bukan berarti pelit. Dengan perhitungan yang cermat dan teliti, kita terhindar dari kebiasaan yang buruk untuk mengeluarkan sejumlah uang tanpa perhitungan yang jelas. Ingat bahwa satu sen pun adalah uang yang berharga, apabila dikumpulkan dalam waktu yang cukup lama dapat menghasilkan sesuatu yang luar biasa.

Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Apa Lagi Sih: Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera)?]

 

#7 Miliki Pola Hidup Hemat 

Memiliki pola hidup yang hemat memang tidaklah mudah apalagi ketika kita sudah terbiasa untuk menggunakan uang tanpa perhitungan. Dengan hidup hemat, maka kita akan terbebas dari masalah-masalah keuangan di masa mendatang. Kita perlu membiasakan diri untuk menerapkan pola/gaya hidup yang hemat sehingga uang kita dapat dialokasikan pada pos-pos pengeluaran/belanja yang sesuai dan memaksimalkan uang tabungan kita.

 

#8 Cerdas dalam Berbelanja 

Mengingat pos belanja merupakan pos yang utama dalam memenuhi setiap kebutuhan Anda sehari-hari, Anda perlu lebih cerdas dan cermat dalam berbelanja serta mengatur barang kebutuhan Anda setiap bulannya. Sebelum Anda berbelanja, ada baiknya bila Anda menyusun setiap daftar barang yang akan Anda beli. Lakukan pembelian sesuai dengan catatan yang Anda buat dengan teliti dan cermat.

Tabungan Emas, Bisa kok Mulai dari Rp 5.000 - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Tabungan Emas, Bisa kok Mulai dari Rp 5.000]

 

#9 Libatkan Anggota Keluarga yang Lain 

Ajak anggota keluarga Anda dalam merencanakan kegiatan menabung untuk membeli rumah yang nantinya akan dinikmati bersama seluruh anggota keluarga. Dengan demikian, mereka akan senang karena telah dilibatkan dalam proyek keluarga yang penting ini.

 

Kunci: Kedisiplinan dan Komitmen yang Kuat

Kegiatan menabung untuk membeli rumah memerlukan waktu yang tidak sebentar dan pengorbanan yang tidak mudah. Mulai dari sekarang dengan disiplin tinggi dan komitmen yang kuat demi tercapainya impian memiliki rumah idaman di masa mendatang.

12-jenis-investasi-emas-dari-logam-mulia-perhiasan-emas-hingga-perdagangan-emas-berjangka-finansialku

[Baca Juga: 12 Jenis Investasi Emas Dari Logam Mulia, Perhiasan Emas Hingga Perdagangan Emas Berjangka]

 

Disamping komitmen, kedisiplinan dan usaha keras, hal apa saja yang perlu diperhatikan ketika hendak menabung untuk membeli rumah idaman? Berikan komentar Anda pada kolom yang tersedia di bawah ini. Bagi Anda yang memerlukan berbagai panduan dan konsultasi perihal persoalan keuangan Anda, kami, Finansialku.com, partner keuangan Anda selalu siap untuk menolong Anda. Bagikan juga setiap informasi penting yang dipublikasikan oleh Finansialku.com kepada kolega dan kenalan Anda. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Boby Chandro Oktavianus. 14 November 2016. 11 Cara Cerdas Menabung untuk Beli Rumah. Cermati.com – https://goo.gl/q4fxg2

 

Sumber Gambar:

  • Saving Money – https://goo.gl/VEl5UG
  • Family Saving Money – https://goo.gl/rxABbX

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

2 Comments

  1. Yuni 21 October 2017 at 15:09 - Reply

    gimanacaranya iya beli rumah kerja jadi tkw gaji sekitar 7 jt gimana ngatur keuangan nya

    • Finansialku
      Finansialku 8 November 2017 at 12:19 - Reply

      Hi Bu Yuni
      Terima kasih telah menghubungi Finansialku.com
      Menjawab pertanyaan Anda:
      Bu Yuni, bisa cek penjelasan berikut ini:
      Baca artikel : 5 Tahun Kerja Bisa Beli Rumah.
      Semoga jawaban kami dapat bermanfaat.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download