Tabungan Emas, Bisa kok Mulai dari Rp 5.000

Apakah Anda memiliki tabungan emas? Kali ini perencana keuangan independen Finansialku akan membahas mengenai tabungan emas.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Apa itu Tabungan Emas dan Apa Syaratnya

Investasi emas adalah jenis investasi yang paling tradisional dan mungkin saja sudah dijalankan dari zaman kakek nenek. Sekarang ini Pegadaian memiliki program tabungan emas, yang mempermudah masyarakat berinvestasi emas dengan sistem titipan. Jadi untuk teman-teman dengan modal mini, sekarang sudah bisa mulai membeli emas mulai dari berat 0,01 gram.

Tabungan Emas, Bisa kok Mulai dari Rp 5.000 - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Baca Ini Sebelum Mulai Berinvestasi Logam Mulia Antam]

 

Anda dapat mulai membuat tabungan emas dan menyetor sejumlah dana setiap bulannya. Anda baru dapat mengambil tabungan emas jika sudah terkumpul minimum 5 gram emas.

 

Cara Kerja Tabungan Emas

Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat mengunjungi website resmi Pegadaian. Ini dia cara kerja tabungan emas di Pegadaian:

Tabungan Emas, Bisa kok Mulai dari Rp 5.000 - Ilustrasi Konsinyasi - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Investasi Emas untuk Dana Pendidikan Anak]

 

  1. Pertama Anda perlu membuka rekening Tabungan Emas di Kantor Cabang Pegadaian. Syaratnya sederhana, Anda hanya perlu melampirkan fotocopy identitas diri (KTP/ SIM/ Passpor) yang masih berlaku.
  2. Kedua Anda perlu mengisi formulir pembukaan rekening serta membayar biaya administrasi sebesar Rp. 5.000 dan biaya fasilitas titipan selama 12 bulan sebesar Rp. 30.000.
  3. Ketiga proses pembelian emas dapat dilakukan dengan kelipatan 0.01 gram. Contoh jika pada tanggal 17 April 2016, harga emas 0,01 gram adalah Rp 5.350. Jika Anda ingin membeli 1 gram emas, maka harganya adalah Rp 100 gram x Rp 5.350 = Rp. 535.000.
  4. Jika suatu saat Anda membutuhkan dana tunai (uang cepat), saldo titipan emas (tabungan emas) Anda dapat dijual kembali (buyback)ke Pegadaian. Jumlah penjulaan kembali adlaah minimal 1 gram.
  5. Jika Anda ingin mengambil fisik emas batangan, Anda dapat melakukan pesanan cetak dengan pilihan keeping: 5gr, 10gr, 25gr, 50gr, dan 100gr. Anda juga perlu membayar biaya cetak sesuai dengan kepingan yang dipilih.
  6. Jika Anda ingin menutup tabungan emas, Anda perlu memperhatikan saldo mengendap sebesar 0.1 gram
  7. Transaksi penjualan emas kepada Pegadaian dan pencetakan emas batangan, saat ini hanya dapat dilayani di Kantor Cabang tempat pembukaan rekening dengan menunjukan Buku Tabungan dan identitas diri yang asli.

 

Keuntungan dan Kerugian Tabungan Emas

Namanya investasi pasti ada untung ruginya donk. Nah berikut ini beberapa keuntungan memiliki tabungan emas:

  1. Anda dapat mulai berinvestasi emas dengan dana yang terbatas. Anda dapat membeli 0,01 gram.
  2. Emas yang Anda beli dimasukkan dalam saldo tabungan emas.
  3. Lebih likuid, karena Anda dapat menjual saldo tabungan emas kepada Pegadaian. Sederhananya Pegadaian siap membeli saldo tabungan emas Anda.
  4. Anda juga dapat mencicil emas, misal Anda ingin memberi hadiah emas untuk Anda. Karena dana terbatas, Anda dapat mulai mencicil emas tersebut melalui program tabungan emas.
  5. Emas yang Anda beli disimpan secara aman oleh Pegadaian.

 

Kerugian dalam menyimpan dan menabung emas adalah:

  1. Tabungan emas berbeda denagn tabungan bank pada umumnya, karena Anda tidak mendapat bunga. Anda hanya mengandalkan kenaikan harga emas.
  2. Investasi emas kurang bagus, pada saat ekonomi stabil.
  3. Kurang kerasa, karena Anda tidak memegang fisik emas. Fisik emas disimpan di Pegadaian.
  4. Anda perlu mengeluarkan biaya-biaya tambahan seperti biaya pembukaan rekening, pencetakan rekening Koran, penggantian tabungan Koran, penutupan rekening, tambahan atas keterlambatan pengambilan emas cetak, fasilitas titipan emas per bulan.
  5. Anda baru dapat menjual jika saldo tabungan sudah terkumpul 1 gram. 

 

Pandangan Finansialku mengenai Program Tabungan Emas Pegadaian

Kami sudah coba mengecek dan mencari tahu, program tabungan emas yang diselenggarakan Pegadaian. Program tabungan emas ini memberikan kemudahan masyaarakat Indonesia untuk berinvestasi emas. Perlu diperhatikan adanya biaya-biaya tambahan, untuk administrasi. Produk tabungan emas ini cocok, jika Anda ingin berinvestasi emas dengan dana yang terbatas.

 

Bagaimana pandangan Anda mengenai program tabungan emas yang diselenggarakan oleh Pegadaian?

 

Sumber Gambar:

  • Tabungan Emas – http://goo.gl/fLspxR
  • Skema Konsinyasi – http://goo.gl/FB1daW

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

By | 2017-06-07T08:57:56+00:00 April 17th, 2016|Categories: Emas, Investasi|Tags: , , , , |0 Comments

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download