Rasio menabung di Indonesia masih rendah dibandingkan negara di kawasan Asia seperti Singapura, Tiongkok dan Korea. Bagaimana perbandingan rasio tersebut?

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Menabung Demi Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

Peningkatan pertumbuhan ekonomi di Indonesia tidak hanya bergantung dari jumlah uang yang beredar, akan tetapi ditentukan oleh luasnya akses terhadap produk dan jasa lembaga finansial (inklusi keuangan). Salah satu indikatornya yaitu rasio menabung.

Berdasarkan sumber Liputan 6.com, Kepala Departemen Pengawasan Bank III OJK (Otoritas Jasa Keuangan), Teguh Supangkat‎ menyatakan, ‎rasio menabung di Indonesia berkisar 30,87% dari PDB (Produk Domestik Bruto) yang nilainya masih rendah dibandingkan negara di kawasan Asia seperti Tiongkok yang mencapai 48,8%, Singapura 46,73% dan Korea 35,11%.

Jangan Pernah Sisihkan Uang untuk Menabung dan Berinvestasi - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Jangan Pernah Sisihkan Uang untuk Menabung dan Berinvestasi]

 

Usaha-usaha yang dilakukan pemerintah pun sudah dilakukan. Teguh menjelaskan bahwa pihaknya telah menggiatkan Program Literasi Keuangan sejak 2014. Hal ini dikarenakan rendahnya inklusi keuangan dan tidak meratanya akses produk dan jasa keuangan di Indonesia. Selain itu juga, pemerintah terus mengiatkan Gerakan Nasional Menabung di tingkat Provinsi/Kabupaten dan kota secara berkelanjutan.

Direktur Bank Sinarmas, Halim (dari sumber Liputan6.com) mengungkapkan, bahwa secara demografis, Indonesia memiliki lebih sedikit penduduk berusia matang (mature) dibandingkan dengan Malaysia, Thailand dan Tiongkok. Menurut Data Bank Dunia, Indonesia memiliki dibawah 40% untuk penduduk dewasa sedangkan dari tiga negara tersebut, penduduk berusia 15 tahun ke atas mencapai lebih dari 75%.
Jumlah penduduk yang belum dewasa akan menjadi salah satu faktor yang mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia di masa mendatang. Oleh karena itu, pengenalan budaya menabung dan berinvestasi sejak dini merupakan hal yang penting untuk dilakukan.

4 Cara Menabung yang Pastinya Anti Gagal - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: 3 Cara Menabung yang Pastinya Anti Gagal]

 

Bukan tugas pemerintah saja dalam berkampanye melakukan gerakan menabung, akan tetapi pihak-pihak lembaga maupun masyarakat juga terus mendukung upaya pemerintah dalam memperluas akses masyarakat terhadap jasa keuangan dan meningkatkan rasio menabung demi terciptanya pertumbuhan ekonomi Indonesia yang lebih baik.

 

Jangan menunda-nunda waktu yang berharga. Sudahkah Anda menabung? Mulailah untuk menabung demi berpartisipasi dalam pembangunan ekonomi di Indonesia! Silakan share dan tuliskan pengalaman pada kolom di bawah ini. 

 

Sumber:

  • Septian Deny. 13 Jan 2017. Rasio Menabung RI Kalah Dibanding Singapura dan Tiongkok. https://goo.gl/5E63VJ
  • Angelina Anjar Sawitri. 6 Des 2016. Rasio Menabung Rendah, Ternyata Ini Penyebabnya. https://goo.gl/Dk17Wv

 

Sumber Gambar :

  • Menabung – https://goo.gl/2zN1To

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang