Bagaimana langkah untuk meningkatkan keuntungan dana pensiun karyawan? Apa saja cara untuk meningkatkan keuntungan dana pensiun Anda? Kali ini Finansialku akan membahas 5 langkah meningkatkan keuntungan dana pensiun anda sebagai karyawan.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Planner

 

Pengertian Karyawan

Karyawan adalah orang yang bekerja pada suatu perusahaan. Orang yang bekerja pada suatu perusahaan akan mendapatkan gaji dari perusahaan tempat dimana ia bekerja. Gaji akan terus diterima selama bekerja pada perusahaan. Pada waktu sudah tidak bekerja pada perusahaan maka tidak akan mendapat gaji lagi.

Karyawan dibagi menjadi dua kategori. Ada yang namanya karyawan tetap dan ada pula yang namanya karyawan tidak tetap. Karyawan tetap adalah karyawan yang bekerja pada suatu perusahaan sampai ia mencapai masa pensiun. Sedangkan karyawan tidak tetap merupakan karyawan yang bekerja pada perusahaan selama kurun waktu tertentu sesuai durasi kontrak yang telah disetujui bersama dengan perusahaan tempat ia bekerja.

Para Karyawan, Ini 5 Langkah Meningkatkan Keuntungan Dana Pensiun Anda - Finansialku

[Baca Juga: Jenis Pensiun Seperti Apa yang Cocok Bagi Anda?]

 

Pengertian Dana Pensiun

Dana pensiun adalah dana atau yang diberikan oleh perusahaan terhadap karyawannya pada saat karyawan sudah pensiun atau tidak bekerja. Pemberian dana pensiun oleh perusahaan terhadap karyawannya dengan tujuan moral memberikan rasa aman terhadap karyawan yang telah berjasa pada perusahaan ketika karyawan yang dimaksud sudah tidak terlibat lagi dengan kegiatan produksi perusahaan. Bagi karyawan, dana pensiun yang diberikan oleh perusahaan akan sangat bermanfaat. Adanya pemberian dana pensiun oleh perusahaan akan menjadikan karyawan merasa aman dalam hal finansial ketika sudah tidak lagi bekerja atau pensiun.

Inilah 3 Rahasia Pensiun yang Nyaman dan Sejahtera - Finansialku

[Baca Juga: Inilah 3 Rahasia Pensiun yang Nyaman dan Sejahtera]

 

Karyawan yang diberikan fasilitas dana pensiun oleh perusahaan akan menjadikan karyawan tersebut menjadi lebih giat dalam bekerja. Hal ini disebabkan karena karyawan merasa, meskipun pada saat karyawan sudah tidak bekerja lagi kehidupannya masih dijamin oleh perusahaan. Bagi perusahaan, pemberian dana pensiun akan bisa menjadikan perusahaan memiliki nilai tawar yang tinggi dibanding perusahaan-perusahaan lain. Nilai tawar yang tinggi akan menjadikan perusahaan lebih berpotensi untuk mendapatkan karyawan dengan kualitas yang baik.

 

Jenis Kelembagaan Dana Pensiun

Terdapat 2 jenis kelembagaan dana pensiun. Maksud dari kelembagaan dana pensiun adalah lembaga yang memberikan dana pensiun. Berikut adalah 2 jenis kelembagaan yang dimaksud:

  • Dana pensiun pemberi kerja, jika perusahaan pemberi kerja yang menjadi penjamin dana pensiun Anda, maka bersyukurlah. Berarti, perusahaan tersebut cukup bonafit dan memiliki standar pekerja cukup terorganisasi.
  • Dana pensiun lembaga keuangan, jika Anda mendapatkan dana pensiun dari bank, maka jangan khawatir. Pasalnya, hak-hak Anda tentang dana pensiun juga diatur dalam UU No. 11/1992. Selain bank, pihak yang mungkin memberikan dana pensiun adalah Perusahaan Asuransi Jiwa (PAJ) yang memiliki Program Pensiun Iuran Pasti (PPIP).

Persiapkan Dana Pensiun Anda Sekarang, Mumpung Masih Banyak Waktu - Finansialku

[Baca Juga: Persiapkan Dana Pensiun Anda Sekarang, Mumpung Masih Banyak Waktu]

 

5 Langkah Meningkatkan Keuntungan Dana Pensiun

Sebagai karyawan, Anda juga harus jeli dalam menerapkan kelima langkah meningkatkan keuntungan dana pensiun berikut.

 

Langkah 1: Menata Ulang Rencana

Seperti apa rencana pensiun Anda? Apakah dana pensiun sudah direncanakan secara matang? Jika belum, segera tata ulang rencana alokasi dana pensiun Anda. Hal-hal yang perlu dijadikan poin utama penyusunan rencana adalah usia pensiun, kebutuhan dan jumlah dana pensiun.

Dengan pekerjaan Anda saat ini, pasti bisa diperkirakan berapa jumlah dana pensiun yang diperoleh. Bahkan, jika perusahaan cukup besar Anda juga akan bisa memperkirakan kapan Anda memasuki usia pensiun dan harus berhenti bekerja. Perhitungan inilah yang harus dikerjakan dan direncanakan secara teliti dari berbagai analisis.

Merencanakan Dana Pensiun untuk Anda yang Berusia 20an - Finansialku

[Baca Juga: Merencanakan Dana Pensiun untuk Anda yang Berusia 20an]

 

Langkah 2: Meningkatkan Jumlah Tabungan

Semakin banyak tabungan, maka akan semakin cukup pula kehidupan finansial Anda di masa depan. Bagaimana tidak? Jika tabungan Anda diperbesar, maka jumlah simpanan di luar dana pensiun akan cukup banyak. Apabila tabungan tersebut digabungkan dengan dana pensiun maka hasilnya akan cukup bisa mengakomodir seluruh kebutuhan saat pensiun.

 

Langkah 3: Memperluas Koneksi Sosial

Mengapa koneksi sosial penting dalam mengelola dana pensiun? Hal ini sangat berkaitan jika Anda melakukan investasi dengan bermodalkan dana pensiun. Saat Anda memasuki usia tidak produktif, investasi harus dibantu orang lain. Oleh karena itu, memperluas koneksi sosial sangat penting agar ada seseorang terpercaya yang dapat menjalankan roda bisnis dari investasi Anda sehingga dana pensiun bisa bergulir.

 

Langkah 4: Mendefinisi Ulang Arti Kesuksesan

Seberapa sukseskah Anda? Adakalanya seseorang merasa tidak sukses, padahal kehidupannya diinginkan banyak orang. Dengan sedikit demi sedikit mengubah pola pikir dan definisi Anda tentang arti kesuksesan, kenyamanan dan rasa syukur akan lebih bisa muncul sehingga dana pensiun yang diterima akan terasa cukup.

Kenapa Menabung Terlalu Banyak untuk Dana Pensiun Bisa Jadi Kesalahan Besar - Finansialku

[Baca Juga: Kenapa Menabung Terlalu Banyak untuk Dana Pensiun Bisa Jadi Kesalahan Besar?]

 

Langkah 5: Menganalisis Keuntungan Pensiun

Analisis keuntungan pensiun juga harus selalu dilakukan. Karena setiap perusahaan memiliki kebijakan yang berbeda, analisis juga harus dilakukan secara komprehensif dari berbagai pandangan. Jangan sampai dana pensiun tidak menghasilkan keuntungan, justru kerugian bagi Anda karena salah atau kurangnya analisis keuntungan pensiun.

 

Dana Pensiun Memiliki Banyak Keuntungan

Bagi para karyawan, Anda perlu mempertimbangkan kembali sedini mungkin mengenai persiapan dana pensiun. Meskipun masih jauh dari masa pensiun, Anda perlu mempedulikannya karena dana pensiun memiliki banyak manfaat dan keuntungan bagi Anda di masa tua.

 

Langkah mana yang paling relevan dengan Anda? Bagaimana menerapkan langkah-langkah tersebut untuk merencanakan dana pensiun Anda secara lebih efektif? Utarakan pendapat Anda sebagai sumbangsih dalam menyelesaikan permasalahan terkait dana pensiun karyawan pada kolom yang tersedia di bawah ini. Selain itu, bagikan juga informasi penting ini pada kenalan Anda yang berstatus karyawan. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Lacey Herchek. 15 Desember 2016. 5 Steps to Help Improve Your Employees’ Retirement Benefits. Hellowallet.com – https://goo.gl/EH61PS
  • Yogi Fajar Pebrian. 06 April 2011. Pengertian Dana Pensiun. https://goo.gl/Thz5GL

 

Sumber Gambar:

  • Pensiun – https://goo.gl/PucClw
  • Pensiunan – https://goo.gl/z1vLEU

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku