Mengapa kita perlu merencanakan dan menyiapkan dana pensiun sejak usia muda? Jawabannya adalah karena kebutuhan seseorang untuk dana pensiun cukup besar. Dan berita baiknya: angka tersebut dapat dipersiapkan jika kita mulai merencanakan dan menyiapkannya dari sekarang.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Menyiapkan Dana Pensiun Sejah Usia Muda

Tahukah Anda 5 dari 10 orang tidak terpikir untuk menyiapkan dana pensiun sejak usia muda. Hal ini bukanlah hal yang mustahil, karena kebutuhan pensiun mungkin masih 26 – 30 tahun yang akan datang. Sebenarnya ada sebuah fakta unik terkait dengan dana pensiun ini.

Merencanakan Dana Pensiun untuk Anda yang Berusia 20 an - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Mengapa Kita Harus Mempersiapkan Dana Hari Tua?]

 

Ada beberapa fakta menarik mengenai persiapan dana hari tua untuk orang-orang berusia 20 an:

  1. Mayoritas dari Anda mungkin tidak terbayang pensiun itu seperti apa dan bagaimana pensiun yang diinginkan. Sebenarnya Anda harus menetapkan sebuah tujuan yang jelas, seperti apakah pensiun yang Anda inginkan? Kira-kira berapa dana yang Anda butuhkan saat pensiun.
  2. Mayoritas dari orang-orang berusia 20 an tidak memiliki rencana untuk menyiapkan dana hari tua yang merupakan kebutuhan jangka panjang.
  3. Anda dapat mempersiapkan dana hari tua dengan cara memprioritaskan 10% (minimum) penghasilan Anda untuk diinvestasikan.
  4. Kemajuan teknologi kesehatan, peningkatan gizi makanan dan kesadaran pola hidup sehat membuat angka harapan hidup seseorang semakin meningkat. Orang-orang Indonesia saat ini dapat hidup hingga usia 70 an. Artinya jika seseorang pensiun di usia 55 tahun, maka uang pensiun tersebut setidaknya harus dapat membiayai kehidupan 15 tahun ke depan. Padahal ada pengeluaran yang dapat dikurangi, tetapi ada juga pengeluaran yang meningkat.
  5. Banyak orang tidak menyadari sebenarnya ada beberapa sumber penghasilan yang dapat diandalkan ketika pensiun yaitu penghasilan dari hasil investasi dan penghasilan pasif.
  6. Di negara-negara maju, orang-orang mulai mempersiapkan dana pensiun sejak usia muda dan di awal berkarir.
  7. Fasilitas yang disediakan kantor atau tempat Anda bekerja, seperti DPLK (Dana Pensiun Lembaga Keuangan) dan program BPJS Ketenagakerjaan pemerintah dapat membantu menyiapkan dana hari tua Anda, tetapi tidak 100%.
  8. Banyak orang yang berharap menjalankan usaha atau bisnis, setelah pensiun dari pekerjaan di kantor. Kesulitan menjalankan bisnis saat pensiun jauh lebih sulit dibandingkan menjalankan bisnis saat usia muda.

 

Jadi Apa yang Harus Dilakukan?

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menyiapkan dana hari tua:

  1. Miliki rencana keuangan (financial plan) untuk mengetahui strategi mempersiapkan dana hari tua. Dalam hal ini juga hitung dana yang dibutuhkan saat Anda pensiun. Anda dapat menggunakan aplikasi Finansialku untuk menghitung kebutuhan dana hari tua Anda. Coba gratis di sini 
  2. Belajar investasi dan berinvestasilah dengan disiplin serta sesuai dengan rencana keuangan.
  3. Jika diperlukan miliki program asuransi yang memberikan manfaat untuk kebutuhan saat pensiun, khususnya manfaat kesehatan.
  4. Jangan malas untuk mengecek kembali (review) implementasi investasi dan rencana keuangan. Pastikan pensiun Anda sesuai dengan rencana.
  5. Mulai membangun penghasilan dari hasil investasi dan penghasilan pasif.

 

Aplikasi Finansialku Iklan 1 - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Apakah Anda sudah mulai merencanakan dan mempersiapkan dana pensiun Anda?

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang