Berapa yang diperlukan untuk dana hari tua? Apakah Anda sudah pernah menghitung berapa yang dibutuhkan? Perencana Keuangan Independen Finansialku akan membahas secara mendalam dalam artikel kali ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Berapa yang Diperlukan untuk Dana Hari Tua?

Finansialku sempat menuliskan pentingnya perencanaan dana hari tua, agar kita dapat menikmati pensiun dengan aman dan nyaman secara keuangan. Berbicara mengenai perencanaan dana hari tua, hal yang paling dasar adalah: “Menghitung berapa jumlah yang diperlukan untuk dana hari tua?” apakah Rp 500 juta cukup? atau Rp 1 M cukup? atau Rp 2 M masih kurang?

Berapa yang Diperlukan untuk Dana Hari Tua - Perencana Keuangan Independen Finansialku

Tentunya Anda berharap jika saat masa pesiun, gaya hidup nya tidak jauh beda dengan saat ini kan? Misal saat ini setiap bulan membeli pulsa Rp 200 ribu, mungkin saat pensiun kurang lebih Rp 150 ribu. Jadi intinya kita memulai dari gaya hidup kita saat ini, berapa pengeluaran untuk utilitas (bayar telepon, listrik, air, tv cable, internet dan lain sebagainya), berapa yang digunakan untuk kebutuhan makan, kebutuhan pribadi dan lain sebagainya.

Nah setelah Anda mengetahui daftar berapa pengeluaran Anda saat ini, kemudian kita lakukan namanya penyesuaian (adjustment). Penyesuaian yang dilakukan dibagi menjadi empat jenis: pengeluaran yang ditambah, pengeluaran yang dikurangi, pengeluaran yang diadakan dan pengeluaran yang dihilangkan.

Berapa yang Diperlukan untuk Dana Hari Tua - Tabel Adjustment - Perencana Keuangan Independen Finansialku

Pengeluaran yang Dikurangi

Saat masih aktif dalam pekerjaan, pengeluaran pulsa kita mencapai Rp 500 ribu atau bahkan Rp 1 juta per bulan. Saat nanti pensiun kita kurangi misal menjadi Rp 250 ribu atau Rp 500 ribu per bulan.

 

Pengeluaran yang Ditambah

Saat masih muda mungkin onderdil di dalam tubuh masih cukup sehat. Mungkin setiap 6 bulan sekali baru cek darah atau vitamin yang dikonsumsi tidak terlalu banyak. Saat pensiun kemungkinan biaya-biaya untuk membeli vitamin, kesehatan mungkin meningkat.

 

Pengeluaran yang Diadakan

Mungkin saat muda disibukkan dengan mencari uang, bisnis, mengurus anak setelah hari tua mencari aktivitas baru atau hobi baru. Misal tiba-tiba menekuni hobi fotografi.

 

Pengeluaran yang Dihilangkan

Saat hari tua ada juga pengeluaran yang dihilangkan contoh biaya pendidikan anak. Dulu saat muda bekerja untuk membiayai anak sekolah, saat sudah pensiun sudah tidak ada pengeluaran untuk pendidikan.

 

Tahapan setelah Melakukan Penyesuaian adalah …

Setelah menghitung pengeluaran dan penyesuaiannya kita dapat mengetahui oh, perkiraan jika saya pensiun saat ini saya akan butuh biaya sebesar Rp X. Contoh saat ini perlu biaya sebesar Rp 8.000.000 per bulan.

Dalam menghitung dana hari tua, harus memperhatikan adanya “faktor I” untuk Inflasi. Nilai Rp 8 juta sekarang beda donk sama Rp 8 juta saat nanti kita pensiun. Mungkin Rp 8 juta saat ini kita dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan – kebutuhan kita, nah bagaimana dengan 30 tahun lagi (saat nanti pensiun)?

Kenaikan Biaya Hidup dan Lifestyle karena Inflasi - Dana Hari Tua - Finansialku

Asumsi perhitungan: Inflasi 10% per tahun

Dalam ilmu perencanaan keuangan, Anda perlu menghitung nilai masa depan. Jika saat ini saya pensiun dan butuh dana hari tua sebesar Rp 8 juta, maka berapa dana hari tua yang saya butuhkan 30 tahun lagi. Asumsi kenaikan biaya (inflasi) sebesar 10% per tahun.

Perhitungan kebutuhan dana hari tua selesai sampai tahapan Anda memproyeksikan berapa besar kenaikan biaya hidup.

 

Apa untungnya Anda tahu Berapa Kebutuhan Dana Hari Tua?

Satu keuntungan dan ini sangat penting, jika Anda tahu berapa dana hari tua yang Anda butuhkan, Anda dapat mulai menyusun strategi. Strategi untuk memenuhi kebutuhan dana hari tua tersebut. Anda tentu tidak mau kan, sudah pensiun tapi kok masih harus bangun pagi kerja lagi. Strategi tersebut dapat berupa investasi di reksa dana atau program dana pensiun serta produk keuangan lainnya.

 

Kesimpulan

Jadi dalam menghitung dana hari tua, kita perlu mengetahui berapa besar biaya yang kita butuhkan jika saat ini kita pensiun. Caranya sederhana anggap saja pengeluarannya sama seperti saat ini tetapi disesuaikan (adjust): dikurangi, ditambah, diadakan dan dihilangkan. Setelah tahu angka tersebut lakukan proyeksi untuk nilai masa depan.

 

Jadi, Berapa dana hari tua yang Anda butuhkan jika saat ini Anda pensiun?

 

Image Credit:

  • Student – http://goo.gl/R5pH3c

 

Download E-Book Apa Tujuan Keuangan Anda? (GRATIS)

Apa Tujuan Keuangan Anda Ebook - Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang