Anda pasti sering membaca dan mendengar manfaat dana darurat untuk keuangan yang lebih stabil dan berprospek.

Pada artikel ini, Finansialku akan kembali mengingatkan Anda akan 3 manfaat utama dari dana darurat yang dapat Anda rasakan.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

3 Manfaat Dana Darurat

Dana darurat adalah dana yang Anda kumpulkan atau Anda simpan, yang bertugas sebagai pos dana pada saat keadaan darurat terjadi. Tidak ada hukum pasti berapa dana darurat yang seharusnya Anda simpan.

Tetapi, pada umumnya, jumlah dana darurat minimal yang harus Anda kumpulkan mampu memenuhi kebutuhan Anda dan keluarga selama 3 bulan tanpa ada penghasilan tambahan.

Dana darurat berfungsi sebagai pelindung, penyokong dan penyelamat di saat risiko atau musibah terjadi. Banyak yang masih meremehkan manfaat dana darurat untuk kondisi keuangan mereka.

Oleh karena itu, berikut adalah 3 manfaat utama yang dapat Anda rasakan dengan adanya dana darurat.

Manfaat Dana Darurat 02 Dana Darurat 2 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Memprioritaskan Dana Darurat Agar Hidup Aman?]

 

#1 Menghindari Anda dari Utang

Akar permasalahan dari kondisi keuangan yang buruk adalah utang. Sederhananya, di dalam kehidupan ekonomi sebuah keluarga, Anda akan dihadapi oleh dua pilihan.

Pilihan pertama adalah Anda bekerja keras untuk menyediakan dana darurat sebelum permasalahan terjadi.

Pilihan kedua (dan yang sering dilakukan oleh pengatur keuangan yang salah) adalah bekerja keras untuk membersihkan kotoran setelah permasalahan terjadi.

Buruknya, kebanyakan orang memilih yang kedua dan memutuskan untuk hidup dari utang, baik utang kartu kredit atau utang pinjaman hanya karena mereka tidak ingin bekerja keras.

Manfaat Dana Darurat 03 Dana Darurat 3 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Strategi Menyiapkan Dana Darurat yang Sudah Terpakai Membayar Utang?]

 

Walaupun terdengar penuh strategi, tetapi meminjam uang untuk membayar utang sama dengan peribahasa “gali lubang, tutup lubang”.

Dengan berutang, Anda memberikan risiko pada kehidupan keuangan Anda, karena selalu ada biaya ekstra dari bunga pinjaman yang harus Anda bayarkan.

 

Contoh Kasus:

Salah satu kasus sederhana untuk menggambarkan hal ini adalah misalnya Anda membutuhkan uang tunai sebesar Rp50 juta untuk kejadian darurat yang membutuhkan dana secepatnya.

Jika Anda telah memiliki dana darurat, maka Anda dapat menggunakan dana darurat untuk membayar dana tersebut.

Lain halnya jika Anda harus berutang untuk membayar biaya tersebut. Jika Anda berutang, maka Anda harus membayar kembali utang beserta bunga pinjaman.

Iklan Banner Perencanaan Dana Liburan - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Dengan tingkat bunga 10% maka Anda harus membayar Rp5 juta ekstra, dengan catatan Anda mampu membayar seluruhnya pada saat yang ditentukan.

Bahkan, jika dana darurat yang terkumpul tidak mencukupi dana yang Anda butuhkan, Anda tetap akan mendapatkan manfaat karena Anda tidak perlu membayar bunga pinjaman sebesar Rp5 juta.

Dari kasus tersebut Anda dapat melihat bahwa dana darurat dapat membantu Anda terhindar dari lilitan utang dan melindungi kerja keras Anda dari hanya untuk membayar bunga pinjaman.

Tentu pelaku ekonomi yang bijaksana akan memilih pilihan pertama.

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

 

#2 Dana Darurat Membantu Anda Mengurangi Pengeluaran Bulanan

Berbeda dengan pendapat umum di mana dana darurat hanya menambah pengeluaran bulanan, dana darurat sebenarnya membantu Anda untuk mengurangi pengeluaran Anda.

Memang dana darurat tidak dapat membantu mengurangi belanja Anda karena hal ini berhubungan dengan kebutuhan dan gaya hidup masing-masing. Tetapi dana darurat dapat membantu pengeluaran bulanan secara keseluruhan.

Salah satu manfaat yang diberikan dana darurat adalah mengurangi biaya untuk asuransi.

 

Contoh kasus:

Jika Anda tidak memiliki dana darurat, maka Anda membutuhkan asuransi untuk melindungi keuangan Anda. Contohnya, dengan uang pertanggungan Rp500 juta, tentu Anda harus membayar premi bulanan yang cukup besar.

Manfaat Dana Darurat 04 Dana Darurat 4 - Finansialku

[Baca Juga: Masa Iya Tidak Punya Dana Darurat Bisa Celaka? Ini Cara Mudah Mempersiapkan Dana Darurat]

 

Namun jika Anda memiliki dana darurat misalnya Rp100 juta, mungkin Anda tidak perlu pusing mengeluarkan Rp20 juta untuk membayar biaya perawatan dan rumah sakit.

Dengan adanya dana darurat tersebut, Anda tidak perlu membeli produk asuransi kesehatan dengan uang pertanggungan Rp500 juta, dan dapat membeli produk yang lebih murah.

Hal ini berlaku untuk seluruh asuransi yang Anda miliki.

Jika Anda dapat menghemat Rp1 juta untuk masing-masing asuransi, maka jika Anda memiliki total 5 asuransi, setiap bulannya Anda dapat menghemat Rp5 juta hanya dengan memiliki dana darurat.

Ini berarti, Anda tidak perlu dengan sengaja mengalokasikan uang untuk kebutuhan dana darurat. Anda tetap melindungi keuangan Anda dengan mengambil produk asuransi yang lebih terjangkau.

Tetapi Anda tidak perlu bergantung sepenuhnya pada produk tersebut dengan adanya dana darurat.

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

 

#3 Memberikan Ketenangan Finansial

Bagi Anda yang pernah merasakan kondisi keuangan buruk, Anda pasti mengetahui tekanan akibat masalah keuangan.

Menurut studi, seseorang yang tidak memiliki margin keuangan seperti dana darurat, akan mempunyai tingkat stres yang lebih tinggi daripada normal.

Tentu hasil ini tidak mengherankan karena segala masalah yang terjadi akan menjadi ancaman bagi kondisi finansial Anda.

Manfaat Dana Darurat 05 Dana Darurat 5 - Finansialku

[Baca Juga: Lakukan 5+ Cara Mengumpulkan Uang untuk Utang dan Dana Darurat Demi Kesejahteraan]

 

Bayangkan jika Anda tidak memiliki dana darurat, dan tiba-tiba Anda kehilangan pekerjaan, tentu Anda akan lebih stres memikirkan nasib diri sendiri dan keluarga daripada fokus untuk mencari pekerjaan baru.

Walaupun Anda tidak dapat memperkirakan kapan risiko akan terjadi dan jumlah dana darurat yang mencukupi kebutuhan tersebut, tetapi dengan memiliki dana darurat, Anda dapat dengan tenang menghadapi masalah tersebut.

 

Cara Mudah Mengumpulkan Dana Darurat

Jika Anda memiliki kebiasaan keuangan yang kurang baik, tentu akan sulit menyisihkan dana untuk dana darurat. Tetapi dengan tekad dan keinginan untuk menjadi lebih baik, pasti Anda dapat mengumpulkan dana tersebut.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan:

  • Mulailah dari jumlah sedikit. Jika Anda belum terbiasa mengumpulkan dana darurat, maka tidak ada salahnya untuk memulai dari jumlah yang sedikit. Lama kelamaan, setelah Anda melihat hasil kerja keras Anda, Anda pasti akan termotivasi untuk menabung lebih.
  • Perbanyak seiring dengan peningkatan penghasilan. Penghasilan yang meningkat biasanya identik dengan kebutuhan yang meningkat. Jika kebutuhan Anda meningkat, tentu Anda membutuhkan dana darurat yang lebih banyak, bukan?
  • Menyisihkan secara rutin akan membantu Anda mengumpulkan dana darurat dengan cepat dan memberikan kebiasaan keuangan yang lebih baik
  • Simpan di tabungan terpisah. Agar Anda tidak tergoda untuk membelanjakan uang tersebut, simpanlah dana darurat di pos yang terpisah.

 

Manfaat Dana Darurat 06 Dana Darurat 6 - Finansialku

[Baca Juga: Begini Lho Fakta Menyimpan Dana Darurat Supaya Keuangan Anda Sehat Selalu]

 

Lindungi Keuangan Anda sejak Dini

Semakin cepat Anda memahami pentingnya pos dana darurat untuk diri Anda dan keluarga, semakin cepat pula Anda akan terhindar dari risiko keuangan.

Selain itu, waktu akan membantu pengembangan dana yang terkumpul. Oleh karena itu, semakin cepat Anda mempersiapkannya, semakin baik.

 

Sudahkah Anda memiliki pos dana darurat? Diharapkan setelah membaca artikel ini, Anda menyadari akan pentingnya dana darurat untuk keuangan keluarga.

Jangan lupa membagikan artikel ini agar lebih bermanfaat dan silakan tinggalkan komentar serta pertanyaan Anda di kolom bawah ini.

 

Sumber Referensi:

  • Brian Jewell. 22 Maret 2012. Three Benefits of Emergency Savings. Godmoneyme.com – https://goo.gl/MFZT7q

 

Sumber Gambar:

  • Dana Darurat 1 – https://goo.gl/WVuMJK
  • Dana Darurat 2 – https://goo.gl/i8D8J7
  • Dana Darurat 3 – https://goo.gl/miz4eb
  • Dana Darurat 4 – https://goo.gl/2PvH8n
  • Dana Darurat 5 – https://goo.gl/vXVeHk
  • Dana Darurat 6 – https://goo.gl/oizH3W
Summary
3 Manfaat Dana Darurat yang Akan Anda Rasakan! Mau?
Article Name
3 Manfaat Dana Darurat yang Akan Anda Rasakan! Mau?
Description
Anda pasti sering membaca dan mendengar manfaat dana darurat untuk keuangan yang lebih stabil dan berprospek.
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo