Apakah Anda memiliki bisnis online? Jika ya, Anda mungkin pernah mengalami kesulitan dalam memasarakan produk atau layanan Anda. Kali ini salah satu rekan Finansialku.com akan membahas 4 cara yang telah terbukti dapat meningkatkan penjualan bisnis online kamu.

 

Artikel ini dipersembahkan oleh:

Halomoney Indonesia Logo

 

Sudah Punya Bisnis Online? Kalau Belum Kenapa Tidak dari Sekarang?

Anda pasti tahu kan, sekarang orang-orang sudah mulai membeli barang di toko online? Artinya peluang bisnis online di Indonesia semakin besar. Coba Anda cek, saat ini sudah banyak mahasiswa/i atau ibu rumah tangga yang memulai bisnis online. Jika Anda belum memiliki bisnis online, kenapa tidak Anda coba? Bermodal internet dan laptop, Anda dapat mendaftarkan toko Anda di website-website penyedia toko online, seperti Tokopedia.com atau Bukalapak.com. Semua gratis kok.

4 Metode yang Terbukti Meningkatkan Penjualan Bisnis Online Kamu - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga : Kenali Tipe-Tipe Bisnis Online di Indonesia]

 

Salah satu permasalahan yang dihadapi para pemilik bisnis online adalah cara memasarkan lapak mereka. Berikut ini 4 cara yang telah terbukti dapat meningkatkan penjualan toko online Kamu, dan kabar baiknya cara ini mudah diaplikasikan.

  1. Berikan sampel gratis
  2. Adakan eventa atau acara offline
  3. Manfaatkan social media
  4. Jalankan program referral

 

Cara 1: Berikan Sampel Gratis

Sampel gratis, siapa yang tidak mau? Strategi menggunakan sampel gratis dapat digunakan untuk beberapa jenis bisnis online. Jika Anda memiliki website yang menjual e-book, Anda dapat membagikan beberapa halaman gratis, untuk dibaca. Strategi sampel gratis ini juga diterapkan oleh beberapa perusahaan di hari belanja online nasional. Idealnya sampel gratis hanya diberikan pada hari-hari tertentu agar pelanggan tambah percaya dengan produk Kamu sebelum mereka membeli.

 

Cara 2: Adakan Event Offline

Cara kedua untuk meningkatkan jualan bisnis online Kamu, adalah dengan mengadakan acara atau event offline. Beberapa pemilik bisnis online mengadakan event ketemu dengan para fansnya atau mengadakan seminar mengenai produknya. Anda dapat memanfaatkan event offline untuk berkomunikasi dan membangun hubungan baik dengan para konsumen.

 

Cara 3: Manfaatkan Social Media

Media sosial jangan hanya dipakai untuk stalking atau cari yang lucu-lucu. Media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, Google+ dapat juga dijadikan alat untuk berjualan. Salah satu keuntungan berjualan dengan media sosial adalah pemilik bisnis dapat langsung berkomunikasi dengan para calon pembeli. 

 

Cara 4: Jalankan Program Referral

Cara terakhir adalah menjalankan program referral. Kata referral kurang lebih sama artinya dengan reseller. Anda memberikan kesempatan kepada orang lain untuk menjualkan produk Anda. Setiap ada produk yang terjual, Anda akan memberikan persentase kepada orang tersebut.

[Baca Juga: Cara Memulai dan Membesarkan Bisnis Online Rumahan

 

Coba bayangkan Anda punya bisnis online yang jual Jilbab, dan memiliki lebih dari 10 referral. Hal tersebut sama artinya dengan Anda memiliki 10 toko yang menjual produk Anda. Enaknya bisnis online! 

 

 

Apakah Anda sudah memiliki bisnis online? Jika belum memiliki bisnis online, langsung saja segera buat bisnis online kamu, bisa di Kaskus, Tokopedia atau Bukalapak. Semuanya GRATIS. 

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang