Apakah Anda pengguna baru kartu kredit? Berikut ini 4 kesalahan pengguna pemula kartu kredit. Jadilah pengguna kartu kredit yang bijak, karena kartu kredit ada untuk mempermudah pembayaran.

 

Artikel ini Dipersembahkan oleh :

Halomoney Indonesia Logo

 

4 Kesalahan Pengguna Pemula Kartu Kredit!

Kami ucapkan selamat, karena Anda mungkin saja baru di-approve kartu kreditnya. Satu hal yang perlu Anda ketahui, jangan sampai melakukan 4 kesalahan pengguna pemula kartu kredit dan malah terjebak utang. Kartu kredit sebenarnya sangat berguna untuk mempermudah pembayaran, cicilan dan program diskon lainnya. Sayangnya banyak orang, terlebih pengguna baru kartu kredit yang tidak tahu aturan penggunaan kartu kredit. Langsung saja berikut ini 4 kesalahan pengguna pemula kartu kredit.

 

4 Kesalahaan Pengguna Pemula Kartu Kredit - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: 10 Cara Mengelola Tagihan Kartu Kredit]

 

Kesalahan 1: Cuma Bayar Minimum atau Tidak Lunas

Kesalahan pertama yang dilakukan banyak pengguna kartu kredit adalah bayar minimum. Tahukah Anda: Jika Anda membayar seluruh tagihan kartu kredit, Anda tidak akan dikenai bunga. Bagaimana jika Anda membayar minimum tagihan kartu kredit? Misal tagihan Rp 1.000.000 dan Anda hanya melakukan pembayaran minimum sebesar Rp 200.000. Sisa tagihan sebesar Rp 800.000 akan dikenai bunga kartu kredit. Bunga kartu kredit bisa mencapai 2,5% – 4% per BULAN!. Ingat per bulan lho, bukan per tahun. Coba hitung Rp 800.000 kalau kena bunga 4% jadi berapa? Kesalahan pengguna pemula kartu kredit yang wajib Anda hindari adalah bayar minimum. Jangan pernah bayar minimum ya.

 

Kesalahan 2: Menggunakan Kartu Kredit seperti Kartu Debit

Kesalahan kedua ini sebenarnya kesalahan yang latah. Biasanya pengguna pemula ikut-ikutan dengan temannya untuk mengambil uang kontan melalui mesim ATM atau gesek tunai di toko-toko. Jika Anda melakukan tarik tunai di mesin ATM atau gesek tunai di toko-toko, Anda akan terkena fee atau biaya (100% biaya ditanggung oleh Anda). Hindari menarik uang kontan dengan menggunakan kartu kredit.

[Baca juga: Berapa Bunga Gesek Tunai atau Tarik Tunai pakai Kartu Kredit?]

 

Kesalahan 3: Gali Lubang Tutup Lubang 

Kesalahan ketiga yang sering dilakukan pengguna pemula kartu kredit adalah jurus gali lubang tutup lubang. Biasanya modus operandinya adalah Anda menggunakan kartu kredit untuk menutup tagihan kartu kredit lainnya atau untuk membayar utang lain. Jangan lakukan kesalahan bodoh, membayar KPR, Kredit Kendaraan dengan kartu kredit. Bunga KPR dan kredit kendaraan biasanya di bawah 20% per tahun, sedangkan bunga kartu kredit bisa mencapai lebih dari 20% per tahun. Masa Anda mau bayar lebih mahal?

 

[Baca juga: 5 Langkah Jitu Melunasi Utang Kartu Kredit]

 

Kesalahan 4: Tidak Disiplin Mengontrol Tagihan

Sebagai pengguna pemula kartu kredit, biasakan dari awal Anda disiplin mengontrol tagihan. Jangan asal gesek-gesek saja, tetapi pastikan tujuan gesek. Idealnya Anda harus menentukan batas maksimum yang boleh digunakan setiap bulannya. Kalau Anda diberi limit sebesar Rp 3.500.000 atau Rp 5.000.000 bukan berarti Anda seenaknya pakai sampai Rp 5.000.000. Anda harus buat prioritas penggunaan dan ukur kemampuan Anda dalam membayar tagihan-tagihan kartu kredit.

 

Apakah Anda pernah lupa membayar kartu kredit karena perjalanan ke luar kota atau ke luar negeri?

 

Sumber Gambar:

  • Asuransi Kartu Kredit – https://goo.gl/8aSrQH

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang