Biaya kartu kredit  terdiri dari beberapa jenis biaya. Apakah Anda pernah mengecek biaya – biaya kartu kredit? Finansialku.com akan membahas biaya kartu kredit dan jangan bijak sebelum membayarnya.

Jangan Asal Bayar Biaya Kartu Kredit

 

Biaya – Biaya Kartu Kredit

Pernakah Anda mengamati tagihan kartu kredit Anda? Biaya – biaya kartu kredit apa sajakah yang Anda rasa cukup membebani? Finansialku.com akan mengulas mengenai biaya – biaya kartu kredit

 

Biaya Iuran Tahunan

Biaya Iuran Tahunan atau dikenal juga dengan annual fee. Biaya iuran tahunan kartu kredit dibayarkan setiap tahunnya dan jumlahnya bergantung pada jenis kartu (silver, gold, platinum dan lainnya). Pada dasarnya biaya iuran tahunan adalah biaya yang cukup membebankan nasabah. Biaya iuran tahunan untuk kartu kredit silver berada di interval 100.000 – 200.000. Jika hanya 1 kartu tidak terlalu bermasalah, bagaimana jika Kita memiliki 5 atau 10 kartu? Manfaatkan promo-promo bank penerbit kartu kredit untuk mendapatkan gratis iuran tahunan. Jika di tagihan Kita ada biaya iuran tahunan, coba telepon credit card call center dan meminta untuk di hapuskan (waive). Biasanya bank akan memberikan syarat pembelian minimal untuk bulan selanjutnya.

 

Biaya Asuransi

Biaya asuransi atau dikenal juga dengan insurance fee. Ketika Kita mengisi form aplikasi pembukaan kartu kredit, jangan asal isi atau tinggalkan form kosong yang ditanda tangani. Jika memang Anda tidak mau ada biaya asuransi, sebaiknya silang atau sampaikan kepada agen.

 Cara Penggunaan Kartu Kredit Yang Benar Jangan Asal Bayar Biaya Kartu Kredit

 

Biaya Bunga dan Denda

Keteralambatan pembayaran biasanya akan dikenakan biaya, yang dijkenal dengan biaya keterlambatan atau late charge. Keterlambatan bisa jadi karena beberapa hal contohnya terlambat karena hari merah, keterlambatan karena tidak ada dana, keterlambatan karena lupa dan lainnya. Jika keterlambatan terjadi karena tanggal merah atau kesalahan sistem, Anda dapat menghubungi call center kartu kredit untuk minta dihapuskan (waive). Pihak bank biasanya akan memberikan keringan atau penghapusan jika memang alasannya karena kesalahan sistem atau tanggal merah. Ketika memiliki kartu kredit sebaiknya jangan sampai terlambat membayarnya. Jika Kita memiliki catatan pembayaran yang baik, akan mempermudah jika akan meningkatkan limit kartu kredit.

 

Bunga Cicilan dan Gesek Tunai

Cicilan barang elektronik atau cicilan produk lainnya seringkali membebani Kita dengan bunga cicilan. Tanyakan kepada penjual berapa bunga cicilan kartu kredit, bisa saja penjual memberikan 0% untuk cicilan, namun bank penerbit mungkin saja mengenakan bunga cicilan. Biaya yang sejeni adalah biaya gestun atau gesek tunai (cash advance fee). Biaya ini dikenakan langsung jika pemilik kartu mengambil tunai di mesin ATM.

 

Biaya Over Limit dan Biaya Pinalti

Biaya over limit terjadi jika pemilik kartu kredit menggunakan lebih dari limit maksimalnya. Biaya pinalti adalah biaya jika Kita melunasi utang cicilan lebih cepat daripada waktu jatuh temponya. Terkadang biaya overlimit dan biaya pinalti menjadi dilemma pemilik kartu kredit. Contoh limit kartu kredit seseorang Rp 3.000.000, dan orang tersebut memiliki cicilan laptop sebesar Rp 900.000 per bulan. Maka secara otomatis limit bulanan yang tersisa adalah Rp 2.100.000. Hal ini akan cukup merepotkan jika pemilik kartu tersebut ingin membuat transaksi yang lebih dari Rp 2.100.000.

 

Biaya Pembayaran Kartu

Biaya pembayaran kartu atau payment fee terjadi jika Kita membayar tagihan kartu kredit dari bank lain, contoh Kita membayar tagihan kartu kredit bank A di atm Bank B. Biaya pembayaran kartu kredit juga terjadi pada bank-bank yang memiliki sistem pembayaran jadul (jaman dahulu).

 

Kesimpulan

Kenali biaya – biaya kartu kredit sebelum melakukan pembayaran. Sebisa mungkin tanyakan kepada call center credit card jika ada biaya-biaya selain utang Kita. 

 

Kami akan sangat senang dan berterima kasih jika Anda mau berbagi kisah atau memberi komentar mengenai biaya- biaya kartu kredit.

 

 

Artikel-artikel Finansialku kartu kredit:

finansialkuPencurian Data Kartu Kredit di Korea SelatanBaca
finansialku6 Pertimbangan Sebelum Mengambil PinjamanBaca
finansialkuUtang Baik dan Utang Buruk menurut Robert T. KiyosakiBaca

 

Jangan lupa baca artikel-artikel Finansialku:

finansialkuBenarkah Investasi Jangka Panjang Pasti Menguntungkan?Baca
finansialkuData Ekonomi Indonesia (infographic)Baca
finansialkuCara Kaya ala Chairul TanjungBaca