“Investasi jangka panjang pasti menguntungkan” adalah kata-kata yang sering diucapkan oleh tenaga penjual produk-produk investasi. Menurut Anda apakah benar, investasi jangka panjang pasti menguntungkan? Finansialku.com akan membahas kebenaran dari pernyataan investasi jangka panjang pasti menguntungkan.

Benarkah Investasi Jangka Panjang Pasti Mengungtungkan

 

Data dan Sales Pitch

Penulis mencoba mempertanyakan pernyataan umum: investasi jangka panjang pasti menguntungkan. Artikel ini dibuat bukan untuk mendiskreditkan tenaga penjual, tetapi sebagai bahan pertimbangan nasabah atau pembeli dalam mengambil kebijakan berinvestasi. Menurut penulis pribadi, dalam dunia investasi belum ada perusahaan investasi yang berani menggaransi 100% investasinya pasti menguntungkan (bahkan dalam jangka waktu investasi yang panjang).

Tentu Anda pernah mendengar investasi jangka panjang pasti menguntungkan, dari tenaga penjual produk-produk investasi. Apakah Anda setuju dengan pernyataan tersebut? Atau malah menjadi bingung? Menurut pendapat penulis pernyataan tersebut memang bisa dikatakan benar tetapi tidak 100% benar. Tidak ada perusahaan investasi yang berani memberikan garansi atau menjamin investasi jangka panjang pasti menguntungkan. Pernyataan tersebut adalah sales pitch dari tenaga-tenaga penjual produk investasi: reksadana, saham, produk derivative dan lainnya.

Sebaiknya Anda tidak membuat keputusan investasi hanya berdasarkan pernyataan tersebut: “investasi jangka panjang pasti menguntungkan”. Gunakan data-data yang bisa didapat dan pelajari dari data-data tersebut. Contoh jika Kita ingin mengecek investasi reksadana saham X, ada baiknya Kita mengecek rekam jejak (history chart) dari peforma raksadana saham X.

Kita sebagai nasabah ketika melihat data, harus berhati-hati. meskipun data yang disodorkan oleh tenaga penjual 100% adalah fakta dan jujur. Mengapa harus berhati-hati kalau datanya jujur dan sesuai dengan faktanya? Seringkali data yang disodorkan tenaga penjual tidak memperlihatkan seluruhnya. Salah satu pengalaman pribadi penulis adalah: Ada seorang oknum penjual investasi reksadana yang mengatakan: berinvestasi di reksadana saham X pasti untung, trendnya naik (dibarengi dengan rekam jejak performa reksadana saham X dari tahun 2008 – 2013). Ketika ditanya bagaimana dengan performansi sebelum tahun 2008? Setelah dicek perfomansi reksadana saham X juga tidak selalu naik.

 

Apakah Benar Investasi Jangka Panjang Pasti Menguntungkan?

Penulis mencoba melakukan studi dari literature yang membahas apakah investasi jangka panjang pasti menguntungkan. Rudiyanto (2013) menuliskan dalam bukunya hasil penelitian mengenai investasi jangka panjang pasti menguntungkan.

Rudiyanto memberikan penekanan pada “jangka panjang” apakah definisi jangka panjang 3 tahun, 5 tahun, 10 tahun, 15 tahun atau lebih dari 15 tahun? Rudiyanto melakukan penelitian kinerja IHSG selama 27 tahun dari Januari 1984 sampai Maret 2011. Hasil penelitian Rudiyanto ditunjukkan pada gambar berikut:

Benarkah Investasi Jangka Panjang Pasti Mengungtungkan 2

Sumber: Rudiyanto. 2013. “Sukses Finansial dengan Reksadana”

Cara baca:

Investasi selama 5 tahun memiliki 18,8% kemungkinan mengalami kerugian (mengacu pada data aktual IHSG dari Januari 1984 hingga Maret 2011).

 

Pendapat Penulis:

Investasi jangka panjang, contoh 5 tahun masih memiliki 18,8% risiko mengalami kerugian. Berdasarkan grafik di atas, terdapat sebuah kecenderungan semakin lama berinvestasi potensi mengalami kerugian menjadi lebih kecil. Perhatikan pada data investasi di 15 tahun, didapat hasil bahwa investasi 15 tahun memiliki 0% kemungkinan mengalami kerugian. Menurut pendapat pribadi penulis, data 15 tahun masih perlu dipertanyakan, apakah kesimpulan tersebut dapat digeneralisasi untuk investasi?

 

Kesimpulan

Ketika Kita ingin berinvestasi pastikan Kita mengenal betul produk investasi yang akan dibeli. Ada pepatah lama mengatakan: tak kenal maka tak sayang, maka pelajari secara seksama produk investasi sebelum membeli. Menurut Penulis, jargon atau sales pitch agen penjual produk investasi: “Investasi jangka panjang pasti menguntungkan” sebaiknya tidak dimakan mentah-mentah, karena memang belum ada perusahaan investasi yang berani memberikan jaminan atau garansi. Seringkali dalam prospectus atau brosur tertulis: kinerja masa lalu tidak dapat dijadikan perhitungan keuntungan di masa datang.

 

Sumber:

Rudiyanto. 2013. “Sukses Finansial dengan ReksadanaEsensi Investasi Reksa Dana Indonesia”. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

 

Kami akan sangat senang dan berterima kasih jika Anda mau berbagi kisah atau memberi komentar mengenai investasi jangka panjang pasti menguntungkan.

 

 

Artikel-artikel Finansialku terkait investasi:

finansialkuTop 10 Reksadana Juara di Tahun 2013Baca
finansialkuBelajar Saham – Trader dan InvestorBaca
finansialku8 Faktor yang Memperkecil Risiko Investasi ReksadanaBaca

 

Jangan lupa baca artikel-artikel Finansialku:

finansialkuPencurian Data Kartu Kredit di Korea SelatanBaca
finansialkuData Ekonomi Indonesia (infographic)Baca
finansialkuCara Kaya ala Chairul TanjungBaca