Banyak orang yang ingin menjadi wirausaha, tetapi terganjal dengan pendanaan usaha. Finansialku.com akan berbagi artikel dari salah satu penasihat keuangan, bernama Kim Kiyosaki mengenai 4 kunci sukses pendanaan usaha.

4 kunci sukses pendanaan usaha finansialku

 

Pendanaan Usaha: Uang Sendiri atau Uang Orang Lain

Ketika berbicara mengenai pendanaan usaha, semua orang akan dihadapkan pada pilihan menggunakan uang sendiri (modal dari kantong sendiri) atau modal dari orang lain. Jika sudah ada dana dari uang sendiri, biasanya pendanaan bukan permasalahan yang besar. Apa yang terjadi jika uang sendiri tidak cukup? Cari pinjaman atau cari investor (orang yang mau menanamkan uangnya untuk diinvestasikan kepada bisnis Kita).

Sebelum berbicara mengenai 4 kiat sukses pendanaan usaha, penulis ingin memaparkan data mengenai pengusaha dan dana di Indonesia. Apakah Anda tahu jumlah pengusaha UMKM di Indonesia? Menurut sumber 2, jumlah UMKM di Indonesia pada tahun 2013 berada di angka 55,2 juta orang. Kira-kira berapa banyak pengusaha UMKM yang mampu mendapat bantuan pendanaan dari sector perbankan? Di sisi lain ada berita miris, menurut sumber 3, terdapat dana sebesar USD 140 milliar atau setara dengan Rp 1.400.000.000.000.000 (1USD = Rp 10.000) dana warga negara Indonesia yang tersimpan di luar negeri. Wow jumlah yang luar biasa, bagaimana kalau dana itu di bawa ke Indonesia dan diinvestasikan kepada pengusaha-pengusaha di Indonesia?

Pengusaha di Indonesia seringkali mendapat tantangan dari banyak sumber. Tangangan bagi pengsuha di Indonesia bertambah berat lagi dengan adanya masyarakat ekonomi ASEAN (ASEAN Economic Community) tahun 2015.

Tantangan Kelas Menengah Indonesia - Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015 - ASEAN Economic Community 2015 - EMA 2015 - EAC 2015 - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca juga : Masyarakat Ekonomi Asean Tantangan Indonesia]

 

Kata orang: Ibarat menonton bioskop,tidak ada akhir cerita indah, jika tidak ada proses yang menegangkan. Begitupula dengan cerita menjadi seorang pengusaha di Indonesia. Ya betul, pendanaan menjadi masalah tetapi dengan semangat dan kerja keras permasalahan pendanaan usaha selalu ada solusinya.

 

4 Kunci Sukses Pendanaan Usaha

Bagian ini dirangkum dari sumber 1, yang akan menceritakan 4 kunci sukses meyakinkan investor (penanam modal) dan lenders (pemberi pinjaman).

 

Anda membutuhkan OPM

OPM atau other people money dalam bahasa Indonesianya adalah uang orang lain. OPM adalah salah satu jenis pendanaan yang disarankan oleh Kim Kiyosaki sebagai penasihat keuangan. Mengapa Kim menyarankan pengsuaha menggunakan OPM? Beberapa alasan menurut penulis adalah: si pengusaha kekurangan dana, si pengusaha ingin mengungkit (me-leverage) uang yang ada.

1203istockmedium Karyawan Memiliki Saham Perusahaan dengan ESOP

 

Dalam dunia bisnis ada sebuah indikator yang menyatakan seberapa besar hasil investasi dibandingkan dengan modal yang dikeluarkan. Misal seseorang membuat usaha di bidang laundry, dengan modal 100juta, akhir tahun orang tersebut mendapatkan keuntungan bersih setelah pajak sebesar 120 juta, maka tingkat pengembalian investasi atas modal tersebut adalah 120/100 = 1,2 kali.

Bagaimana jika modal yang dikeluarkan adalah 10 juta, dan uang investasi pihak ketiga 110 juta. Jika keuntungan bersih setelah pajak dan pengembalian kepada penanam modal terdapat keuntungan sebesar 20juta, maka tingkat pengembalian modalnya adalah 20 / 10 =  2 kali. Lihat tingkat pengembalian modal lebih besar dengan menggunakan uang orang lain.

Hati-hati dengan pengungkit (leverage), karena selain mengungkit secara positif, hal ini juga akan mengungkit secara negatif. Sederhananya jika bisnis Anda mengalami kerugian, maka Anda harus mengeluarkan uang lebih besar sebagai bentuk pertanggung jawaban kepada pemilik modal. Penjelasan selengkapnya mengenai OPM akan ditulis dalam artikel yang akan datang.

 

Proyek

Ketika seseorang investor ingin berinvestasi, mereka akan bertanya untuk apa uang yang akan mereka investasikan? Apakah dana tersebut untuk mendanai proyek Anda? Jika ya, proyek apa yang akan Anda jalankan? Kemudian hal ini tidak akan lari jauh dari pertanyaan model bisnis.

bmcanvas-basic-model3

[Baca juga : Bisnis Rumahan perlu Model Bisnis]

 

 

Setelah berbicara mengenai bisnis dan modelnya, mereka juga akan bertanya mengenai keuangannya, berapa tingkat pengembalian keuntungan, berapa lama balik modal dan pertanyaan seputar keuangan. Hal ini cukup menyulitkan bagi orang awam. Satu hal tips dari penulis, ketika Anda berbicara sebagai seorang pengusaha yang membutuhkan modal kepada investor atau pemberi pinjaman, mereka berbicara dengan bahasa keuangan. Kosakata-kosakata yang mereka gunakan adalah kosakata keuangan. Jika Anda ingin memukau para investor dan pemberi modal, berbicaralah dengan bahasa yang sama, yaitu bahasa keuangan. Tingkatkan kosakata Anda mengenai keuangan. Setidaknya Anda mengerti apa yang investor katakan dan investor tahu apa yang Anda inginkan.

Menurut Kim dalam penyampaian proyek, pengusaha harus berusaha menceritakan dalam bahasa yang sederhana (jika rumit berarti Anda tidak tahu apa yang Anda kerjakan), tetap meyakinkan dan tetap realistis.

 

Rekan Kerja atau Partner

Dalam bekerja, sebaiknya ada rekan kerja atau partner yang dibutuhkan. Investor juga akan bertanya mengenai partner Anda. Seperti rekam jejak, pengalaman, kemampuan dan lainnya. Pertanyaan investor mengenai rekan kerja Anda, adalah pertanyaan-pertanyaan yang masuk diakal. Sederhananya ada keseimbangan, bagaimanakah tingkat pengalaman rekan kerja Anda, apakah investor merasa aman dan nyaman dengan tingkat keahlian rekan kerja Anda. Rekan kerja disini juga termasuk tim yang Anda buat.

 

Angka Berbicara

Investor di Amerika, sering berkata Show Me the Money (tunjukkan uangnya kepada saya). Angka-angka yang harus Anda paparkan kepada investor harus berbicara apa yang akan Anda lakukan.

Financial Plan

Seperti yang penulis jelaskan di bagian sebelumnya, investor berbicara dengan bahasa keuangan, dengan kosakata keuangan dan Anda mau tidak mau harus berkomunikasi dengan bahasa yang sama, yaitu bahasa keuangan.

 

Manajemen

Setelah faktor orang dan angka, investor juga akan menanyakan kepada Anda bagaimana manajemen Anda akan bekerja? Investor yang pandai tidak akan berinvestasi pada seseorang tetapi berinvestasi pada sistem.

5699093798_81ce16dd45_o_thumb 4 Kunci Sukses Pendanaan Usaha finansialku

Hal ini sangat sederhana sekali, contoh ada seseorang programmer yang luar biasa canggih. Programmer tersebut ingin membuat sebuah aplikasi yang luar biasa dan dial ah yang paling jago dalam tim tersebut. Investor yang pandai akan mempertanyakan apa yang terjadi dengan investasinya jika programmer tersebut tiba-tiba meninggal? Tidak ada sistem yang dapat melanjutkan investasinya. Investor yang pandai ingin berinvestasi pada sebuah sistem yang tidak bergantung pada satu orang.

 

Kesimpulan

Tantangan pendanaan usaha adalah salah satu hal yang menghambat orang untuk menjadi pengusaha. Tantangan tersebut sebaiknya tidak dijadikan alasan untuk move on dan move up. Apakah sulit? Ya sangat sulit bagi sebagian orang yang tidak tahu caranya. Tetapi mudah bagi orang yang tahu caranya. Bagaimana bisa tahu cara mendapatkan pendanaan usaha? Ya mau tidak mau, senang tidak senang harus dipelajari dan dicoba.

 

Sumber:

  • Sumber 1 Kim Kiyosaki. 20 February 2014. Four Factors to Secure Successful Financing. www.richdad.com
  • Sumber 2 Dewa Putu Sumetra. 6 September 2013. Jumlah UMKM di Indonesia Capai 55,2 Juta. www.nasiona.inilah.com
  • Sumber 3 Erlangga Djumena, Kompas Cetak. 12 Desember 2013. Dana Rp 1.680 Triliun Milik WNI Tersimpan di Luar Negeri.

 

Kami akan sangat senang dan berterima kasih jika Anda mau berbagi kisah atau memberi komentar mengenai Pendanaan Usaha.