Mengapa Anda Butuh Rencana Bisnis sebelum mulai menjalankan bisnis? Perencana Keuangan Independen Finansialku kali ini akan berbagi alasan mengapa Anda butuh rencana bisnis.

 

rubrik Finansialku:

Rubrik Finansialku Start It Up

 

Sharing Rencana Bisnis Finansialku

Baru – baru ini ada teman yang bertanya pada saya, kenapa saya memerlukan rencana bisnis, kalau pendanaan usahanya dari saya sendiri dan keluarga? Ada juga yang tanya, ngapain repot-repot membuat rencana bisnis, emangnya kondisi di lapangan bisa sama dengan rencana bisnis?

Pertanyaan tersebut memang seringkali muncul dalam benak calon entrepreneur. Mungkin sobat Finansialku ada juga yang berpikiran seperti itu? Sedikit berbagi dan mengingat kembali, ketika saya dan teman-teman mendirikan Perusahaan Perencana Keuangan Independen Finansialku kami memulai dengan diskusi (istilah kerennya brainstorming). Setelah beberapa kali diskusi terdapat sebuah catatan yang menggambarkan bisnis Finansialku.

 Logo Perencana Keuangan Independen Indonesia Finansialku Apapun Kapanpun Berapapun 2014

 

Berdasarkan catatan tersebut disusun sebuah rencana bisnis yang lebih rapi dan lebih komprehensif. Apakah rencana tersebut berjalan 100%? Jawabannya tentu saja belum dan beberapa ada yang diperbaiki. Contoh strategi pemasaran dengan internet kami perbaiki setelah kami mengikuti beberapa pelatihan internet marketing dan membaca lebih banyak buku – buku internet marketing.  

 Bagaimana Cara Memilih Nama Perusahaan Baru - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Apa yang dapat kami dapatkan dari sebuah rencana bisnis? Hal yang paling penting kami di dalam tim Finansialku, memiliki pemahaman yang sama mengenai bisnis Finansialku. Pemahaman yang dimaksud adalah pemahaman mengenai strategi bisnis, solusi yang dijual (bahasa kerennya value proposition), pemasaran, penjualan, keuangan, operasional dan lain sebagainya. Singkat cerita Finansialku dalam artikel ini akan merangkum 5 alasan Anda butuh rencana bisnis:

 

5 Alasan Anda Butuh Rencana Bisnis

Jadi Anda membutuhkan rencana bisnis karena:

 

Menghindari kesalahan-kesalahan fatal

Rencana bisnis penting dijadikan pegangan agar tidak melakukan kesalahan-kesalahan fatal dalam memulai bisnis.

5 Alasan Anda Butuh Rencana Bisnis - Terhindar Kesalahan Fatal - Finansialku

 

Bisnis itu kaya anak bayi, pada awalnya sangat rentan, terlebih bisnis skala kecil. Hal ini disebabkan karena: kurangnya pengalaman, kurangnya modal, kurangnya pengetahuan dan lainnya. Ketika saya mengambil kuliah, dosen saya berbicara 3 hal yang dapat menghancurkan bisnis (terlebih saat memulainya): Tidak bisa jualan, Tidak bisa mengatur keuangan (cash flow) dan terakhir tuntutan hukum.

 

Menyeimbangkan Emosi dengan Rasio

Pernah dengar istilah dalam bahasa Jawa: “anget-anget tai kucing?” Banyak calon entrepreneur yang punya tenaga besar, passionate, sangat bersemangat di awal hingga lupa melihat fakta dan realitasnya.

5 Alasan Anda Butuh Rencana Bisnis - Roadmap Bisnis -Finansialku

 

Contoh memasang target penjualan yang sangat besar, tanpa melakukan riset terlebih dahulu. Riset dibuat kurang obyektif, yang penting mendukung idenya. Rencana bisnis hadir agar memberikan pertimbangan dari segi fakta, realitas dan rasio. Hal ini sebagai penyeimbang emosi saat baru memulai bisnis.

 

Satu Visi, Satu Misi, Satu Pemahaman

Menurut saya bisnis, perlu dilakukan dengan rekan-rekan. Jangan hanya satu orang pemilik atau single fighter. Kenapa? Banyak masalah yang dihadapi dalam memulai atau merintis usaha. Ada kalanya seorang entrepreneur merasa down, menjadi pesimis. Partner atau rekan bisnis Anda adalah orang yang akan membantu menguatkan.

5 Alasan Anda Butuh Rencana Bisnis - 5W1H Visi dan Misi - Finansialku

 

Permasalahannya jika ada 2 orang partner bisnis, berarti ada 2 otak kan? Bagaimana jika ada 3 atau 4 orang? Rencana bisnis membantu agar masing-masing orang memiliki visi yang sama, misi yang sama dan pemahaman yang sama.

 

Roadmap Bisnis

Berbicara dalam konteks Start-up, eksekusi adalah hal yang penting. Jangan NATO (Not Action Talk Only), NADO (Not Action Dream Only), NACO (Not  Action Concept Only). Salah satu ACTION pertama adalah membuat rencana bisnis itu sendiri. Rencana bisnis itu bentuknya tulisan, tetapi bukan skripsi, tesis atau novel. Buat rencana bisnis yang singkat, padat dan jelas.

5 Alasan Anda Butuh Rencana Bisnis - Rasio - Emosi Entrepreneur - Finansialku

 

Sebagai entrepreneur, rencana bisnis dapat menjadi roadmap kita, seperti menetap prioritas tujuan jangka pendek, menengah dan jangka panjang. Menentukan tujuan perusahaan dalam tahun ini dan 2-3 tahun ke depan.

 

Mengumpulkan Modal

Rencana bisnis bertujuan juga untuk membantu mengumpulkan modal. Bagaimana cara meyakinkan keluarga Anda, teman-teman Anda, investor Anda, perbankan agar mau mendanai usaha Anda? Salah satunya adalah dengan rencana bisnis.

 

Apakah menurut Anda seorang calon entrepreneur perlu membuat rencana bisnis?

 

Sumber:

  • Mistake – http://goo.gl/71jaog
  • Business Owner –  http://goo.gl/JbmyxS
  • 5W1H – http://goo.gl/OKxJiY
  • Young Entrepreneur – http://goo.gl/HM1mQA
  • Ronick David. 2011. 5 Reasons Why Do You Need a Business Plan. http://goo.gl/QzY4Y1

 

Download Slide Kecerdasan Keuangan Keluarga

 

Baca E-Magazines #IndonesianDreams

Edisi Mei 2015