Minyak mentah, salah satu sumber daya alam yang paling dibutuhkan oleh umat manusia ini, juga salah satu produk komoditi yang penting.

Kenapa? Jawabannya, ada di artikel Finansialku berikut ini.

 

Sponsored Article

ICDX Group PNG

 

Minyak Mentah Sebagai Sumber Daya Alam

Minyak mentah adalah salah satu produk komoditi yang punya banyak ‘penggemar’, dan juga salah satu sumber daya alam yang berharga untuk kehidupan manusia.

Minyak mentah, atau minyak bumi, dikutip laman Kompas.com dari Kementerian ESDM RI, dikatakan sebagai hasil proses alami berupa hidrokarbon yang dalam kondisi tekanan dan temperatur atmosfer berupa fasa cair atau padat.

Dalam UU No. 22 Tahun 2001, berbunyi bahwa minyak bumi dan gas bumi adalah sumber daya alam strategis yang tidak terbarukan yang merupakan kekayaan nasional yang dikuasai oleh negara, serta komoditi vital yang menguasai hajat hidup orang banyak dan mempunyai peranan penting dalam perekonomian nasional.

5 Alasan Minyak Mentah Akan Selalu Jadi Komoditi Penting 02 - Finansialku

[Baca Juga: Inilah Spesifikasi Kontrak Berjangka Minyak Mentah (Crude Oil)]

 

Minyak mentah dimanfaatkan oleh banyak sektor dan industri untuk menyokong kelancaran mereka dalam menjalani kegiatan sehari-hari. Seperti misalnya di rumah tangga, kita banyak menggunakan minyak yang diolah menjadi LPG untuk kebutuhan sehari-hari.

Bukan cuma itu, minyak juga banyak digunakan untuk produk rumah tangga lainnya, seperti tinta, plastik, cat, pupuk, deterjen, petrokimia, dan produk-produk lainnya.

5 Alasan Minyak Mentah Akan Selalu Jadi Komoditi Penting 03 - Finansialku

[Baca Juga: GOFX Micro-Sized Contracts, Produk Efisien Milik ICDX!]

 

Sementara di bidang industri, bahan baku minyak sering dimanfaatkan untuk bahan bakar kendaraan, pelumas untuk mesin, bahan bakar mesin, bahkan pembangkit listrik.

Krusialnya minyak mentah untuk memenuhi kebutuhan kehidupan manusia, ini dibuktikan dengan banyaknya total konsumsi minyak bumi di negara-negara seluruh dunia.

Berdasarkan data bursa komoditi ICDX, di tahun 2019 saja, total konsumsi minyak bumi mencapai 59.329,46 barel.

Ini juga menjadi bukti bahwa minyak mentah sebagai produk komoditi menjadi salah satu produk yang bisa dipertimbangkan oleh Sobat Finansialku.

 

Minyak Mentah Sebagai Produk Komoditi

Finansialku akan memberikan beberapa alasan kenapa minyak mentah akan selalu menjadi produk komoditi yang penting, yaitu:

 

#1 Banyak Dibutuhkan

Sebagaimana sudah dijelaskan, minyak adalah salah satu sumber energi yang banyak dibutuhkan oleh manusia.

Kehadirannya mengisi segala aspek kehidupan manusia, membuat minyak akan selalu dibutuhkan oleh seluruh manusia di dunia.

 

#2 Peluang Untung Jangka Panjang

Harga minyak mentah cenderung fluktuatif dan sangat sensitif dengan berita dan hubungan diplomatis antar negara.

Meski begitu, jika ini dijadikan aset investasi jangka panjang, tidak menutup kemungkinan adanya keuntungan yang signifikan.

Hal ini dikarenakan minyak mentah terus mengalami kenaikan yang relatif stabil setiap tahunnya, yang mana artinya, ini akan terus dibutuhkan dan diminati.

 

#3 Sumber Daya Terbatas

Minyak adalah salah satu sumber daya alam yang keberadaannya terbatas. Berdasarkan informasi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), pada 2016, dikatakan bahwa cadangan minyak yang ada saat ini hanya bertahan untuk sekitar 23 tahun ke depan.

Jika dipertimbangkan menggunakan hukum ekonomi, dimana semakin sedikit pasokan barang, maka semakin mahal pula harga yang dipatok.

Begitu juga dengan minyak mentah, ketika pasokan mulai menipis, maka Sobat Finansialku punya kesempatan untuk menaikkan harga.

 

#4 Langka

Menyambung poin sebelumnya, karena sumber dayanya yang terbatas, penjualan minyak ini kemudian menjadi lebih langka jika dibandingkan dengan produk komoditi lainnya.

Minyak Bumi 3

[Baca Juga: Saatnya Diversifikasi Portofolio dengan Alternatif Investasi]

 

#5 Modal Awal Rendah

Di bursa komoditi, modal awal untuk melakukan transaksi emas memang cukup mahal, karena kadang dipatok dengan minimal pembelian 100 barel per lot.

Tapi sekarang, Sobat Finansialku bisa melakukan transaksi dengan harga yang terjangkau dengan memanfaatkan produk GOFX dari ICDX (Indonesia Commodity and Derivatives Exchange).

GOFX adalah produk instrumen derivatif yang terdiri dari Kontrak Spot Emas, Kontrak Berjangka Minyak Mentah, dan Kontrak Spot Forex berukuran mini (1/10 dari kontrak standar).

Jika produk ini dianggap terlalu besar, ICDX juga menyediakan GOFX micro, yang berisi kumpulan kontrak spot dan berjangka yang berukuran mikro (1/100 dari ukuran kontrak standar).

Jadi, Sobat Finansialku bisa tetap melakukan transaksi di pasar komoditi tanpa harus khawatir dengan modal yang banyak.

Ini juga cocok dijadikan sebagai penghasilan investasi sebagai strategi menambah penghasilan bulanan Sobat Finansialku. Lebih lengkapnya, Sobat Finansialku bisa menonton online course dari Finansialku berjudul Income Breakthrough secara GRATIS hanya dengan menekan tombol di bawah ini sekarang!

Income Breaktrough Strategi Menambah Pemasukan

Tonton Online Course

 

Proyeksi Minyak Mentah

Minyak mentah masih akan menjadi sumber energi utama dalam beberapa, bahkan puluhan tahun mendatang. Jadi, pasar komoditi satu ini bisa terus membuka peluang keuntungan bagi masyarakat, terutama lewat trading.

 

Itu dia lima alasan kenapa minyak mentah menjadi produk komoditi yang paling diminati. Apakah Sobat Finansialku punya pendapat lain? Yuk, kita diskusikan di kolom komentar!

Jika informasi bermanfaat, Sobat Finansialku bisa membagikannya pada teman-teman atau keluarga lewat pilihan platform yang tersedia di bawah ini. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 18 November 2020. Apa Manfaat Perdagangan Berjangka Minyak Mentah?. Valbury.co.id – https://bit.ly/3nAomj3
  • Admin. 4 Juli 2016. Minyak Bumi. Indonesia-investments.com – https://bit.ly/32UnU7A
  • Admin. 10 September 2019. Menggali Manfaat Minyak dan Gas Bumi untuk Energi Kehidupan. Synergysolusi.com – https://bit.ly/2K8tvjR
  • Arum Sutrisni Putri. 28 Mei 2020. Potensi Sumber Daya Alam Minyak Bumi. Kompas.com – https://bit.ly/3nM0v07
  • Admin. 23 Juni 2020. 10 Manfaat Minyak Bumi Bagi Kehidupan. Sudutenergi.com – https://bit.ly/3nxuKYn
  • Admin. ICDX Group. 4 November 2020. Instagram.com – https://bit.ly/2KjYk5m

 

Sumber Gambar:

  • Minyak Mentah 01 – https://bit.ly/3fEfMNn
  • Minyak Mentah 02 – https://bit.ly/33iyBRy
  • Manfaat Minyak Mentah – https://bit.ly/3fDbOVn

 

Ebook Panduan Sukses Atur Gaji Ala KARYAWAN

Download Sekarang, GRATISSS!!!

4 Ebook Panduan Sukses Mengatur Gaji Ala Karyawan