Di era finansial global yang perkembangannya semakin lambat, semakin banyak masyarakat yang mencari cara untuk meningkatkan pendapatannya dengan cara kerja lembur, kerja sambilan, dan sebagainya. Namun itu berarti Anda mengorbankan waktu bersama keluarga hanya demi menukarnya demi uang. Mari kita bahas bersama solusi untuk memperoleh uang lebih tanpa harus mengorbankan waktu Anda yang berharga.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Berkembangnya Media Bisnis Online

Seiring perkembangan teknologi, mencari tambahan uang juga semakin mudah. Kini, banyak bisnis yang menggunakan media online sebagai sarananya. Anda dapat tetap berakhir pekan dengan keluarga sambil menjalankan bisnis online Anda di rumah. Salah satu alternatif menarik yang tidak akan mengganggu rutinitas Anda sehari-hari namun membantu Anda memperoleh pendapatan tambahan. Apa saja cara yang dapat Anda gunakan untuk memanfaatkan media online ini dalam memperoleh uang tambahan? Melalui artikel ini, Finansialku akan membantu Anda mendapatkan tambahan uang dengan cara sederhana.

5 Cara Sederhana untuk Mendapatkan Uang Secara Online 2 - Finansialku

[Baca Juga: Ini Manfaat Online Marketing untuk Bisnis Waralaba]

 

#1 Mulailah Membuat Website Pribadi Anda

Anda dapat menyalurkan hobi Anda sambil menceritakannya melalui website pribadi Anda. Atau Anda dapat menggunakan website umum seperti Youtube untuk menceritakan kehidupan sehari-hari Anda. Misalkan Anda hobi memasak, Anda dapat membuat resep-resep menarik yang praktis sehingga menarik pembaca untuk mencobanya di rumah. Atau Anda juga dapat merekam proses memasak Anda dan membuat vlog yang menarik. Dengan begitu, Anda dapat memperoleh sedikit tambahan uang dari blog atau vlog yang Anda buat. Sebagai contoh, Anda dapat memperoleh uang dari Youtube dengan meningkatnya jumlah subscriber Anda, atau dari iklan yang disiarkan pada akun Youtube milik Anda. Menarik bukan?

 

#2 Cobalah Affiliate Marketing

Affiliate marketing ini adalah model bisnis yang bisa mendatangkan penghasilan pasif, dan relatif mudah bagi pemula. Affiliate marketing itu sebenarnya model bisnis yang sudah ada sejak dahulu, yaitu bisnis makelar atau perantara yang menggunakan media online sebagai sarananya. Jika Anda tidak memiliki produk atau jasa untuk dipasarkan, Affiliate marketing membantu Anda untuk dapat menggunakan internet sebagai media dalam membantu memasarkan produk orang lain dengan upah atau komisi tertentu. Sebagai contoh, Anda dapat membantu memasarkan produk di website pribadi Anda hanya dengan mencantumkan link iklan produk atau jasa terkait. Semakin besar dan luas cakupan website pribadi Anda, maka umumnya biaya pemasaran tersebut juga semakin besar, sehingga penting untuk aktif dalam meng-update website pribadi Anda agar tetap menarik.

Hai Pemilik Bisnis Online, Gini Cara Mengatur Keuangan Anda Agar Tidak Berantakan - Finansialku

[Baca Juga: Hai Pemilik Bisnis Online, Begini Cara Mengatur Keuangan Anda Agar Tidak Berantakan]

 

#3 Menjadi Penulis Dadakan

Tidak peduli seperti apa gaya hidup yang Anda jalani, tentunya Anda memiliki sebuah cerita yang dapat Anda bagikan kepada orang lain. Selain menggunakan blog seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, alternatif lain untuk berbagi cerita adalah dengan menulis buku elektronik (e-book) Anda sendiri. Anda dapat mencari format buku yang sesuai secara online dan memasarkannya secara online juga. Media online adalah sarana yang sangat luas sehingga Anda dapat berkreasi sesuai kemampuan Anda. Buku bukan berarti hanya berisi cerita saja lho.Salah satu contohnya jika Anda hobi memasak, Anda dapat membukukan resep-resep Anda dan menjualnya secara online.

 

#4 Mengisi Survei Online

Kini banyak perusahaan yang berusaha mengembangkan usahanya berdasarkan masukan dari pelanggan dan calon pelanggan potensialnya. Salah satu cara yang mereka gunakan adalah survei online yang dapat diakses kapan saja. Tetapi banyak orang yang malas mengisi survei, sehingga perusahaan memberikan insentif yang menarik pelanggan untuk mengisi survei tersebut. Insentif yang diberikan dapat berupa uang atau mungkin kupon belanja. Anda dapat memanfaatkan cara ini untuk memperoleh tambahan uang. Hanya dengan bermodalkan internet dan mengisi survei online Anda bisa memperoleh benefit atau pendapatan tambahan.

bisnis-online-dropship-affiliate-atau-reseller-mana-yang-paling-menguntungkan-1-finansialku

[Baca Juga: Model Bisnis Online Dropship, Affiliate atau Reseller, Mana yang Paling Untung?]

 

#5 Kerja Sambilan Secara Online

Apakah Anda memiliki kemampuan dalam bidang IT atau menulis? Atau jika Anda hanya memiliki kemampuan mengetik, Anda dapat mencari kerja sambilan secara online. Sebagai contoh, Anda dapat bekerja sebagai admin yang menginput data perusahaan atau membuat software sederhana yang digunakan oleh perusahaan. Banyak perusahaan yang kini mencari tenaga kerja freelance sebagai sumber dayanya. Dikarenakan biaya yang lebih murah, perusahaan tidak perlu pusing memikirkan tunjangan bagi freelancer. Selain menguntungkan bagi perusahaan, tentu menguntungkan juga bagi Anda, Anda dapat bekerja di rumah dan pada waktu senggang Anda di sela-sela pekerjaan utama Anda.

daftar-website-dan-platform-yang-harus-anda-coba-untuk-investasi-online-finansialku

[Baca Juga: Daftar Website dan Platform Investasi Online di Indonesia yang Harus Anda Kunjungi]

 

Mudahnya Memperoleh Uang Tambahan Secara Online

Berbeda dengan zaman dahulu sebelum ditemukannya internet, kini zaman semakin maju dan teknologi semakin berkembang. Hanya dengan bermodalkan komputer dan internet, Anda dapat memperoleh tambahan uang dengan mudah tanpa harus mengorbankan waktu bersama keluarga Anda. Manfaatkanlah beberapa cara di atas sebagai salah satu langkah awal Anda dalam berbisnis online. Siapa tahu di masa depan Anda hanya tinggal bersantai-santai di rumah setiap hari dan penghasilan dapat terus mengalir ke rekening Anda.

 

Apakah Anda mengetahui cara untuk berbisnis online lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Brian Edmondson. 4 August 2016. 5 Simple Ways to Make Money Online. Thebalance.com – https://goo.gl/Rfjc5p

 

Sumber Gambar:

  • Make money online – https://goo.gl/I0WjyE dan https://goo.gl/kl4PzX

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang