Masih bingung dan butuh inspirasi desain Apartemen Studio milikmu agar nyaman ditinggali dan nyaman dilihat?

Mendesain ruang apartemen studio dengan karakteristik ukuran yang relatif kecil, terkadang membutuhkan sentuhan khusus agar sesuai dan tetap nyaman untuk ditinggali.

Jika masih bingung untuk memilih desain yang tepat, kali ini Finansialku akan memberikan beberapa referensinya.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Inspirasi dan Referensi Desain Apartemen Studio

Apartemen, kini menjadi salah satu properti yang cukup difavoritkan banyak orang, terutama yang tinggal di kota-kota besar.

Kemunculan apartemen kini sangatlah masif, mengingat jenis properti inilah yang bisa menjadi solusi tepat menyikapi semakin padatnya penduduk dan lahan yang kian terbatas.

Memiliki apartemen, maka kamu tak perlu memikirkan harga tanah yang kian melambung tinggi, juga harga rumah yang tak lagi murah.

Selain itu, apartemen bisa dijadikan sebagai alternatif tepat dalam menjangkau mobilitas sehari–hari yang lebih banyak dilakukan di tengah kota.

 

Nah seiring dengan berjalannya waktu, apartemen pun semakin berkembang dengan banyak sekali ragam desainnya yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Seperti apartemen bertipe loft, alcove, convertible, dan salah satu yang menjadi favorit yakni tipe studio.

Untuk kamu yang belum berkeluarga, apartemen tipe studio adalah yang paling cocok.

Mengingat ukurannya yang relatif kecil dan biasanya memiliki satu kamar saja. Namun ukuran yang kecil terkadang menjadi sebuah tantangan dalam menata dan mendesain agar ruangan terlihat lebih luas dan nyaman.

Sebagai referensi untuk menata ruangan apartemen studio, kali ini Finansialku akan memberikan beberapa inspirasi desain yang dapat kamu aplikasikan. Tanpa berlama-lama berikut ini pembahasannya..

 

#1 Apartemen studio LifeEdited by Graham Hill

Inspirasi yang pertama datang dari Apartemen Studio type 21 LifeEdited by Graham Hill.

Apartemen yang berlokasi di New York, Amerika Serikat ini memiliki luas 40 m2. Mereka mengusung konsep bernama One Size Fits All dengan  interior yang mudah untuk dipindahkan.

5+ Inspirasi Desain Apartemen Studio, Mungil dan Super Nyaman 1

 

Contohnya adalah kasur lipat yang dapat disembunyikan di dinding, lemari yang dapat ditarik dan digeser, hingga komputer PC yang diletakkan di belakang lemari.

Selain itu, touching interior menggunakan material berbahan dasar kayu yang dicat berwarna putih, sehingga menimbulkan kesan yang cerah..

 

#2 Sekat Kaca Transparan

Salah satu referensi yang bisa kamu aplikasikan untuk interior apartemen studio adalah penggunaan kaca transparan.

Kaca tersebut disematkan dalam besi bergaya industrial sehingga dapat menjaga privasi tanpa menimbulkan kesan yang sempit.

5+ Inspirasi Desain Apartemen Studio, Mungil dan Super Nyaman 2

 

Tak hanya itu, sekat kaca juga dapat menambah kesan estetik dan minimalis. Kamu bisa menyematkannya di antara ruang fungsional dan tempat tidur.

 

#3 Apartemen Versailles by Catseye Bay

Desain interior dari apartemen studio yang satu ini dilengkapi oleh furniturefurniture multifungsi yang dirancang oleh Catseye Bay, Interior designer asal Sydney, Australia.

Dengan furniture multifungsi tersebut, membuat ruangan apartemen seluas 36m2 menjadi lebih fleksibel.

5+ Inspirasi Desain Apartemen Studio, Mungil dan Super Nyaman 3

 

Salah satu furniture yang disematkan antara lain lemari pakaian yang terbuat dari kayu dan dapat beralih fungsi sebagai hiasan dinding serta rak penyimpanan buku. Lemari juga dapat difungsikan sebagai sekat pemisah antara ruang fungsional dan tempat tidur.

Sehingga privasimu  dapat terjaga dengan baik. Tak lupa interior pun di dominasi oleh material kayu yang dicat warna putih agar mendapatkan kesan yang luas.

 

#4 Perpaduan Warna Hitam, Putih, Abu-abu yang Netral

Dengan ukuran ruangan yang relatif terbatas, kamu juga bisa memadukan warna-warna netral seperti hitam, putih, maupun abu-abu.

Sebab dengan perpaduan tersebut maka ruangan akan terasa lebih luas dan menambah kesan modern minimalis serta tidak monoton.

 

#5 Tema Scandinavian Chic

Desain bertema Scandinavian modern juga bisa nih kamu pertimbangkan. Vibes seperti tinggal di sebuah apartemen di tengah kota New York tentu bisa kamu rasakan dengan baik.

Kamu dapat memadukan antara warna abu-abu dan putih serta menyematkan hiasan dinding yang artistik.

5+ Inspirasi Desain Apartemen Studio, Mungil dan Super Nyaman 5

 

Selain itu, kamu juga dapat berkreativitas pada aspek dekorasi, seperti menggunakan karpet bermotif, serta menentukan pilihan furniture.

Selain itu kesan nature juga bisa didapat dengan menambahkan tanaman hidup yang diletakkan di sudut-sudut ruangan.

 

#6 Desain Apartemen Studio by MYCC

Salah satu apartemen studio yang terletak di Kota Madrid, Spanyol hasil karya dari MYCC ini bisa kamu pertimbangkan. Walau ruangan hanya memiliki luas 20 m2 saja, akan tetapi setiap sudut ruangan dapat difungsikan secara maksimal.

Bayangkan dengan luas tersebut terdapat beberapa ruangan yang bisa digunakan. Seperti ruang tidur, tempat kerja, ruang santai, kamar mandi, hingga dapur.

5+ Inspirasi Desain Apartemen Studio, Mungil dan Super Nyaman 6

 

Uniknya, designer menyematkan sebuah tangga vertikal yang menghubungkan bagian bawah dengan atas. Sehingga vibes layaknya sebuah rumah di dunia maya atau video game sangatlah terasa.

Tak lupa interior didominasi oleh pemilihan warna putih yang menambah kesan luas, mewah, dan modern.

 

#7 Apartemen Studio Untuk Wanita Modern

Bagi kamu kaum hawa yang hidup mandiri di tengah hiruk pikuk perkotaan, ada nih rekomendasi desain interior apartemen studio yang cocok.

Uniknya, kamu tak usah ragu untuk menyematkan banyak sekali dekorasi. Bahkan terlihat pemilihan warna yang bertabrakan dan terkesan penuh dengan aksesoris.

5+ Inspirasi Desain Apartemen Studio, Mungil dan Super Nyaman 7

 

Dengan pemilihan gaya interior tersebut justru menambah kesan yang hidup. Ditambah lagi pemilihan furniture yang tepat seperti sebuah sofa empuk, kursi yang terbuat dari kaca, hingga bantal.

Untuk memisahkan antara ruang tidur dan ruang fungsional, digunakan sebuah kabinet multifungsi.

Suasana apartemen studio tersebut terasa sangat hidup namun tetap menjaga estetika dan kerapihannya.

 

#8 Nuansa Monokrom

5+ Inspirasi Desain Apartemen Studio, Mungil dan Super Nyaman 8

 

Pemilihan warna interior menjadi salah satu kunci yang perlu diperhatikan dalam mendesain ruangan apartemen studio.

Nah salah satu yang kami rekomendasikan adalah pemilihan warna bernuansa monokrom, baik pemilihan warna cat, hingga furniture.

Pemilihan nuansa monokrom akan menambah vibes yang cozy, cocok banget untuk menemani waktu istirahatmu setelah seharian berkegiatan. Akan tetapi kesan estetik dan modern masih sangat terasa.

 

Dengan menyematkan desain yang tepat dan sentuhan yang sesuai sekaligus tidak berlebihan, dapat menyulap apartemen studiomu yang berukuran mungil, menjadi hunian yang sangat nyaman untuk ditinggali.

Dan yang pastinya, referensi desain di atas juga bisa kamu aplikasikan untuk apartemenmu.

 

banner -investasi property asset atau liabilitas (1)

 

Itulah beberapa inspirasi desain untuk apartemen studio yang bisa kamu pertimbangkan. Jadi kira-kira desain manakah yang akan diaplikasikan di ruang apartemen milikmu.

Jangan segan untuk membagikan artikel ini untuk menginspirasi teman dan kerabatmu…

Semoga bermanfaat…

 

Sumber referensi:

  • Hafif Rahman. 28 April 2020. 16 Inspirasi Desain Apartemen Studio Untuk Tipe 21. Casaindonesia.com – https://bit.ly/3qsNDgT
  • Ulfa Luthfia Hidayatty. 17 Februari 2020. 10 Inspirasi Desain Apartemen Studio Estetik, Mungil Tapi Nyaman. Idntimes.com – http://bit.ly/2Zpkrvv
  • Admin. 25 November 2017. 7 Desain Apartemen Studio Mungil yang Super Nyaman. Dekoruma.com – http://bit.ly/3arcWKK

 

Sumber Gambar:

  • https://bit.ly/2OElYMq
  • https://bit.ly/3qsNDgT
  • http://bit.ly/3arcWKK
  • http://bit.ly/2Zpkrvv