Anda seorang pasangan baru? Apa saja jurus tepat mengatur keuangan pasangan baru agar terhindar dari percekcokan rumah tangga?

Kesalahan mengatur keuangan adalah problematika yang kerap memicu ketidak harmonisan rumah tangga, terlebih untuk pasangan muda. Jangan sampai terjadi pada Anda, yuk temukan solusinya di artikel berikut ini.

Check this out!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Keuangan Bagi Pasangan Baru

Menjalani kehidupan setelah pernikahan adalah momen yang jadi dambaan bagi setiap pasangan.

Meskipun dalam prosesnya tidak terlepas dari ujian dan tantangan, karena banyaknya perubahan dan proses penyesuaian. Entah kebiasaan atau pola pemikiran yang mungkin tak sejalan.

Salah satu tantangan yang dihadapi terutama oleh pasangan muda adalah soal keuangan. Tidak sedikit diantaranya harus bersitegang, ketika ada perbedaan soal cara mengatur keuangan.

Padahal, kemampuan mengatur keuangan ini sangat penting, untuk menjaga keharmonisan rumah tangga, merealisasikan berbagai tujuan keuangan bersama, hingga mencapai keuangan yang merdeka.

5 Jurus Tepat Mengatur Keuangan untuk Pasangan Muda 02

[Baca Juga: 10 Pos Keuangan Rumah Tangga yang Wajib Diketahui Pasangan Muda]

 

Nah, untuk mendapatkan itu semua, pastikan Anda dan pasangan berada pada satu frekuensi dalam mengatur keuangan. Seperti menyatukan visi misi soal finansial.

Sangat disarankan, sejak awal pernikahan persoalan keuangan ini didiskusikan dan disepakati bersama, supaya tidak ada masalah berarti yang terjadi di kemudian hari.

Sebab bukan tidak mungkin, kesalahan mengatur keuangan di keluarga bisa menjadi trigger munculnya berbagai masalah pernikahan hingga berujung perpisahan.

Tentu Anda tidak menginginkan hal ini terjadi pada kehidupan rumah tangga Anda, bukan?

Selagi masih ada waktu dan kesempatan untuk memperbaiki, yuk atur keuangan keluarga dengan cara yang tepat.

 

Lakukan 5 Jurus Ini untuk Hindari Masalah Keuangan Rumah Tangga

Setiap pasangan pasti mengharapkan kehidupan rumah tangganya berjalan aman tanpa banyak persoalan.

Tapi bagi pasangan muda, perlu disadari bahwa Anda maupun pasangan sama-sama menghadapi proses penyesuaian dalam berbagai hal salah satunya dalam mengatur keuangan.

Hal ini tidak bisa dianggap sederhana atau disepelekan begitu saja. Walaupun Anda dan pasangan sudah terikat dalam pernikahan, tidak menutup kemungkinan cara pandang Anda dalam mengatur keuangan keluarga berbeda dengan yang dipikirkan oleh pasangan.

Perbedaan inilah yang sering jadi penghambat tercapainya tujuan keuangan keluarga. Bahkan, Anda dan pasangan bisa saling menyalahkan satu sama lain jika cara mengatur keuangan tidak disepakati bersama.

 

Supaya tidak banyak percekcokan dalam rumah tangga khususnya berkaitan dengan keuangan, sedari dini lakukan 5 jurus berikut ini:

 

#1 Jurus Pertama: Jangan Ada Dusta Di Antara Kita

Saat menjalani kehidupan setelah pernikahan, hal yang perlu ditekankan antara Anda dan pasangan adalah soal keterbukaan, termasuk dalam hal keuangan.

Jangan ada dusta dalam pernikahan apalagi soal keuangan. Karena satu sama lain berhak mendapat kejelasan mengenai kondisi keuangan masing-masing, baik sistem pisah harta atau tidak pisah harta.

Adanya keterbukaan mengenai kondisi keuangan, bisa membuat Anda dan pasangan lebih menghargai dan memahami untuk membuat perencanaan keuangan yang matang.

Keterbukaan ini seperti mengkomunikasikan soal pendapatan bulanan, cicilan atau kredit yang harus dibayarkan, termasuk investasi yang tengah dijalani.

Manfaatnya, Anda dan pasangan bisa meminimalkan kecurigaan dan menghindari percekcokan rumah tangga.

5 Jurus Tepat Mengatur Keuangan untuk Pasangan Muda 03

[Baca Juga: 10 Cara Menghindari Masalah Keuangan Dalam Keluarga Muda]

 

#2 Jurus Kedua: C.D.U (Cash Flow, Dana Darurat, Utang)

Jurus berikutnya untuk mengatur keuangan rumah tangga adalah mengelola cash flow, merencanakan dana darurat, dan melunasi utang.

Nah, saat akan mengelola cash flow setidaknya Anda dan pasangan sudah saling terbuka dan tidak ada dusta, sehingga mengetahui sumber penghasilan rumah tangga, jumlah, dan waktu penerimaannya. Setelah itu, buat anggaran pengeluaran bulanan.

Jika Anda bukan tipe orang yang selalu membawa buku catatan dan pulpen ke manapun Anda pergi untuk catat keuangan, Anda bisa coba menggunakan Aplikasi Finansialku.

Aplikasi Finansialku bisa membantu mencatat keuangan langsung dari handphone Anda. Cara penggunaannya pun mudah, setiap pengeluaran bisa dicatat langsung di menu Pencatatan Keuangan. Anda pun bisa mengatur widget untuk diletakkan di home ponsel agar mencatat keuangan lebih mudah lagi.

Jika pengeluaran Anda ternyata melebihi anggaran, Aplikasi Finansialku akan memberikan notifikasi sebagai pengingat agar Anda lebih bijak menggunakan uangnya.

Download Aplikasi Finansialku Sekarang!!

Download Aplikasi Finansialku

 

Oh ya, bukan cuma itu, dengan Aplikasi Finansialku, Anda juga bisa lebih mudah untuk merencanakan dana darurat.

Setidaknya dana darurat yang harus Anda miliki minimal 9-12 kali pengeluaran per bulan. Anda bisa membaca artikel ini untuk lebih memahami tentang dana darurat:

Definisi Dana Darurat dan Cara Mudah Mempersiapkannya

Nah, setelah mengatur cash flow dan merencanakan dana darurat, jangan lupakan soal utang ya.

Jika Anda atau pasangan mempunyai utang konsumtif, sebaiknya segera lunasi. Misalnya, utang kartu kredit, KTA, utang untuk biaya menikah, utang untuk jalan-jalan atau keperluan honeymoon.

 

#3 Jurus Ketiga: Proteksi/Asuransi

Jurus tepat mengatur keuangan rumah tangga yang berikutnya adalah mempersiapkan proteksi misalnya asuransi.

Kenapa sih harus punya proteksi?

Jawabannya, karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi esok hari atau masa yang akan datang. Proteksi ini ada bermacam jenisnya. Bisa untuk kesehatan, aset, pendidikan, dan sebagainya.

Piramida-Perencanaan-Keuangan-Finansialku

Piramida Perencanaan Keuangan Finansialku, Prioritaskan Keamanan Keuangan

 

Dalam piramida perencanaan keuangan, proteksi atau asuransi termasuk dalam keamanan keuangan. Manfaatnya mungkin tidak dirasakan saat ini, tapi kelak di masa yang akan datang.

Contohnya, asuransi kesehatan. Sebagai sumber pencari nafkah atau tulang punggung keluarga, Anda sangat disarankan memiliki asuransi kesehatan.

Kelak ketika Anda jatuh sakit dan tidak memungkinkan untuk kembali bekerja. Artinya akan ada pengurangan sumber penghasilan. Jika sudah memiliki proteksi kesehatan, Anda tidak perlu khawatir karena asuransi akan cover biaya pengobatan.

Ini baru contoh kecil manfaat asuransi yang bisa dirasakan. Bersama pasangan, Anda sebaiknya mendiskusikan hal ini sejak awal pernikahan.

Jika dirasa perlu mendapatkan advice lain mengenai proteksi yang tepat untuk Anda dan pasangan, sebagai perencana keuangan Finansialku, dengan senang hati saya siap membantu.

Lebih lanjut, Anda bisa berkonsultasi dengan saya melalui Aplikasi Finansialku atau melalui konsultasi.finansialku.com. Melalui kedua platform tersebut, Anda juga bisa konsultasi terkait hal keuangan lainnya ya.

 

banner -cara memilih dan alasan penting asuransi kesehatan

 

#4 Jurus Keempat: Buat Perencanaan Keuangan

Next, jurus mengatur keuangan rumah tangga adalah membuat perencanaan keuangan. Hal ini sifatnya wajib dimiliki. Kenapa?

Mungkin zaman dahulu tidak semua orang tua memiliki mengenalkan pentingnya perencanaan keuangan kepada anak-anaknya.

Tapi perlu diketahui bahwa tantangan yang Anda hadapi saat ini dalam mengatur keuangan setelah menikah, berbeda dengan tantangan yang dihadapi orang tua zaman dahulu.

Bisa dilihat dari contoh sederhana. Saat ini biaya hidup semakin mahal dan kebutuhan manusia menjadi lebih banyak. Coba saja Anda bedakan kebutuhan dasar untuk hidup zaman sekarang dan zaman dahulu.

Adanya godaan pengeluaran konsumtif, kredit dan cicilan yang hebat.

Beragam produk investasi, baik yang legal maupun ilegal, tradisional maupun online.

 

Dengan membuat perencanaan keuangan akan membantu mengatur keuangan agar Anda dapat mewujudkan tujuan-tujuan keuangan bersama. Seperti dana pendidikan, liburan, membeli rumah, dana pensiun, dan sebagainya.

Atas alasan inilah Finansialku hadir. Aplikasi Finansialku dirancang khusus untuk membantu setiap individu merencanakan dan mengelola keuangan secara pribadi.

Selain fitur-fitur yang sudah disebutkan sebelumnya, aplikasi Finansialku punya beragam fitur lain yang bisa membantu Anda merencanakan keuangan secara komprehensif, mulai dari cek kesehatan keuangan hingga edukasi keuangan melalui berbagai media dan pelatihan khusus.

 

#5 Jurus Kelima: Berinvestasi

Last but not least, berinvestasi adalah jurus tepat dalam mengatur keuangan rumah tangga.

Tapi perhatikan, saat akan berinvestasi setidaknya Anda dan pasangan sudah mempunyai tujuan keuangan bersama sehingga kendaraan investasi yang dipilih, bisa disesuaikan untuk mencapai tujuan tersebut.

Investasi menjadi jalan terbaik agar membuat uang bekerja untuk menghasilkan keuntungan bagi Anda tanpa harus menukarkan waktu, tenaga dan pikiran layaknya ketika Anda bekerja di kantor.

Bagi seseorang yang memiliki gaji kecil sekalipun, tidak mustahil untuk mendapatkan tujuan-tujuan keuangan yang terlihat sangat besar. Syaratnya adalah Anda mampu menemukan investasi yang menguntungkan sesuai kebutuhan Anda dan disiplin untuk terus menjalankannya secara berkala.

Jika Anda ingin menemukan investasi yang menguntungkan, Anda harus mengenal karakteristik Anda sebagai investor.

Investasi terbaik bagi setiap orang bisa berbeda-beda dengan orang lainnya karena pilihan investasi bersifat personal.

Simak 3 hal penting dalam berinvestasi yang harus dilakukan bagi pasangan muda dalam video berikut ini.

 

Tepat Mengatur Keuangan, Sukses Jalani Kehidupan Pernikahan

Sobat Finansialku, itulah 5 jurus mengatur keuangan yang harus diterapkan terutama oleh pasangan muda.

Meski kehidupan pernikahan tidak selalu berjalan mulus, tapi setidaknya Anda dan pasangan sudah meminimalkan konflik sensitif soal uang.

Tidak apa jika saat ini Anda belum menerapkan pola mengatur keuangan yang tepat. But anyway, tidak ada kata terlambat. Yuk perbaiki sekarang juga dan raih kebahagiaan dalam pernikahan dengan tercapainya tujuan keuangan.

Anda bisa dengarkan audiobook ini juga yang bisa membantu Anda mengelola keuangan keluarga baru.

banner -newly wedding

 

Sobat Finansialku, jika Anda termasuk pasangan muda yuk berikan tanggapan mengenai artikel ini dengan mengisi kolom komentar di bawah.

Jangan lupa bagikan artikel kepada pasangan muda lainnya supaya mereka bisa meraih kebahagiaan dan kemudahan mencapai tujuan keuangan. Terima kasih.

 

Sumber Gambar:

  • 01 – https://bit.ly/3qJViGT
  • 02 – https://bit.ly/2OTrx9D
  • 03 – https://bit.ly/3bJtZrZ