5 Manfaat Asuransi Perjalanan dan Cara Mengurus Klaimnya

Apa saja manfaat asuransi perjalanan untuk para traveller? Dan Bagaimana cara mengurus klaim asuransi perjalanan? Satu lagi apa saja yang  menyebabkan klaim ditolak.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Apa itu Asuransi Perjalanan?

Travelling atau perjalanan adalah hal yang sangat menyenangkan, karena kita bisa menikmati Susana baru dan keluar dari kepenatan rutinitas. Dalam setahun setidaknya ada 2 sampai 3 kali momen liburan, seperti liburan akhir tahun, libur lebaran dan libur panjang (long weekend). Ketika akan melakukan perjalanan, Anda tidak hanya harus mempertimbangkan “senang-senangnya
 tetapi juga “rencana cadangan” jika terjadi sesuatu di tempat liburan. Oleh sebab itu Anda perlu mempertimbangkan untuk membeli asuransi perjalanan (travel insurance).

5 Manfaat Asuransi Perjalanan dan Cara Mengurus Klaimnya - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Apakah Saya Perlu Membeli Asuransi Perjalanan?]

 

Apa Manfat Asuransi Perjalanan?

Apakah Anda tahu apa saja manfaat asuransi perjalanan? Berikut ini 5 manfaat asuransi perjalanan yang perlu Anda ketahui:

 

#1 Biaya Perawatan Medis

Terkadang musibah datang pada saat yang tidak tepat, termasuk bisa jadi saat berlibur. Contoh seseorang sedang berlibur ke luar negeri dan mengalami sakit karena perbedaan cuaca yang ekstrem. Seperti yang Anda ketahui biaya perawatan kesehatan di luar negeri cukup mahal bukan? Oleh sebab itu Anda perlu membeli asuransi perjalanan.

 

#2 Sumbangan atas Kematian

Produk asuransi perjalanan juga akan memberikan santunan jika sampai terjadi sesuatu dengan tertanggung (orang yang mendapatkan perlindungan). Jika Anda masih ingat salah satu kejadian hilangnya pesawat terbang salah satu maskapai di Indonesia yang berisi ratusan penumpang. Singkat cerita pesawat tersebut dikatakan jatuh dan penumpang di dalamnya dinyatakan meninggal dunia. Dalam kasus seperti tersebut pihak asuransi akan membayarkan biaya santunan dan ditambah perusahaan asuransi perjalanan (jika orang tersebut membeli asuransi perjalanan).

 

#3 Kompensasi Keterlambatan atau Pembatalan Perjalanan

Salah satu hal yang paling menjengkelkan bagi seorang traveller adalah keterlambatan pesawat (alias delay) atau pembatalan perjalanan. Perusahaan asuransi juga akan melakukan ganti rugi atas keterlambatan dan pembatalan perjalanan yang dilakukan maskapai. Tentu saja syarat dan kondisi berlaku ya, Anda mesti membaca polis asuransi perjalanan.

 

#4 Ganti Rugi: Kerusakan atau Kehilangan Bagasi

Permasalahan kedua yang sering dihadapi oleh traveller yang bepergian dengan pesawat terbang adalah penanganan bagasi. Ada banyak isu yang mengatakan oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab saat mengecek bagasi atau menurunkan bagasi. Perusahaan asuransi akan mengganti segala kerusakan dan kehilangan bagasi sesuai dengan aturan yang tertulis di dalam polis asuransi. Ada pula beberapa produk asuransi perjalanan yang memberikan tambahan biaya untuk peralatan golf, kehilangan dokumen perjalanan, kehilangan isi rumah karena pencurian saat bepergian dan kondisi tambahan lainnya.

[Baca Juga: 5 Produk Asuransi yang Sebaiknya Anda Miliki]

 

#5 Ganti Rugi: Terorisme atau Bencana Alam

Selain keempat kejadian di atas, terkadang masih ada kejadian-kejadian yang sulit ditebak yaitu aksi terorisme dan bencana alam. Sayangnya tidak semua produk asuransi perjalanan melakukan perlindungan terhadap aksi terorisme dan bencana alam.

 

Bagaimana Cara Klaim Asuransi Perjalanan?

Pertanyaan yang sering ditanyakan orang adalah, bagaimana cara mengurus klaim asuransi perjalanan? Sebenarnya setiap produk asuransi perjalanan akan memberikan detil cara mengurus klaim di panduan polis. Anda harus membaca terlebih dahulu isi polis sebelum melakukan perjalanan. Berikut ini panduan umum cara klaim asuransi perjalanan:

  1. Anda perlu melakukan pemberitahuan tertulis kepada perusahaan asuransi dalam waktu kurang lebih 14 hari setelah kejadian.
  2. Mengisi formulir klaim dan dokumen-dokumen yang diperlukan (biasanya 180 hari). Dokumen yang biasanya diminta adalah: formulir klaim, fotokopi identitas diri, tiket (boarding pass), sertifikat asuransi dan dokumen-dokumen lain yang dibutuhkan.

 

Apa yang Menyebabkan Klaim Asuransi Ditolak?

Ada beberapa alasan yang menyebabkan klaim Anda ditolak, antara lain:

  1. Anda lupa memperpanjang atau membayar premi. Permasalahan pertama ini adalah permasalahan fatal dan klaim Anda pasti akan ditolak. Jika Anda membeli asuransi perjalanan, Anda pasti akan mendapatkan polis asuransi. Misal Anda membeli asuransi perjalanan melalui biro perjalanan (tour agent), pastikan Anda meminta polis.
  2. Klaim Anda berada di luar polis. Sebelum pergi ke tempat tujuan, pastikan Anda membaca dan memahami isi polis dan perlindungan yang diberikan. Kenali bagian definisi khusus mengenai rumah sakit, kondisi sakit, kondisi evakuasi medis, penanganan bagasi dan lain sebagainya.
  3. Anda tidak segera melaporkan permasalahan. Jangan kelamaan dalam melaporkan permasalahan. Biasanya di polis asuransi akan diterangkan waktu untuk melaporkan permasalahan dan waktu untuk melengkapi dokumen penunjang.
  4. Dokumen yang dibutuhkan tidak lengkap. Sebaiknya Anda cek dokumen-dokumen yang diperlukan, agar proses klaim dapat segera diurus.
  5. Alasan klaim Anda tidak logis. Pada prinsipnya produk asuransi bertujuan untuk proteksi dan bukan sarana untuk mendapatkan keuntungan. Sangat tidak disarankan Anda melakukan klaim dengan alasan yang dibuat-buat atau tidak logis dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan. Misal tertanggung pura-pura sakit di tempat tujuan, untuk mendapatkan ganti rugi.
  6. Anda berbohong saat mengisi dokumen awal. Kontrak atau perjanjian asuransi dilandaskan itikat baik antara perusahaan asuransi dengan tertanggung. Jangan pernah berbohong saat mengisi formulir asuransi.

 

Perjalanan Menjadi Lebih Aman dan Menyenangkan

Produk asuransi perjalanan di Indonesia ditawarkan dengan harga yang terjangkau, biasanya di bawah Rp 100.000 untuk perjalanan 3 – 4 hari di dalam negeri. Untuk perjalanan di luar negeri premi bisa mencapai dua kali lipat dari perjalanan domestik. Perjalanan tentunya akan lebih menyenangkan jika Anda sudah terlindungi dari berbagai macam risiko. Selamat berlibur.

 

Setelah membaca artikel di atas, apakah Anda akan membeli asuransi perjalanan jika akan bepergian?

 

Sumber Gambar:

  • Travel insurance – http://goo.gl/0Xc5m8 and http://goo.gl/Ks6oKL

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

By |2016-11-30T16:51:06+00:00June 22nd, 2016|Categories: Asuransi, Asuransi Perjalanan|Tags: , , , |0 Comments

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment