Kos-kosan menjadi hal penting bagi beberapa orang, terutama pekerja kantor dan mahasiswa. Sayangnya tips mencari kos-kosan terbaik yang direkomendasikan orang-orang hanya menyangkut harga.

Berikut tips memilih kos-kosan yang tidak hanya murah, tetapi juga aman dan nyaman untuk kamu!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Kos-kosan dalam Budaya Masyarakat Indonesia

Kos-kosan lekat dengan budaya masyarakat Indonesia, khususnya di kota-kota besar dengan kesibukan tinggi. Beragam harga dan rupa kamar kos menjadikan item ini sebagai pilihan utama untuk perantau dibanding menyewa rumah.

Pertimbangan pertama tentu saja soal harga.

5 Tips Mencari Kos-Kosan Terbaik yang Aman dan Nyaman 02

[Baca Juga: Inilah Strategi Memulai Bisnis Kosan yang Menguntungkan Hanya Dalam 1 Tahun]

 

 

Biasanya harga sewa kos relatif murah. Selain itu, kos-kosan juga seringkali dekat dengan tempat kerja.

Kos-kosan biasanya berupa kamar dengan beberapa fasilitas dasar seperti kamar mandi, dapur kecil, dan tempat tidur. Penghuninya beragam, tetapi paling banyak adalah pekerja kantor dan mahasiswa.

 

Tips Mencari Kos-kosan Terbaik

Menjelang masa dewasa, sebagian besar anak muda akan pergi merantau, baik untuk melanjutkan studi atau bekerja.

Di tempat yang baru mereka akan membutuhkan tempat tinggal. Jika tidak memiliki kerabat, maka keberadaan kamar kos akan sangat membantu.

Berikut adalah 5 tips memilih kos-kosan terbaik versi Finansialku:

 

#1 Pertimbangkan Keuangan Kamu

Harga sewa kos-kosan berbanding lurus dengan fasilitas yang ditawarkan. Kamu harus mempertimbangkan cara pembayaran bulanan dibanding tenggat waktu lain.

Sistem sewa mingguan mengharuskan kamu mengontak pemilik kos tiap pekan. Jika sewa pertahun, mau nggak mau kamu harus betah-betahin tinggal di kamar kos itu dua belas bulan penuh.

Kamar kos yang eksklusif biasanya tidak terlalu banyak diminati. Sebaliknya, kamar kos ekonomis menjadi buruan banyak orang. Jika kamu berniat mencari kosan yang terjangkau, luangkan waktu untuk mencarinya karena sainganmu banyak.

 

#2 Manfaatkan Aplikasi Pencari Kos-kosan

Keberadaan aplikasi pencari kos akan sangat berguna jika kamu pertama kali merantau. Beberapaaplikasi yang bisa dicoba diantaranya, MamiKost, KosKost, Kos Hunt, dan sebagainya.

Aplikasi tersebut akan memberi informasi lengkap mulai dari harga, fasilitas, hingga kontak pemilik kos. Selain itu, beberapa foto yang terdapat di aplikasi juga bisa membantu mengecek apakah kos itu sesuai untuk kamu.

 

#3 Fasilitas adalah Hal Penting

Ada harga ada rupa, begitu pula kamar kos ditawarkan. Mulai dari kamar mandi di luar atau di dalam, kosongan atau isian, sampai yang menyediakan fitur tambahan seperti koneksi internet.

Jika memungkinkan, jangan ragu mengeluarkan biaya untuk fasilitas yang bisa mempermudah hidup kamu.

Mahal sedikit tidak apa-apa, toh juga nanti kamu yang pakai.

5 Tips Mencari Kos-Kosan Terbaik yang Aman dan Nyaman 03

[Baca Juga: Bosen yang Gitu-gitu Aja? Cek 10 Inspirasi Desain Kamar Kost]

 

Kalau kamu belum memiliki kendaraan, pastikan juga kos-kosanmu dekat dengan moda transportasi dan tempat kerja.

Percuma kalau kamu sudah menekan biaya sewa tapi budget transportasi tetap boros.

Kamu juga harus memastikan kos-kosanmu dekat dengan tempat makan. Setidaknya, kamu bisa jalan kaki ke sana kalau sewaktu-waktu lapar.

Meski saat ini tersedia takeaway via ojek online, setidaknya kalau sedang terburu-buru, kamu bisa langsung mengisi perut.

 

#4 Ketahui Suasana Tempat Kos, Pastikan Sehat!

Tidak ada salahnya melakukan pengamatan kecil ke kosan yang akan ditinggali. Jika ingin lingkungan yang pas, maka kamu harus meluangkan waktu untuk mencari yang terbaik versimu.

Hal ini memang cukup menguras waktu dan tenaga. Tapi, jika untuk kenyamanan, kenapa nggak?

 

#5 Bertanya dengan Penghuni Lain Sebagai Antisipasi Segala Kemungkinan yang Akan Datang

Jangan ragu untuk bertanya tentang suasana kosan kepada penghuni yang lebih dahulu tinggal. Bertanyalah seputar watak penghuni kos, apakan cocok dengan karaktermu atau tidak.

Kamu juga tidak boleh lupa bertanya soal keamanan. Karena, kosan adalah tempat tinggal selama kamu di perantauan. Keamanan sudah seharusnya menjadi salah satu faktor utama agar kamu bisa nyaman beristirahat, mengerjakan tugas, menenangkan diri, dan sebagainya.

 

Nyaman Tinggal di Kosan

Memilih tempat kos tidak bisa dilakukan begitu saja. Sebab, faktor eksternal turut berkontribusi membentuk dirimu di masa depan.

Alangkah baiknya kamu meluangkan waktu untuk mencari kosan dengan lingkungan yang sehat, aman dari tindakan kejahatan, serta dekat dengan fasilitas umum.

Terakhir, jangan mengabaikan kenyamanan. Karena hal itu berkaitan erat dengan produktivitasmu.

Semoga tips mencari kos-kosan ini dapat membantu kamu!

 

Berikan tanggapan dan komentar Anda pada kolom yang tersedia di bawah ini!

Anda juga dapat membagikan setiap artikel Finansialku kepada rekan atau kenalan yang membutuhkan!

 

Sumber Referensi:

  • Iradat Ungkai. 28 April 2018. 5 Tips Mencari Kos-kosan untuk Para MaBa dan Pekerja Kantoran. Jangan Asal Cari Murah Saja, yang Penting Aman dan Nyaman. Hipwee.com – https://bit.ly/37Tn4rr
  • Admin. 19 Juli 2017. Pertama Kali Nge-Kost? Baca 5 Tips Cari Kos-Kosan Ini Biar Gak Salah Pilih Kost! Mamikos.com – https://bit.ly/2uyqPEo
  • Marsella Wangdjaja. Baru Nge-Kost? Intip 11 Tips Memilih Kost yang Wajib Diketahui. Shopback.co.id – https://bit.ly/35JTa7w

 

Sumber Gambar:

  • Kosan 01 – https://bit.ly/2QUo6OA
  • Kosan 02 – https://bit.ly/30kWfdi
  • Kosan 03 – https://bit.ly/2tamasa