Bagaimana cara kaya dan bebas finansial yang dapat Anda segera aplikasikan? Tony Robbins merupakan seorang pencetus sebuah model perilaku dalam mengatur keuangan dan berinvestasi.

Tony menjabarkan bagaimana seorang pelaku ekonomi dapat menjaga kesuksesannya dalam setiap kondisi ekonomi. Mari kita simak 7 cara kaya dan bebas finansial yang dapat segera Anda aplikasikan.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Kebebasan Finansial Bukan Berarti Kaya dan Bebas Utang

Banyak orang berkata ingin menjadi kaya dan memperoleh kebebasan finansial, tapi nyatanya menjadi kaya dan bebas utang belum tentu menjadi bebas secara finansial. Strategi untuk menjadi kaya dan strategi untuk mencapai kebebasan finansial itu sangatlah berbeda, sehingga Anda perlu mengelola kekayaan Anda secara tepat untuk mencapai kebebasan finansial.

Melalui artikel ini, Finansialku akan menunjukan bahwa kebebasan finansial bukan berarti kaya dan bebas utang, tetapi…

7 Cara Kaya dan Bebas Finansial yang Dapat Segera Anda Aplikasikan 02 - Finansialku

[Baca Juga: Menuju Kesuksesan dalam Kebebasan Finansial Ala Robert Kiyosaki]

 

#1 Membuat Keputusan Finansial Terbesar dalam Hidup

Keputusan finansial terbesar yang dimaksud oleh Tony Robbins adalah menyisihkan sebagian pendapatan Anda sebagai langkah menuju kebebasan finansial. Bagaimanakah caranya? Pada dasarnya adalah dengan menginvestasikan dana yang telah disisihkan tersebut.

Makna disisihkan bukan berarti sisa, namun Anda perlu memperhitungkan berapa banyak freedom fund (dana kebebasan) yang Anda butuhkan untuk masa depan. Dengan demikian, Anda dapat menentukan berapa banyak uang yang perlu Anda investasikan dan berapa banyak yang Anda harapkan dari investasi tersebut.

 

#2 Pahami Aturannya Sebelum Anda Mulai Melakukannya

Sebelum Anda melakukan investasi, Anda perlu memangkas kesalahpahaman dan mitos mengenai kebebasan finansial seperti mengatur keuangan aktif vs. pasif, biaya sesungguhnya dari investasi, dana pensiun, serta risiko asimetris.

Dengan mempelajari kesalahpahaman tersebut, Anda dapat meminimasi risiko dan menemukan strategi investasi yang memanfaatkan pajak. Jika Anda sudah memahami aturan-aturannya, maka seperti dalam sebuah permainan, kemungkinan kalah dan gagal akan semakin kecil.

 

#3 Meraih Kesuksesan

Saat Anda merencanakan freedom fund, perlu diterapkan pada pikiran Anda untuk tidak memasang target finansial yang tidak masuk akal. Hal tersebut hanya akan menyebabkan kegagalan dan membuat Anda putus asa. Anda perlu memperhitungkan secara spesifik berapa banyak dana yang Anda butuhkan untuk mencapai kebebasan finansial.

Kemudian untuk mencapainya, Anda perlu melakukan beberapa perubahan seperti membatasi pembelian yang hanya berdasarkan keinginan dan bukan kebutuhan, mencari pekerjaan atau bisnis yang lebih menguntungkan, atau mengubah gaya hidup Anda menjadi lebih hemat.

Banyak strategi yang dapat Anda lakukan untuk mencapai kebebasan finansial, namun itu juga bergantung bagaimana Anda merealisasikannya.

7 Alasan Bisnis Online dan Freelance adalah Jalan Tercepat Mencapai Kebebasan Finansial 02 - Finansialku

[Baca Juga: Mencapai Kebebasan Finansial, Kenapa Tidak? Anda Pasti Bisa Mencapainya]

 

#4 Memutuskan Investasi yang Tepat bagi Anda

Sebelum Anda menentukan dan melakukan investasi, pertama-tama Anda harus mengenal diri Anda sendiri terlebih dahulu. Seberapa besar toleransi Anda terhadap risiko? Berapa banyak dana yang dapat dialokasikan? Berapa banyak pengembalian yang Anda harapkan?

Anda dapat mengetahui jenis investasi yang sesuai bagi Anda dengan menjawab beberapa pertanyaan tersebut. Investasi bukan hanya mengejar risiko atau bermain aman, namun juga harus disertai tujuan yang akan memotivasi Anda untuk mencapai kebebasan finansial.

 

#5 Membuat Perencanaan Penghasilan

Untuk menjamin masa depan dengan kebebasan finansial yang diidam-idamkan, Anda perlu menyiapkan perencanaan berapa banyak penghasilan yang Anda harapkan. Dari perencanaan itu Anda dapat mempertimbangkan beberapa jenis investasi berikut pengembalian dan pajaknya lalu mengatur strategi untuk mencapai target yang telah ditetapkan.

Anda perlu mencari jenis investasi dengan memperhatikan pajak yang berlaku untuk menyelamatkan aset Anda agar tidak habis hanya dengan membayar pajaknya.

Mulai Lakukan Beberapa Kebiasaan Ini Demi Meraih Kebebasan Keuangan 02 - Finansialku

[Baca Juga: Mulai Lakukan Beberapa Kebiasaan Ini Demi Meraih Kebebasan Keuangan]

 

#6 Berinvestasilah seperti Kaum Minoritas

Untuk menjadi sukses, Anda tidak perlu mencontoh orang lain dan mengikuti arus. Anda dapat menjadi kaum minoritas yang memilih untuk berbeda. Contohnya adalah Anda dapat membeli saat semua orang sedang menjual miliknya dalam kepanikan. Investor sukses belajar untuk memperoleh pengembalian asimetris, disaat investor pada umumnya hanya mencari aman dalam berinvestasi.

 

#7 Nikmati Prosesnya

Menikmati proses investasi merupakan salah satu kunci kesuksesan menuju kebebasan finansial. Anggaplah dunia ini sebagai sekumpulan peluang, bukan beban. Anggaplah masalah sebagai sebuah peluang, dimana Anda tidak perlu takut dalam meraih sebuah peluang dan menjadikannya keuntungan.

Banyak investor gagal hanya karena mereka mengedepankan rasa takut dan keinginan untuk mencari aman, mereka lebih membatasi diri akibat emosi-emosi negatif yang berada di sekelilingnya.

Kisah Sukses Lo Kheng Hong, Investor yang Bebas Finansial 01 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Lo Kheng Hong, Investor yang Bebas Finansial]

 

Bukan Pengetahuan yang Akan Meraih Kesuksesan, namun Eksekusi

Pengetahuan berlimpah tidak akan menjamin kesuksesan jika Anda tidak melakukan aksi untuk mendukung pengetahuan tersebut. Dengan kata lain, lakukanlah aksi yang berarti untuk mengembangkan pengetahuan Anda agar pengetahuan Anda tidak sia-sia.

Seperti yang dikatakan oleh Tony Robbins, “Repetition is the mother of skill. Action is where all of your power is found…knowledge is not power, execution is.

 

Apakah Anda mengetahui cara kaya dan bebas finansial lainnya yang dapat segera Anda jalankan? Tinggalkan komentar Anda di bawah. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Alana Kakoyiannis. 6 April 2015. Tony Robbins shares 5 keys to getting rich. Businessinsider.co.id – https://goo.gl/7guOql
  • Bill Carmody. 3 Juli 2015. 7 Simple Steps to Financial Freedom. Inc.com – https://goo.gl/5VnYAO

 

Sumber Gambar:

  • Bebas Finansial – https://goo.gl/4WpSpJ dan https://goo.gl/PuXKQy

 

Free Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana