Ingin mengalami kesuksesan hidup dalam kebebasan finansial? Lakukan beberapa kiat di bawah ini yang dipersembahkan oleh Tim Finansialku untuk mencapai Kebebasan Finansial menurut Robert Kiyosaki.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Anda adalah Mesin ATM

Tahukah Anda bahwa Anda adalah mesin pencetak uang atau sebut saja mesin ATM berjalan yang dapat menghasilkan uang setiap waktu. Namun, ada waktunya dimana Anda akan berhenti bekerja, entah karena faktor dari diri Anda sendiri yang sudah tidak dapat bekerja atau karena faktor dari lingkungan pekerjaan itu sendiri sehingga Anda harus mencari pekerjaan lain agar Anda dapat menghasilkan uang, tentu saja dalam masa tenggang waktu pencarian pekerjaan yang baru, Anda tidak menghasilkan pendapatan. Apabila mesin pencetak uang berhenti, maka uang tidak akan dihasilkan. Demikian juga keadaan Anda saat ini.

Menuju Kesuksesan dalam Kebebasan Finansial Ala Robert Kiyosaki 02 - Finansialku

[Baca Juga: Lakukan 3 Cara Ampuh Ini dalam Memperbaiki Bisnis Anda]

 

Kabar gembiranya, dengan kemampuan Anda yang masih dapat menghasilkan uang, Anda dapat merasakan kehidupan yang tidak perlu bekerja, namun Anda tetap mendapatkan penghasilan. Itulah gambaran kehidupan yang bebas secara finansial. Tentu saja kehidupan yang bebas secara finansial merupakan impian kebanyakan orang. Kehidupan dimana Anda tidak perlu merasakan kesulitan dalam kebutuhan akan uang walaupan Anda dalam keadaan krisis sekalipun. Kebebasan akan keuangan ini tentu saja didapat dari passive income.

Melalui rubrik kali ini, Anda tidak perlu mencari guru untuk dapat memberikan kepada Anda berbagai kiat untuk dapat menjadi seorang yang dapat menikmati kehidupan yang bebas secara finansial karena Robert Kiyosaki, pakar dari pengusaha sukses yang sudah merasakan kehidupan yang bebas secara finansial akan memberikan beberapa tips bagi Anda.

 

#1 Kendalikan Pengeluaran

Anda perlu memikirkan berulang kali untuk mengeksekusi setiap pengeluaran Anda, terutama untuk beberapa hal yang bersifat konsumtif. Saat ini, kita hidup di era yang dapat membuat keinginan kita untuk menghabiskan uang kita secara konsumtif lebih besar. Pengendalian diri akan pembelanjaan yang bersifat konsumtif dapat mempengaruhi neraca keuangan Anda di masa mendatang. Biasakan diri untuk berpikir secara positif dan bijak dalam mengatur pola pengeluaran serta belanja Anda. Pasti rasanya agak sulit pada awal Anda melakukannya, terutama apabila Anda sudah terbiasa dengan pola hidup yang konsumtif. Namun, ketika ada niat yang positif untuk masa depan Anda yang lebih baik, maka Anda akan terus termotivasi untuk melakukannya. Doronglah diri Anda untuk terus berpikir dalam jangka panjang.

Ingin Menjadi Pebisnis Sukses, Simak Dulu Kisah Sukses Ray Dalio, Pemilik Perusahaan Hedge Fund Terbesar Di Dunia 02 - Finansialku

[Baca Juga: Ingin Menjadi Pebisnis Sukses, Simak Dulu Kisah Sukses Ray Dalio, Pemilik Perusahaan Hedge Fund Terbesar Di Dunia]

 

#2 Ambil Tanggung Jawab Penuh

Tiap orang memiliki keinginan dan kesempatan yang relatif sama untuk menentukan masa depannya. Ambil tanggung jawab penuh terhadap setiap kesempatan yang harus Anda ambil dan setiap keputusan akan hal-hal yang perlu Anda beli atau Anda jual. Keputusan Anda saat ini mempengaruhi kehidupan keuangan Anda di masa mendatang.

 

#3 Buatlah Anggaran Pengeluaran – PENTING!

Anggaran belanja bulanan digunakan untuk mengontrol bahkan membatasi belanja Anda. Hal ini memungkinkan Anda untuk dapat membuat Anda menjadi mawas diri dan tidak berusaha untuk melebihi dari anggaran yang sudah ditetapkan. Namun, perlu komitmen yang tinggi ketika anggaran sudah ditetapkan. Jangan sampai anggaran hanya tinggal menjadi anggaran dan Anda tetap berbelanja melebihi anggaran karena tidak cukup berkomitmen terhadap keinginan dan hawa nafsu Anda untuk belanja barang-barang yang bersifat konsumtif. Dengan adanya anggaran, Anda dapat mencapai tujuan finansial Anda.

 

#4 Menabung

Pisahkan uang gaji atau pendapat Anda dalam tabungan. Namun, bijaklah dalam memiliki jenis rekening yang memang Anda tetapkan untuk menabung dengan biaya administrasi yang rendah atau Anda depositokan. Lebih baik menabung daripada uang Anda digunakan untuk membayar tagihan kartu kredit terutama untuk barang-barang konsumtif di luar anggaran belanja bulanan Anda.

Bagaimana Cara Entrepreneur Mempersiapkan Sukses Bisnis Keluarga dan Menuju Pensiunnya 01 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Entrepreneur Mempersiapkan Sukses Bisnis Keluarga dan Menuju Pensiunnya?]

 

#5 Hindari Berutang

Apabila Anda berkomitmen untuk mendapatkan kehidupan yang bebas secara finansial, hindarilah kebiasaan untuk berutang. Dengan berutang, impian Anda akan digerogoti olehnya dan tentu saja ada kekhawatiran yang akan Anda alami karena selalu teringat akan utang Anda yang belum dilunasi. Hiduplah dengan damai tanpa adanya utang. Namun dalam keadaan yang tidak memungkinkan, ketika Anda berutang, usahakan untuk segera melunasinya.

 

#6 Sediakan Dana Darurat

Kita tidak tahu masa depan dan apa yang akan terjadi dengan usaha atau tempat kita mencari uang. Alokasikan dana untuk hal-hal yang bersifat darurat, usahakan dana ini mencukupi kebutuhan hidup minimal selama 3 bulan. Buatlah rekening terpisah untuk dana darurat ini dan Anda hanya boleh menggunakannya ketika saat-saat genting, misalnya Anda mendapat PHK atau terjadi bencana yang membuat Anda tidak dapat bekerja.

4 Ide Bisnis Rumahan yang Tidak akan Lesu Seperti Rupiah 02 - Finansialku

[Baca Juga: 4 Ide Bisnis Rumahan yang Tidak akan Lesu Seperti Rupiah]

 

#7 Tak Ada Hentinya untuk Belajar

Hidup adalah suatu pembelajaran. Teruslah mempelajari hal-hal baru yang dapat menambah wawasan dan pengetahuan Anda terutama dalam hal keuangan. Hal ini dapat memberikan inspirasi kepada Anda, mengenai apa saja yang perlu Anda lakukan dengan uang yang Anda miliki dan bagaimana menambah penghasilan tambahan bagi Anda. Anda bisa terus mempelajari setiap topik keuangan sehingga Anda bisa semakin pintar dalam mengelola keuangan. Apabila Anda ingin menjadi investor untuk melipatgandakan uang Anda, pelajarilah bagaimana dan dimanakah harus menginvestasikan uang Anda.

 

#8 Buatlah Tujuan Keuangan

Hanya dengan rencana keuangan yang jelas maka Anda bisa mengenali kemampuan terbaik Anda. Rencana keuangan juga bermanfaat untuk membuat Anda termotivasi menjalani hidup dan menjalankan hidup sesuai apa yang Anda mimpikan.

 

#9 Network Marketing

Anda bisa memulai dengan network marketing untuk melatih kemampuan bisnis dan dasar langkah Anda untuk berpindah dari karyawan biasa menjadi pengusaha besar. Network marketing adalah salah satu cara untuk mencapai kebebasan finansial. Network marketing akan terus memberikan Anda pendapatan meskipun Anda sedang tidur atau berkeliling dunia.

Apa Alasan Utama Anda Tidak Segera Memulai Bisnis Anda - Finansialku

[Baca Juga: Apa Alasan Utama Anda Tidak Segera Memulai Bisnis Anda]

 

#10 Sederhanakan Hidup Anda

Sederhanakan hidup Anda dengan berpikirlah terbuka dan hilangkanlah berbagai hambatan dalam pikiran Anda. Kunci dari kebebasan finansial sangat mudah yaitu dengan mengubah pendapatan tetap Anda menjadi pendapatan pasif atau pendapatan portofolio. Dengan prinsip ini, Anda akan mudah untuk mencapai kebebasan finansial.

 

Persiapkan Kebebasan Finansial Anda

Jika Anda ingin memiliki kebebasan dalam finansial, maka Anda harus mempersiapkannya dari sejak awal. Persiapan yang baik akan membuahkan hasil yang baik pula. Jangan menyesal di kemudian hari!

 

Apakah Anda sedang mengejar impian Anda dalam mencapai kehidupan yang bebas secara finansial? Bagikanlah pengalaman Anda melalui kolom yang tersedia di bawah ini. Setiap artikel dari Finansialku dapat Anda bagikan juga kepada rekan-rekan Anda yang memiliki tujuan yang sama dengan Anda dalam meraih kebebasan finansial. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Anthony Robbins. 2015. Money Master The Game. USA: Phoenix
  • Cekaja. 10 Kunci Kebebasan Finansial ala Robert Kiyosaki. Cekaja.com – https://goo.gl/GXSMtS

 

Sumber Gambar:

  • Happy life – https://goo.gl/fkY5jx
  • Bahagia – https://goo.gl/HJJHiH

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang