Terdapat 3 cara ampuh yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki bisnis Anda. 3 faktor tersebut antara lain keuangan, sumber daya manusia serta proses bisnis. Untuk lebih lanjut, tim Finansialku akan mengupasnya melalui artikel berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

 

Bisnis dan Prosesnya

Membuka sebuah bisnis tidaklah mudah bagaikan membalikkan telapak tangan. Keuntungan akan Anda dapatkan dengan usaha dan kerja keras. Namun,  mempertahankan bisnis Anda membutuhkan usaha yang lebih ekstra. Anda akan bertanggung jawab terhadap para pekerja di perusahaan karena mungkin saja mereka menggantungkan hidup mereka pada penghasilan yang mereka dapatkan dari perusahaan.

Anda pun harus bertanggung jawab pada produsen serta pelanggan, disamping risiko akan kehilangan seluruh modal, uang, waktu dan tenaga yang bisa saja muncul dalam benak Anda. Suatu bisnis membutuhkan perbaikan, terutama jika sudah mulai merugi. Banyak orang yang menyadari akan hal tersebut tetapi tidak tahu harus memperbaikinya mulai dari mana.

[Baca Juga: Wirausahawan, Ini 4 Langkah Jitu Jika Ingin Modal Bisnis Segera Kembali]

 

3 Cara untuk Memperbaiki Bisnis

Terdapat 3 cara mudah untuk memperbaiki bisnis Anda, yang pertama adalah dengan menjadikan keuangan Anda sebagai cara awal untuk menyusun strategi dengan lebih baik. Kedua adalah dengan melakukan pelatihan yang baik untuk meningkatkan produktivitas sumber daya manusia pada perusahaan Anda. Yang terakhir adalah dengan mengidentifikasi proses yang dapat Anda perbaiki dalam bisnis Anda. Berikut adalah ulasan lebih lanjut untuk masing-masing aspek tersebut.

 

#1 Melakukan Evaluasi Ulang pada Finansial

Mungkin akuntan Anda memberikan angka-angka untuk merepresentasikan keuangan bisnis Anda, tetapi yang Anda butuhkan bukan sekadar angka, melainkan data yang dapat Anda mengerti. Setiap bisnis membutuhkan CFO (Chief Financial Officer) karena CFO mampu mengubah angka menjadi suatu informasi yang kemudian melalui informasi tersebut dapat Anda gunakan untuk memberikan keputusan dan menyusun strategi dengan lebih baik bagi bisnis Anda sehingga Anda dapat membawa perusahaan Anda ke level selanjutnya.

Selain itu, dengan adanya CFO, Anda akan mempunyai perencanaan keuangan yang lebih baik. Perencanaan keuangan sangatlah penting karena aspek bisnis Anda bergantung pada keuangan Anda, mulai dari jumlah pemasukan yang menentukan berapa pajak yang harus dibayarkan hingga anggaran pengeluaran yang harus dialokasikan. Setelah itu, dengan perencanaan keuangan, Anda akan lebih mengerti mengenai isu dan krisis yang harus Anda tangani di setiap harinya (jangka pendek) serta memberikan Anda gambaran mengenai berapa yang harus dihasilkan oleh perusahaan Anda agar dapat terus berjalan dan selangkah lebih maju dibandingkan kompetitor Anda.

[Baca Juga: Para Pebisnis, Ada Pelajaran Berharga dari Kisah Wolf Of Wall Street]

 

#2 Latihlah Karyawan Anda

Keberhasilan dan kegagalan perusahaan Anda bergantung pada tujuan pribadi dari masing-masing pegawai. Banyak perusahaan yang melakukan kesalahan, bukan karena mereka tidak mempekerjakan seseorang sesuai bagiannya melainkan mereka gagal memecat seseorang.

Jika visi pegawai Anda tidak sejalan dengan visi bisnis Anda, maka pegawai tersebut tidak akan bertahan lama di perusahaan Anda, antara produktivitas mereka rendah atau mereka akan keluar dari pekerjaan mereka sesaat setelah mereka diterima.

Banyak orang yang menerima pekerjaan hanya demi gaji, tetapi di jangka panjang, jika pekerjaan tersebut bukanlah yang mereka inginkan, kedua pihak akan merugi. Walaupun Anda menawarkan jasa atau produk yang baik, satu pegawai yang salah di dalam sebuah perusahaan dapat menurunkan kinerja perusahaan tersebut. Tetapi, jika Anda mendapatkan orang yang benar, pegawai tersebut dapat meningkatkan produk atau jasa yang Anda tawarkan.

[Baca Juga: Para Entrepreneur, Ada 8 Mitos saat Memulai Bisnis]

 

Hal lain yang perlu Anda pertimbangkan adalah tingkat performa seorang pegawai. Tingkatan tersebut dapat digambarkan sebagai berikut: tingkat emas, perak atau perunggu.

  • Tingkat emas diberikan untuk seseorang yang selalu memiliki performa terbaik, mereka sejalan dengan misi perusahaan, selalu fokus dengan hasil dari apa yang mereka lakukan dan mereka menghasilkan pekerjaan yang sangat baik.
  • Tingkat perak diberikan pada pegawai yang memiliki keahlian dan tingkah laku yang baik, akan tetapi, mereka tidak menghasilkan pekerjaan dengan kualitas yang cukup baik, tetapi masih ada ruang bagi mereka untuk berkembang.
  • Yang paling terakhir adalah Tingkat perunggu. Ini adalah level di mana pegawai tersebut memiliki tingkah laku yang cukup baik dan mengerjakan tugas dengan cukup baik di kebanyakan waktu tetapi mereka pemilih dan hanya memilih apa yang penting untuk mereka daripada melakukan yang terbaik di segala hal.

 

#3 Optimisasi Proses

Untuk memperbaiki bisnis Anda, Anda tidak perlu mengubah segalanya dan memulai kembali dengan inisiatif yang lebih menarik dan baru. Sebenarnya, perubahan kecillah yang akan membawa perubahan besar untuk bisnis Anda. Mulailah dari menanyakan diri Anda, apa hal yang dapat Anda lakukan dengan lebih baik lagi?

[Baca Juga: Apakah Mungkin Terjadi Bubble Ekonomi pada Bisnis Start Up di Indonesia?]

 

Kumpulkan seluruh tim Anda, mulailah dari tahap paling awal dalam bisnis Anda yaitu produksi. Pikirkanlah cara yang paling baik untuk mengubah produksi menjadi lebih optimal, apakah itu mengganti mesin, mengubah bahan baku atau mengganti orang yang bertanggung jawab atas produksi. Pikirkanlah hal yang dapat Anda lakukan dengan lebih optimal sehingga Anda dapat menghemat waktu Anda, meningkatkan produktivitas serta mengurangi biaya.

 

Belajar dan Terus Mencoba

Kunci agar bisnis Anda sukses adalah dengan selalu terbuka untuk hal-hal baru. Belajar dari kesalahan Anda adalah cara yang tepat agar Anda dapat terus maju. Setiap bisnis pasti akan mengalami kegagalan, tetapi pebisnis yang baik tidak akan mudah putus asa dan terus mencoba walaupun sulit.

 

Apakah Anda pernah menemui kegagalan pada saat Anda berbisnis? Apa yang Anda lakukan untuk mengatasi keadaan tersebut? Berikan informasi dan pendapat Anda mengenai cara membuka bisnis yang baik melalui kolom yang tersedia di bawah ini. Bagikan juga setiap informasi dari Finansialku.com kepada rekan dan kenalan Anda. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:             

  • Team Tony. 3 Ways to Spring Clean Your Business. Tonyrobbins.com – https://goo.gl/iDDpBj
  • Brian Hill. The Importance of a Financial Plan for a Small Business. Smallbusiness.chron.com – https://goo.gl/jUxWm4

 

Sumber Gambar:

  • Bisnis berkembang – https://goo.gl/cnB7Pn dan https://goo.gl/7H6zyw

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang