Apa cara jitu agar modal usaha segera kembali? Setiap wirausahawan pasti ingin modal bisnisnya segera kembali. Dengan begitu keuntungan yang diterima dapat benar-benar dinikmati. Mari kita bahas 4 langkah jitu jika ingin modal bisnis segera kembali.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up

 

Ingin Modal Bisnis Segera Kembali

Setiap wirausahawan pasti memiliki satu tujuan yang sama dalam membangun bisnisnya yaitu untuk mendapatkan keuntungan. Hanya saja di awal-awal memulai sebuah bisnis pasti ada biaya besar yang harus digunakan sebagai modal. Baik modal tersebut berasal dari kantong sendiri atau dari pinjaman, modal tersebut tetap harus dikembalikan. Banyak wirausahawan yang takut modalnya tidak akan kembali karena berbagai alasan.

Kali ini Finansialku akan membahas beberapa cara yang dapat dilakukan seorang wirausahawan yang ingin modal usahanya segera kembali:

Wirausahawan, Ini 4 Langkah Jitu Jika Ingin Modal Bisnis Segera Kembali 02 - Finansialku

[Baca Juga: Para Entrepreneur, Ada 8 Mitos saat Memulai Bisnis]

 

#1 Cari Tenaga dengan Kualitas Standar

Ketika memulai bisnis apapun, Anda pasti harus mengeluarkan modal. Modal ini akan digunakan untuk membayar sewa tempat, membeli peralatan, bahan baku, dan membayar hal lainnya. Karena itu, beban biaya di awal membangun bisnis pasti akan terasa sangat memberatkan. Belum lagi jika harus ditambah dengan beban biaya gaji karyawan, akan semakin sulit untuk menutupi semua modal yang dikeluarkan.

Karena itu, untuk meringankan biaya, sebaiknya Anda tidak langsung memilih semua tenaga kerja terbaik. Misalnya jika Anda memiliki bisnis yang bergerak di bidang kuliner, Anda dapat memilih tenaga kerja yang memiliki kualitas standar. Namun Anda yang turun langsung dalam proses bisnisnya untuk membimbing karyawan-karyawan baru tersebut. Tidak perlu langsung memiliki seluruh karyawan terbaik karena Anda akan cukup terbeban dengan biayanya. Biasanya karyawan yang sudah ahli dan memiliki pengalaman tentu akan meminta gaji yang lebih tinggi daripada mereka yang belum terlalu ahli atau belum terlalu berpengalaman.

Memulai Bisnis dengan Modal Rp1 juta, Apakah Mungkin 2 - Finansialku

[Baca Juga: Memulai Bisnis dengan Modal Rp1 juta, Apakah Mungkin?]

 

Jika Anda ingin memiliki karyawan dengan kualitas yang sangat baik dan sudah berpengalaman dengan tujuan membangun kualitas produksi yang baik sejak awal, sebaiknya jangan merekrut semua orang-orang terbaik. Carilah beberapa pegawai yang ahli saja, kemudian selebihnya Anda dapat menggunakan jasa karyawan standar. Dengan begitu karyawan ahli dapat membantu Anda mengembangkan produk terbaik sambil membimbing karyawan yang kurang ahli. Dengan begitu banyak biaya yang bisa dihemat sehingga tidak terlalu sulit untuk mengembalikan modal usaha.

 

#2 Mulai dengan Usaha Online

Sebagai langkah awal usaha, Anda dapat menggunakan bisnis online terlebih dahulu. Di era kemajuan teknologi ini semua kalangan sudah ‘melek’ teknologi dan tahu cara menggunakan internet. Bisnis apapun dapat dipasarkan melalui internet. Dengan memasarkan bisnis melalui internet Anda dapat menghemat biaya yang sangat besar yaitu biaya sewa tempat. Selain itu, Anda juga tidak perlu mengeluarkan biaya untuk dekorasi tempat usaha yang biasanya memakan biaya yang tidak sedikit pula.

Para Wirausahawan, Ingin Membuka Cabang Bisnis, Modalnya dari Mana - Finansialku

[Baca Juga: Para Wirausahawan, Ingin Membuka Cabang Bisnis, Modalnya dari Mana?]

 

Di samping menghemat biaya, wilayah cakupan pasar yang dapat Anda raih akan lebih luas daripada hanya memasarkan produk secara offline seperti melalui toko. Dengan begitu diharapkan pemasukan dapat meningkat sementara pengeluaran dapat ditekan. Sehingga modal usaha yang dikeluarkan dapat difokuskan untuk meningkatkan kapasitas penjualan dan modal usaha segera kembali.

 

#3 Optimasi Sumber Daya di Sekitar

Jika Anda tinggal di wilayah industri maka hal itu bisa sangat menguntungkan bagi Anda. Carilah cara untuk memanfaatkan industri yang ada di sekitar Anda. Siapa tahu ada sumber daya yang menyediakan bahan baku yang dapat digunakan untuk keperluan bisnis Anda. Keuntungan lokasi ini dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan bahan baku dengan harga yang murah serta menghemat biaya transportasi untuk membeli bahan baku tersebut. Jangan salah, biaya transportasi memang terlihat kecil jika hanya digunakan satu kali. Tetapi jika digunakan berkali-kali akan menjadi pengeluaran yang memberatkan juga. Menghemat biaya transportasi dapat membantu menekan pengeluaran bisnis Anda, hal ini sangat penting terutama bagi bisnis yang baru dibangun dan belum balik modal. Semakin banyak biaya yang dapat ditekan maka akan semakin mudah mengembalikan modal bisnis.

 

#4 Manfaatkan Orang-Orang di Sekitar

Baik Anda membuka usaha di rumah atau di tempat yang disewa, sudah pasti ada masyarakat lain yang tinggal di lingkungan sekitar tempat Anda membuka usaha. Manfaatkanlah ketersediaan SDM di sekitar lingkungan Anda untuk menjadi karyawan. Mengapa? Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan SDM di sekitar lingkungan.

Apakah Tipe Bisnis Anda ‘Hiu dalam Akuarium’ atau ‘Paus dalam Samudera’ #Part 1 01 - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Tipe Bisnis Anda ‘Hiu dalam Akuarium’ atau ‘Paus dalam Samudera’? #Part 1]

 

Keuntungan pertama adalah karyawan Anda tidak perlu memikirkan biaya transportasi yang mahal atau biaya tempat tinggal karena harus menyewa kost jika bekerja di tempat yang jauh dari tempat tinggalnya. Dengan lokasi yang dekat, Anda juga dapat lebih mudah mengontrol karyawan tersebut. Jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, Anda dapat dengan mudah mencari tahu kemana karyawan tersebut pergi dan apa yang dilakukannya. Banyak usaha yang jatuh karena karyawan yang tidak bertanggung jawab, dengan keuntungan lokasi tersebut Anda dapat mengontrol karyawan dengan lebih baik.

Selain itu Anda juga bisa mendapatkan keuntungan secara sosial. Terkadang mendapatkan dukungan sosial dari warga sekitar untuk membangun sebuah bisnis tidaklah mudah. Ada saja kendala yang bisa timbul dari wilayah sekitar, apalagi jika masyarakat sekitar tidak merasa ada timbal balik positif dari bisnis Anda. Dengan memanfaatkan SDM di sekitar, secara otomatis Anda sudah memberikan timbal balik positif kepada masyarakat sekitar. Dengan begitu lingkungan sosial kemungkinan besar akan mendukung bisnis Anda dan tidak memberikan kendala-kendala yang tidak diharapkan. Keberlanjutan bisnis akan tetap terjaga dengan baik sehingga modal usaha pun dapat segera dikembalikan.

 

Menekan Biaya dan Menjaga Keberlanjutan Bisnis

Dalam sebuah bisnis salah satu hal yang terpenting adalah sustainability atau keberlanjutan bisnis. Jika bisnis terus berjalan dengan ritme yang baik maka pengembalian modal akan semakin mudah dan terprediksi. Kuncinya terletak pada menekan biaya-biaya yang tidak diperlukan dan memanfaatkan lingkungan sekitar dengan sebaik-baiknya. Dengan begitu modal bisnis Anda dapat segera kembali dan keuntungan dapat benar-benar dinikmati.

 

Silakan bagikan pengalaman Anda melalui kolom yang disediakan di bawah ini tentang cara mendapatkan modal bisnis Anda segera kembali. Semoga artikel ini memberikan manfaat yang besar bagi Anda.

 

Sumber Referensi:

  • Administrator. 16 Februari 2016. Cara Cepat Kembalikan Modal Usaha. Ayowaralaba.com – https://goo.gl/7bwpwR

 

Sumber Gambar:

  • Wirausahawan – https://goo.gl/fMvSDZ
  • Sukses – https://goo.gl/ACQXel

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang