Apakah 8 mitos saat mulai berbisnis? Apakah Anda yakin akan memulai sebuah bisnis? Baca terlebih dahulu beberapa mitos berikut ini yang akan dipaparkan oleh Finansialku.com yang tentu saja akan memberi pandangan dan wawasan lebih seputar bisnis kepada Anda. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up

 

Mimpi Seorang Wirausahawan

Memulai suatu bisnis atau wirausaha kedengarannya sangat baik dan Anda pasti dapat melakukannya. Namun sepertinya kebanyakan orang merasa ragu untuk memulai bisnis pribadi mereka, oleh karena ketidakmengertian akan tantangan yang akan dihadapi selanjutnya. Terkadang mereka terlalu takut juga akan mitos-mitos yang tidak mendasar sehingga enggan untuk memulai suatu bisnis pribadi. Berikut beberapa mitos umum yang timbul ketika ingin memulai suatu bisnis pribadi.

Para Entrepreneur, Ada 8 Mitos saat Memulai Bisnis 02 - Finansialku

[Baca Juga: Para Entrepreneur, Bagaimana Kepemimpinan Seorang Wirausaha?]

 

#1 Anda tidak Memiliki Atasan/Boss

Alasan utama mengapa seseorang ingin memiliki suatu usaha/bisnis pribadi karena mereka ingin menjadi atasan/boss. Walaupun Anda memiliki usaha sendiri, Anda tetap memiliki “Atasan/Boss”. Mereka (para Boss Anda) antara lain adalah para customer Anda, para investor dan juga para karyawan Anda juga sebetulnya adalah boss Anda. Semakin banyak boss yang menjadi atasan Anda, bukan?

 

#2 Bekerja Lebih Santai

Ketika Anda dapat mengatur jadwal bisnis pribadi Anda, sepertinya Anda memerlukan beberapa jam lebih lama untuk menyelesaikan dan memastikan semua urusan terselesaikan dengan baik. Saat seseorang memulai bisnis pribadi, dia mengetahui bahwa seorang wirausahawan bekerja 100 jam dalam seminggu, termasuk kerja lembur hingga malam dan bahkan saat akhir pekan. Memulai sebuah bisnis sebetulnya bukanlah jalan untuk menambah waktu luang.

 

#3 Anda memiliki Anak Buah/Bawahan

Pada kenyataannya, kebanyakan wirausahawan yang baru memulai bisnis akan mengurus dan melakukan setiap bagian pekerjaan, baik sesuatu yang berskala besar maupun urusan yang sepele agar bisnis tersebut dapat terus berjalan, termasuk melakukan urusan/pekerjaan yang pada umumnya orang tidak mau lakukan. Sebagai pemilik bisnis tersebut, Anda perlu melakukan banyak pekerjaan, mulai dari melakukan berbagai perencanaan, strategi atau bahkan seperti membersihkan kamar mandi, bisa jadi termasuk pekerjaan yang akan Anda lakukan.

Para Wirausahawan, Ingin Membuka Cabang Bisnis, Modalnya dari Mana - Finansialku

[Baca Juga: Para Wirausahawan, Ingin Membuka Cabang Bisnis, Modalnya dari Mana?]

 

#4 Perlu Usaha Ekstra

Mitos dunia kewirausahaan pada umumnya memberikan “iming-iming” bahwa Anda akan menciptakan sesuatu yang luar biasa yang akan dijual dan Anda hanya tinggal duduk untuk melihat hasil penjualan. Namun pada kenyataannya, Anda perlu menghasilkan produk pada waktu yang tepat, dengan harga yang tepat dan juga pada tempat pemasaran yang tepat. Hal ini membuat Anda dapat melihat hasil penjualannya. Walaupun Anda memiliki suatu ide produk yang luar biasa, hal itu membutuhkan suatu kerja ekstra dan sumber daya untuk memproduksi ide produk Anda dan membawanya ke tempat pemasaran.

 

#5 Perlu Kecermatan dalam Mengontrol Pendapatan

Sebagai seorang wirausahawan, sepertinya seseorang tidak mampu mengontrol dan mengatur arus pendapatan. Mereka bekerja keras setiap waktu untuk menghasilkan pendapatan bagi setiap bisnisnya. Terkadang seseorang mendapatkan banyak sekali pendapatan, namun tidak jarang juga mereka tidak mendapatkan apa-apa atau merugi, walaupun usaha keras yang dilakukannya. Sesungguhnya tergantung pada keputusan pelanggan yang berubah-ubah dan ketidakpastian keadaan ekonomi yang diluar kontrol/kendali. Pendapatan dari para pebisnis/wirausahawan kecil-kecilan sering kali berubah-ubah/tidak pasti.

Ingin Menjadi Wirausahawan Sukses, Hindari 5 Hal Ini! - Finansialku

[Baca Juga: Ingin Menjadi Wirausahawan Sukses? Hindari 5 Hal Ini!]

 

#6 Para Investor akan Berinvestasi untuk Ide-ide yang Hebat

Setelah beberapa ide-ide yang di “lemparkan” kepada para investor. Kita beranggapan bahwa kita dapat dengan mudah membidik pasar yang potensial, menjual konsep produk yang hebat dan berjalan keluar dari ruang pertemuan dengan koper yang berisi banyak uang. Namun pada kenyataannya, sangatlah sulit untuk mendapatkan para investor yang mau menginvestasikan uang mereka untuk memulai suatu bisnis yang penuh dengan risiko, meskipun Anda memiliki konsep bisnis yang hebat.

 

#7 Kebulatan Tekad dapat Mengatasi Setiap Rintangan

Kebulatan tekad merupakan suatu atribut perlu Anda kenakan untuk memulai suatu bisnis, namun Anda juga memerlukan kesempatan yang tepat. Banyak orang mengesampingkan segalanya untuk memulai bisnis penuh dengan risiko, bahkan bisnis yang memiliki tingkat keberhasilan yang kecil. Ketekunan diperlukan untuk memulai suatu bisnis, namun suatu kesempatan juga dibutuhkan untuk membangun suatu bisnis yang sukses. 

 

#8 Risiko Tinggi Setimpal dengan Hasil yang Diperoleh

Mitos lainnnya berkenaan dengan dunia kewirausahaan adalah mencapai kesuksesan dengan mengambil risiko. Pada kenyataannya, hampir semua wirausahawan menukar kerja keras dan setiap perencanaan baik mereka untuk suatu upah/hasil yang biasa-biasa saja. Seorang wirausahawan yang berhasil adalah mereka yang menekan dan mengatur risiko dengan baik untuk menghindari kegagalan dalam berbisnis. Mengambil risiko dapat menjadi suatu pilihan terakhir namun bukan yang utama.  

Pengertian Wirausaha Tidak Sama Dengan Memulai Usaha Sendiri - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Pengertian Wirausaha Berbeda Dengan Mulai Usaha Sendiri]

 

Raih Impian Anda

Tidak ada salahnya untuk mencoba untuk memulai bisnis pribadi Anda namun beberapa mitos tersebut di atas perlu menjadi pengetahuan lebih yang dapat membuka wawasan Anda dalam memulai bisnis Anda atau bagi Anda yang sedang menjalankan bisnis, dapat menjadi salah satu tolok ukur dalam menjalankan bisnis pribadi Anda. Perencanaan yang matang, keuletan, ketekunan dan tentu saja pantang menyerah perlu menjadi partner setia Anda dalam memulai dan menjalankan bisnis wirausaha pribadi Anda.

Apabila Anda membutuhkan konsultasi mengenai perencanaan keuangan bagi usaha bisnis Anda, silakan menghubungi konsultan kami, Finansialku.com karena kami siap membantu Anda. Selamat berjuang dalam dunia kewirausahaan. Anda pasti bisa!

 

Berbagai tantangan tidak akan ada habisnya bagi para wirausahawan dalam menjalankan usaha bisnis mereka. Bagi Anda para wirausahawan sukses, silakan bagikan pengalaman Anda pada kolom yang tersedia di bawah ini untuk dapat memberi inspirasi bagi mereka yang akan atau baru saja memulai bisnis mereka! Berikan tanggapan atau pertanyaan juga bagi Anda  para pebisnis yang baru saja bergabung dalam dunia kewirausahaan!

 

Sumber Referensi:

  • Penny Pincher. 2 Februari 2017. 8 Common Myths about Starting a Small Business. Wisebread.com – https://goo.gl/t0ZFZD

 

Sumber Gambar:

  • New Entrepreneur – https://goo.gl/rx8P6H
  • Entrepreneur – https://goo.gl/7XQnNj

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang