Banyak orang mengatakan, seseorang yang memulai usaha sendiri disebut dengan wirausaha. Secara kosakata memang benar, tetapi secara teknisnya berbeda. Kali ini Finansialku.com akan membahas ciri-ciri seorang wirausaha sejati.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Pengertian Wirausaha Yang Benar

Banyak orang mengartikan wirausaha (entrepreneurs) adalah seseorang yang mulai menjalankan bisnis dan menjadi pimpinan. Apakah Anda berpikir seperti itu? Apakah Anda memiliki definisi lain seorang wirausaha (entrepreneurs) atau mungkin sosok wirausaha (entrepreneurs) sejati? Silahkan tinggalkan komentar Anda di bagian bawah artikel ini.

Pengertian Wirausaha Tidak Sama Dengan Memulai Usaha Sendiri - Perencana Keuangan Independen Finansialku

Tantangan utama seorang wirausaha (entrepreneurs) dan pemimpin adalah keduanya bukan pekerjaan. Banyak pesan yang disampaikan melalui media mengajak anak-anak muda mulai membangun usaha, pesan-pesan dengan memprovokasi, seperti: Anda tidak akan bisa sukses jika ikut orang terus.

Cara Berbisnis yang Dipraktekan Steve Jobs - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca juga: Cara Berbisnis yang Dipraktekan Steve Jobs]

 

Pesan-pesan ini ditangkap berbeda oleh kebanyakan orang untuk mencari alasan untuk menyembunyikan fakta bahwa mereka menganggur. Lalu apa yang membedakan antara penggangguran berkedok wirausaha (entrepreneurs) dengan wirausaha sejati?

Menurut Steve Tobak, salah satu konsultan bisnis Amerika, mengatakan Jika tidak ada keahlian (skill) yang nyata, tidak ada produk yang nyata, tidak ada bisnis yang nyata, tidak ada risiko yang nyata dan tidak ada prospek nyata untuk pengembalian investasi, Anda tidak bekerja. Dan Anda juga bukan seorang pengusaha yang nyata. Menurut Steve Tobak Rumus seorang pebisnis adalah:

 

Entrepreneur + Capital + Products + Customers = Business.

 

Saran Steve Tobak, agar kita bisa menjadi seorang pengusaha (entrepreneur) adalah mulai dari menyelesaikan permasalahan yang dihadapi customer. Dapatkan modal, buat produknya, pasarkan produk tersebut dan dapatkan pembeli.  

 

Jika saat ini Anda sedang memilih program pensiun, apakah Anda mau memilih program pensiun iuran pasti?

 

Sumber Artikel:

  • Steve Tobak. 3 April 2015. The True Meaning of Entrepreneur. Entrepreneur Website – http://goo.gl/Jnccv5. Diakses pada 13 Oktober 2015.
  • Richard Branson. 23 Desember 2013. Richard Branson, What Makes a True Entrepreneur. Entrepreneur Website – http://goo.gl/d2WU4U. Diakses pada 13 Oktober 2015. 

     

Image Credit:

  • Entrepreneur – http://goo.gl/4SiVFK

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang